shape

Waspada Heatstroke! Ini Gejala dan Cara Penanganannya

22 May 2024

Posted by : Fathan

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Waspada Heatstroke! Ini Gejala dan Cara Penanganannya

Untuk Anda yang sering bekerja di luar ruangan di bawah suhu yang tinggi, waspadai penyakit heatstroke. Simak apa saja gejala dan cara penanganannya dalam artikel Salam-Homecare berikut ini!

Apa Itu Heatstroke

Kita semua pasti merasakan bagaimana suhu udara yang cukup tinggi melanda daerah yang kita tinggali. Terutama ketika memasuki kemarau atau musim panas. 

Biasanya ada beberapa gangguan kesehatan yang perlu Anda waspadai. Selain dehidrasi, ternyata ada satu penyakit yang juga tak kalah pentingnya untuk menjadi perhatian kita semua yakni penyakit Heatstroke.

Heatstroke adalah kondisi medis serius yang disebabkan oleh overheating tubuh, biasanya akibat paparan panas berlebihan atau aktivitas fisik intens di lingkungan panas. Dalam kondisi ini suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat celcius.

Penderita penyakit ini memerlukan penanganan yang serius dan segera. Hal ini supaya penderita tidak mengalami hilang kesadaran atau bahkan koma. 

Penyebab Penyakit Heatstroke

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan penyakit Heatstroke antara lain sebagai berikut: 

1. Paparan Panas Berlebihan

Heatstroke umumnya terjadi akibat paparan panas yang berlebihan, baik dari suhu udara tinggi atau aktivitas fisik intens di lingkungan panas.

2. Tidak Mampu Mengeluarkan Banyak Keringat

Pada beberapa kasus, heatstroke terjadi karena tubuh tidak dapat mengeluarkan cukup keringat untuk mendinginkan diri sendiri, misalnya akibat dehidrasi atau kondisi medis tertentu.

3. Aktivitas Fisik yang Berat

Aktivitas fisik intens, terutama saat cuaca panas, dapat meningkatkan risiko heatstroke karena menghasilkan panas tubuh yang signifikan.

4. Paparan Lingkungan Ekstrim

Suhu udara yang tinggi, kelembaban rendah, atau kombinasi faktor lingkungan ekstrim dapat menjadi pemicu heatstroke

Baca juga, Jangan Sampai Terlewatkan! Inilah Jadwal Masa Keemasan si Buah Hati

Gejala Penyakit Heatstroke

Penyakit Heatstroke ditandai dengan beberapa gejala yang bisa Anda ketahui. Pastikan jika Anda mendapati gejala-gejala berikut pada diri Anda atau orang terdekat, untuk segera menindaklanjutinya.

Berikut ini adalah beberapa gejalanya.

1. Peningkatan Suhu Tubuh

Gejala pertama yang muncul ialah suhu tubuh yang meningkat secara drastis. Peningkatan Suhu tubuh tersebut, bahkan sering melebihi 40 derajat Celsius, sebagai respons terhadap paparan panas berlebihan.

2. Delirium atau Kebingungan

Salah satu tanda dari penyakit Heatstroke adalah penderitanya yang mengalami dlirium atau kebingungan. Seseorang mungkin mengalami kebingungan, kehilangan orientasi, atau bahkan delirium karena pengaruh panas pada sistem saraf pusat.

3. Gangguan Nafas

Penderita juga dapat mengalami kesulitan bernafas, yang bisa disertai dengan penurunan tekanan darah atau hipotensi. 

4. Kulit Kering 

Kemudian salah satu gejala yang umumnya terjadi adalah kulit kering. Keringat berhenti diproduksi, dan kulit terasa kering dan panas karena tubuh kesulitan mengatur suhu.

5. Pingsan atau Kehilangan Kesadaran

Heatstroke dapat menyebabkan pingsan atau kehilangan kesadaran karena beban berat pada sistem kardiovaskular.

Selain beberapa gejala di atas, adapula beberapa gejala yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Sakit kepala
  • Kulit memerah
  • Mual dan muntah
  • Kelemahan otot dan kram
  • Jantung berdebar kencang
  • Kejang

Penanganan Penyakit Heatstroke

Seperti yang telah kami mention sebelumnya, penyakit Heatstroke membutuhkan penanganan yang segera. Apabila Anda mengalami gejala-gejala yang mengindikasikan penyakit ini, ada beberapa tindakan pertolongan pertama yang harus Anda lakukan.

  • Pindahkan ke ruangan yang lebih dingin: Jika seseorang mengalami Heatstroke, Anda perlu memindahkan penderita ke tempat yang lebih teduh atau dingin. Misal di bawah pohon rindang atau ruangan yang teduh. Tindakan ini untuk mengurangi paparan sinar matahari secara langsung.
  • Kompres ke Seluruh Tubuh: Jika suhu tubuh tak kunjung turun, Anda bisa melakukan kompres ke seluruh tubuh atau dengan cara ice bath. Kompres dengan handuk yang telah diberikan air dingin ke bagian leher, ketiak, hingga selangkangan. Akan tetapi apabila Heatstroke dialami oleh lansia, anak-anak, atau orang yang melakukan olahraga berat, hindari pemberian kompres.
  • Minum air putih yang banyak: ketika penderita sudah sadar, maka berikan air putih yang banyak. Hal ini agar penderita tidak mengalami dehidrasi setelah cairan tubuh terkuras akibat Heatstroke. Hindari pemberian air putih yang terlalu dingin, minuman beralkohol, atau kafein.

Cara Mencegah Heatstroke

Supaya Anda bisa terhindar dari penyakit Heatstroke, ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah preventif berikut ini. 

  • Gunakan pakaian yang longgar, berwarna terang/cerah, dan memiliki bahan ringan saat berkegiatan di luar rumah.
  • Gunakan topi dengan tepian yang lebar.
  • Anda bisa menggunakan tabir surya ke kulit dengan SPF minimal 30.
  • Perhatikan asupan cairan supaya mencegah tubuh alami dehidrasi.
  • Hindari aktivitas berat di luar ruangan pada saat cuaca terik.

Itulah penjelasan seputar penyakit Heatstroke lengkap dengan penyebab, gejala, dan cara penanganannya. Pastikan bahwa Anda mengetahui dan mempelajarinya supaya dapat mengetahui pencegahan serta tindakan yang harus dilakukan.

Nantikan informasi seputar kesehatan lainnya dari Salam-Homecare.

shape
shape