shape

Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

18 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Sobat Salam, kalian pasti tahu buah berwarna merah gelap yang namanya buah bit. Karena dengan warnanya yang merah itu, sering dijadikan pewarna alami untuk makanan. Meski namanya buah, bit sebenarnya adalah jenis umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah.

Kandungan Gizi Buah Bit

Buah bit memiliki kandungan nutrisi yang cukup kaya, mencakup karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Hal ini membuat buah bit mampu menurunkan tekanan darah, hingga menyehatkan pencernaan.

Dalam 100 gram buah bit, sobat bisa menemukan berbagai kandungan nutrisi seperti ini :

  • Air : 87,6 gram
  • Protein : 1,6 gram
  • Lemak : 0,1 gram
  • Karbohidrat : 9,6 gram
  • Serat : 2,6 gram
  • Kalsium : 27 mg
  • Fosfor : 43 mg
  • Zat besi : 1,0 mg
  • Natrium : 29 mg
  • Kalium : 404,9 mg
  • Tembaga : 0,20 mg
  • Seng : 0,7 mg
  • Karoten total : 20 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1) : 0,02 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2) : 0,05 mg
  • Niasin : 0,3 mg
  • Vitamin C : 10 mg

Manfaat Buah Bit Untuk Tubuh

Inilah manfaat buah bit yang perlu sobat ketahui :

1. Meningkatkan Stamina

Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Source from manado.tribunnews.com

Buah bit termasuk makanan ideal atlet karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Salah satu kandungan buah bit, yaitu nitrat, memiliki khasiat untuk kebugaran tubuh.

Mengonsumsi buah bit berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan mitokondria dalam menjalankan tugasnya memproduksi energi dari sel-sel dalam tubuh. Bahkan, sebuah penelitian pada tahun 2011 juga mendukung pernyataan tersebut.

Penelitian yang dilakukan terhadap sembilan atlet bersepeda ini menunjukkn bahwa mengonsumsi jus buah bit sebelum olahraga dapat meningkatkan hingga 2,8 persen performa pada atlet yang bersepeda sejauh 5 km dan 2,7 persen pada atlet yang menempuh jarak 16,1 km.

Waktu yang tepat buah mengonsumsi buah bit adalah dua hingga tiga jam sebelum melakukan latihan atau mengikuti kompetisi olahraga.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Source from halodoc.com

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah bit memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah secara signifikan hingga mencapai angka 4-10 mmHg lebih rendah dalam kurun waktu beberapa jam setelah mengonsumsinya.

Namun, sobat akan lebih banyak mendapatkan manfaat saat buah bit dalam kedaan mentah. Pasalnya, nitrat akan dikonversi menjadi oksida nitrat dalam tubuh yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

3. Mengatasi Peradangan

Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Source from bobobox.co.id

Peradangan kronis biasanya dikaitkan dengan beberapa penyakit serius, termasuk obesitas, penyakit jantung, gangguan liver, hingga kanker.

Buah bit memiliki kandungan betalain, yaitu pigmen yang memiliki sifat antiinflamasi sehingga bisa membantu tubuh mengatasi berbagai peradangan. Sebuah penelitian tahun 2014 telah membuktikan bahwa jus dan ekstrak buah bit dapat mengurangi peradangan ginjal.

Penelitian lainnya telah dilakukan pada manusia yang membuktikan bahwa betalain dapat mengurangi rasa sakit dan tak nyaman akibat osteoarthritis.

4. Mencegah Kanker

Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Source from jakmall.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah bit dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel tumor yang terdapat ada hewan. Sementara, penelitian lain pada sel manusia membuktikan bahwa ekstrak buah bit yang mengandung pigmen betalain dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker dan payudara.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Source from belitung.tribunnews.com

Buah bit memiliki kandungan nitrat yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mental dengan cara melebarkan pembuluh darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah bit dapat meningkatkan aliran darah menuju ke bagian otak yang berkaitan dengan fungsi berpikir. Meski begitu, para peneliti masih harus terus melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenaran dari penemuan-penemuannya.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Source from wartakota.tribunnews.com

Sebuah penelitian pada jurnal Nutrients pada tahun 2013 menyatakan bahwa mengonsumsi serat secara rutin mencegah sobat mengalami sembelit atau susah buang air besar, infeksi pada usus, hingga wasir.

Serat juga dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk GERD, asam lambung, kanker usus, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

7. Mencegah Pikun

Yuk, Kenali 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Source from winnetnews.com

Kandungan nitrat yang ada di dalam buah bit bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan pasokan oksigen di dalam tubuh, termasuk ke otak.

Baca Juga :

shape
shape