shape

5 Bahan Alami Yang Ampuh Obati Luka

28 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
5 Bahan Alami Yang Ampuh Obati Luka

Sobat Salam, sebagian orang ketika mendapatkan cedera saat beraktivitas pasti akan merasa kaget. Misalnya ketika jari tak sengaja teriris pisau saat memotong bawang, pastilah kita akan panik dan segera mencari pertolongan pertama.

Obat luka antiseptik umumnya digunakan oleh banyak orang untuk mengobati luka. Saat ini jenis salep antibiotik yang terdapat di pasaran mengandung zat aktif bacitracin, neomicyn, silver sulfadiazine, atau kombinasi di anatara zat-zat tersebut. Beberapa bahan antibiotik tertentu dapat memicu alergi hingga harus dengan resep dokter.

Maka dari itu ada sebagian orang yang lebih memilih menggunakan bahan alami sebagai obat penyembuh luka, karena dinilai lebih efektif menyembuhkan luka.

Tapi perlu diingat juga Sob, bahan alami yang digunakan untuk mengobati luka haruslah bahan yang mengandung antiseptik alami. Kebanyakan orang memilih menggunakan odol untuk meredakan luka bakar ringan dan luka terbuka lainnya. Nyatanya menurut sebuah penelitian cara tersebut tidak tepat. Penggunaan odol pada luka justru malah akan membuat luka semakin parah.

Obat Alami untuk Sembuhkan Luka

Source : grid.id

Selain mengetahui cara pertolongan pertama pada luka, penting juga bagi kita mengetahui bahan alami apa saja yang efektif dan aman untuk mengobati luka.

Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa ditemukan di dapur untuk mencegah infeksi pada luka.

  • Bubuk Kunyit

Dalam rempah berwarna kuning satu ini terkandung senyawa bersifat antiseptik yang tinggi. Maka dari itu dengan mengoleskan bubuk kunyit pada luka dapat membantu menghentikan aliran darah dan mencegah infeksi. Atau Sobat bisa meminum sari kunyit sebelum tidur agar dapat memaksimalkan proses penyembuhan luka.

  • Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini dikenal memiliki sifat antimikroba dan antibiotic yang membantu menghentikan pendarahan pada luka terbuka. Selain itu juga dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi.

  • Madu

Madu dapat membantu membersihkan luka, mencegah infeksi dan mengurangi pembengkakan. Menurut beberapa penelitian, luka bakar yang diolesi madu akan cepat sembuh rata-rata dalam 11 hari. Coba oleskan madu pada luka untuk mempercepat pemulihan.

  • Lidah Buaya

Tanaman satu ini memiliki sifat antiperadangan juga dapat menyejukkan kulit. Sehingga memudahkan proses penyembuhan pada luka terbuka. Gel lidah buaya memiliki fitokimia yang meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

  • Minyak Kelapa

Bahan satu ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan mencegah infeksi. Minyak ini bekerja sebagai antiperadangan dan antibakteri. Sobat bisa mengoleskan minyak kelapa pada area luka dan tutup dengan kain bersih. Untuk pemakaian, Sobat bisa mengoleskannya 2-3 kali sehari.

Walaupun bahan alami di atas sudah dipercaya dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan luka, namun bukan berarti menjadi satu-satunya obat utama.

Sobat harus tetap mengikuti prosedur perawatan luka yang sesuai agar proses penyembuhan dapat berjalan maksimal. Seperti mencuci luka dan tangan sebelum melakukan perawatan selanjutnya. Dan menjaga luka agar tetap higienis serta terhindar dari debu dan kotoran untuk menghindarkan risiko infeksi.

Jika ada gejala yang tak biasa pada bekas luka seperti nanah, segera hubungi dokter ya! Salam Homecare juga menyediakan Layanan Perawatan Luka yang sedia 24/7 ke rumah Sobat loh! Harganya terjangkau, serta dokter dan perawat yang profesional dan cekatan langsung ke rumah Sobat. Khusus bulan ini juga ada promo khusus loh, yuk cek promonya dibawah Sob!

shape
shape