shape

Percepat Perawatan Luka Lewat Makanan? Emang Bisa?

14 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Percepat Perawatan Luka Lewat Makanan? Emang Bisa?

Sobat Salam, perawatan luka yang sesuai dengan jenis luka yang dialami memang sangat penting dilakukan dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain harus rajin dibersihkan dan mendapatkan perawatan yang tepat, Sobat juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama masa pemulihan. Agar pemulihan luka optimal.

Karena pada dasarnya tubuh kita memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Seperti pada lapisan kulit yang rusak, tubuh secara aktif akan merespon untuk melakukan perbaikan sel. Proses ini memerlukan bantuan vitamin dan nutrisi-nutrisi lain dari dalam tubuh yang baik bagi proses penyembuhan luka.

Makanan yang Baik untuk Penyembuhan Luka

Source : lifestyle.kompas.com

Pada proses penyembuhan luka, diperlukan asupan protein, vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin E, kalsium, zat besi, glutamine, dan zinc yang cukup tinggi agar penyembuhan luka dapat berjalan optimal dari dalam. Semua kandungan tersebut bisa kita dapatkan secara optimal dari bahan makanan.

Protein adalah salah satu nutrisi yang penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Sementara zinc atau seng berperan penting dalam pertumbuhan sel, khususnya kolagen dan jaringan serat. Seng juga dapat memperkuat sistem imun tubuh serta memerangi peradangan dan infeksi pada luka.

Berikut ini makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin penting untuk penyembuhan luka.

1. Jeruk

Jeruk masuk dalam daftar makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu pembentukan kolagen, meningkatkan imun, sekaligus antioksidan. Selain jeruk, beberapa buah lainnya yang kaya akan vitamin C adalah ketang, stroberi, dan tomat. Sobat juga bisa mendapat asupan tinggi vitamin C yang bagus untuk tubuh secara instant dan tetap sehat dengan infus/suntik vitamin C

2. Daging dan Telur

Daging dan telur mengandung protein yang tinggi. Selain itu, kandungan kolagen di dalam kedua makanan ini juga berperan penting dalam pernyembuhan luka dan memperbaiki jaringan yang rusak. Tak hanya itu, daging dan telur juga mengandung zat besi, seng, serta glutamin yang berfungsi menghentikan luka.

3. Wortel

Kandungan beta karoten dalam wortel dan sayuran berwarna cerah lainnya merupakan sumber vitamin A yang baik untuk membentuk jaringan baru. Sayuran seperti brokoli, bayam, dan paprika juga ampuh untuk menyembuhkan luka. Sehingga baik dikonsumsi sehari-hari.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk di antaranya gandum, mengandung protein nabati sekaligus sumber vitamin E dan glutamin. Kedua kandungan ini sangat penting untuk menyembuhkan luka karena berperan sebagai antioksidan yang melindungi jaringan luka dan membantu penyembuhan luka.

5. Kerang

Kerang atau tiram mengandung seng atau zinc, yakni zat yang dapat membantu pembentukan dan pematangan kolagen. Apabila tubuh kekurangan seng maka akan memperlambat proses penyembuhan dan pemulihan luka.

6. Daging Unggas

Ayam atau kalkun adalah jenis unggas yang banyak dikonsumsi. Daging unggas ini merupakan makanan yang baik untuk membuat luka cepat kering karena tinggi asam amino glutamin dan arginin. Kandungan nutrisi ini sangat baik dalam membantu pemulihan luka dan memberikan perlindungan pada sel dan mendorong produksi kolagen.

7. Jeroan

Siapa bilang jeroan selalu berbahaya untuk tubuh? Bahan makanan satu ini justru merupakan sumber protein yang kaya nutrisi termasuk vitamin A, zat besi, vitamin B kompleks dan zinc. Semua nutrisi tersebut penting untuk tubuh memproduksi sel jaringan ikat serta kolagen yang membantu penyembuhan luka. Tapi tetap perhatikan cara mengolahnya ya Sob, agar tidak timbul masalah lain seperti risiko kolesterol.

8. Ubi

Sumber karbohidrat yang baik juga efektif untuk mempercepat penyembuhan luka. Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat baik yang mengandung enzim yang baik bagi imunitas tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Nah itu tadi makanan yang menjadi sumber vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh saat pemulihan luka. Tetap diingat untuk menghindari penyebab luka sulit sembuh agar pemulihan luka dapat berjalan optimal.

Namun jika luka Sobat cukup parah, dan tidak bisa ditangani sendiri dirumah, sebaiknya tetap mendapatkan perawatan dari tenaga medis ya. Salam Homecare juga menyediakan Layanan Perawatan Luka yang selalu sedia 24/7 untuk Sobat! Harga yang terjangkau, tenaga medis yang profesional, dan siap langsung datang ke rumah Sobat loh! Bulan ini juga lagi ada promo menarik loh, Cek promonya dibawah ini ya Sob!

shape
shape