shape

Susah Bangun Pagi? Catat 7 Tips Ini!

20 June 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Susah Bangun Pagi? Catat 7 Tips Ini!

Sobat Salam, seperti yang kita ketahui kebiasaan bangun pagi memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, seperti menjadikan tubuh bugar dan mental lebih sehat. Hal itu akan menjadikan kita lebih semangat dan produktif menjalani aktivitas sehari-hari. Namun bagi sebagian orang, menerapkan kebiasaan bangun pagi ini tidak semudah membalikan telapak tangan. Terlebih lagi bagi mereka yang mengidap insomnia.

Sulit bukan berarti tidak mungkin, karena ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar bisa tidur dengan nyenyak dan berhasil untuk bangun pagi. Berikut ini tips yang bisa Sobat Salam coba terapkan :

Tips Berhasil Bangun Pagi

Susah Bangun Pagi? Catat 7 Tips Ini!
Source : lifestyle.kompas.com

1. Matikan Elektronik

Sobat bisa coba mematikan lampu dan beberapa elektronik sebelum tidur karena bisa membantu untuk lebih cepat tidur. Bagi sebagian orang ada yang justru tidak bisa tidur jika dalam keadaan lampu mati. Namun dalam beberapa penelitian ilmiah kita lebih baik tidur dalam keadaan lampu mati karena mata dan organ tubuh yang lain dapat beristirahat dengan baik. Artinya mematikan lampu atau elektronik tertentu dapat meningkatkan kulitas tidur kita sehingga bisa bangun lebih pagi dengan keadaan segar bugar.

Bagi Sobat yang punya pekerjaan menggunakan laptop dan harus mengerjakannya semalam suntuk, lebih baik tunda dulu saja dan pergunakan waktu malam untuk beristirahat agar bisa bangun pagi lebih awal dan bisa melanjutkan pekerjaannya.

2. Gunakan Alarm Untuk Mengatur Waktu Bangun

Bagi sebagian orang alarm menjadi hal penting yang harus ada agar mereka bisa bangun pagi. Namun ada pula orang yang tidak berhasil bangun dengan alarm karena biasanya mereka akan tidur kembali setelah alarm berbunyi dan berhasil mematikannya. Jadi Sobat bisa letakan alarm yang sulit dijangkau sehingga bisa bangun saat alarm tersebut berbunyi tanpa mematikannya.

3. Buat Suasana Kamar Nyaman

Kamar yang nyaman memungkinkan Sobat tidur lebih nyenyak dan bangun tidur dengan semangat. Jika Sobat sering gagal untuk bangun pagi, coba cek lagi suasana kamar Sobat. Suasana kamar yang nyaman akan memberikan efek psikologi yang akan menyuruh tubuh untuk lebih rileks.

4. Hindari Makan Sebelum Tidur

Ya, ternyata mengonsumsi makanan berat tepat sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh yang seharusnya beristirahat malah sibuk bekerja memproses makanan yang baru Sobat makan. Hal itu dapat menyebabkan Sobat mengalami berbagai gangguan tidur hingga kurang tidur. Oleh sebab itu, jika memang lapar pada malam hari, lebih baik mengonsumsi camilan sehat dan menghindari makan berat.

5. Menghindari Mengonsumsi Kopi atau Merokok Sebelum Tidur

Hindari konsumsi minuman berkafein yang justru akan membuat Sobat susah tidur. Jika Sobat tetap memaksa tidur setelah minum kopi dan ngerokok, maka hal itu akan mengganggu kualitas tidur. Selain itu organ tubuh tidak bisa rileks karena masih dibawah pengaruh kafein tersebut.

6. Yoga Ringan atau Peregangan Sebelum Tidur

Seperti yang kita tahu Yoga adalah jenis olahraga yang lebih memusatkan kepada pengaturan nafas dan peregangan otot tubuh. Tidak perlu melakukan gerakan yang dinamis, cukup gerakan-gerakan dasar saja. Hal ini cukup memberikan efek tenang bagi tubuh dan pikiran yang otomatis dapat membantu kita lebih mudah untuk beristirahat.

7. Niatkan, Coba perlahan, Ulangi dan Jangan Menyerah

Untuk sebagian orang pasti tidak mudah, namun kita bisa memulainya perlahan dari hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan. Setelah berhasil maka ulangi terus menerus agar jadi kebiasaan. Jika gagal maka jangan menyerah, Sobat bisa mengulanginya agar perlahan dapat menjadi kebiasaan.

Nah, itulah tips agar berhasil bangun pagi. Jika berhasil maka manfaat bangun pagi tersebut dapat Sobat Salam rasakan secara langsung, dan juga bisa bermanfaat besar jika sudah menjadi kebiasaan. Selamat mencoba!

Baca Juga :

shape
shape