shape

Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga? Emang Bisa?

18 June 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga? Emang Bisa?

Sobat Salam, siapa sih yang gak mengidamkam punya body goals yang oke biar penampilan makin kece? Cuma memang tantangannya gak mudah ya untuk mencapainya, perlu usaha yang macam-macam biar bisa mencapai bentuk tubuh ideal yang diidamkan.

Biasanya sih yang terpikirkan oleh kita, untuk mendapatkan body goals itu mesti melakukan diet ketat, olah raga keras, pakai korset dan minum pil pelangsing. Padahal ada acara mudah loh untuk mencapai body goals tanpa usaha yang menyiksa diri. Penasaran Sob? Berikut ini kami bagi tips menurunkan berat badan tanpa olah raga yang bisa Sobat Salam coba di rumah.

Tips Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga? Emang Bisa?
Source : klikdokter.com

1. Meminum Kopi Bening Di Pagi hari

Faktanya kopi itu mengandung kafein yang berfungsi sebagai zat stimulan maupun diuretic. Nah zat stimulan ini berguna untuk membuat detak jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan metabolisme tubuh Sobat sehingga tubuh akan membakar lemak cadangan yang menumpuk menjadi energi. Orang yang mengkonsumsi kafein bisa meningkatkan 20%-30% pembakaran lemak mereka.

Untuk diuretiknya sendiri bisa mengeluarkan cairan-cairan yang tidak diperlukan pada tubuh Sobat. Sebagai catatan kopi yang diminum harus kopi bening tanpa gula ya Sobat. Jika ingin menambahkan susu, bisa juga menggunakan susu rendah lemak.

2. Rutin Minum Teh Hijau

Sobat bisa meminum teh hijau ini 2 kali sehari. Di sela-sela makan siang antara jam 10-11 dan waktu makan malam antara jam 4-5. Biasanya pada waktu ini perut terasa lapar ingin cemilan-cemilan manis, dan teh hijau ini benar-benar ampuh untuk memotong keinginan ngemil makanan-makan manis. Tapi ingat Sobat, teh nya jangan pakai gula ya!

3. Mandi Air Dingin Maupun Olahraga Pada Suhu Dingin

Tahukah Sobat, bahwa tubuh kita itu akan selalu mempertahankan suhu sekitar 36-37 derajat Celsius. Jika suhu ruangan di sekitar Sobat berada 35 derajat atau di bawah itu maka tubuh akan membakar kalori dan lemak lebih banyak untuk meningkatkan suhu tubuh agar sistem metabolisme berjalan dengan baik. Ketika musim hujan atau ketika badan kita kebasahan, biasanya kita akan merasa cepat lapar, itu dikarenakan tubuh kita sedang membakar kalori dan lemak lebih banyak untuk mempertahankan suhu tubuh kita ke angka normal. Nah jadi bisa nih dicoba untuk melakukan olah raga ketika masih sangat pagi saat suhu cuaca biasanya masih sangat dingin, dan rutin mandi menggunakan air dingin.

4. Minum Jeruk Hangat setelah Makan Makanan Berlemak

Jeruk hangat itu kaya akan kandungan vitamin C maupun zat antioksidan yang tinggi, dan hal itu mendukung untuk mempercepat proses penghancuran lemak pada lambung atau usus Sobat. Selain itu air hangat membantu pencairan pada lambung Sobat, sehingga meminimalisir risiko perut buncit.

5. Konsumsi Buah Utuh Daripada Jus

Ketika kita mengkonsumsi buah utuh lalu masuk kedalam lambung, buah yang telah dikunyah tadi biasanya tidak akan terlalu hancur, sehingga saat berada dalam lambung, lambung kita akan bekerja lebih untuk menghancurkan buah tersebut menjadi sangat lembut agar nutrisinya dapat dengan mudah terserap oleh tubuh. Dan proses pengolahan tersebut memerlukan pembakaran kalori lebih banyak untuk mengasilkan energi untuk menyerap buah yang dikonsumsi. Jadi mulai sekarang biasakan makan buah langsung tanpa dijadikan jus ya Sob!

6. Minum Air Dingin dan Air Hangat Pada Waktu yang Tepat

Minum air dingin akan membuat lambung membakar kalori lebih banyak untuk menstabilkan suhu tubuh. Disarankan meminum air dingin disaat Sobat sedang menyantap buah-buahan, sayuran. Namun ketika Sobat mengkonsumsi makanan berlemak, disarankan untuk minum air hangat untuk mempermudah lambung mencerna lemak yang Sobat makan.

7. Hindari Makan Nasi Hangat

Makanan dengan karbohidrat jika dikonsumsi dalam keadaan hangat itu akan membuat tubuh Sobat dengan mudah menyerap makanan tersebut, dan hal ini akan menyebabkan percepatan penyerapan glukosa yang terkandung di dalamnya lalu dirubah menjadi lemak, dan membuat kadar gula Sobat meningkat lebih cepat dan cepat lapar juga.

Namum ketika Sobat mengkonsumsinya dalam keadaan dingin, hal ini bisa mengurangi 50-60% penyerapan karbohidrat dalam tubuh, jadi kalian akan tetap merasa kenyang meski makan dengan nasi dingin namun karbohidrat yang diserap lebih sedikit sehingga membuat Sobat merasa kenyang lebih lama.

Bagaimana nih Sobat tips kali ini, mudah untuk dicoba kan? Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga :

shape
shape