shape

8 Makanan Pereda Flu

13 October 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
8 Makanan Pereda Flu

Sobat Salam, cuaca ekstrem pada saat pancaroba memang sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh kita. Sistem imunitas tubuh menjadi rentan menurun, dengan begitu bakteri dan virus justru akan lebih mudah menyerang.

Flu, batuk, pilek adalah beberapa penyakit yang sangat umum dialami banyak orang pada saat pancaroba. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Ketika Sobat terserang flu, gejala-gejala seperti bersin, hidung tersumbat, dan sakit kepala dapat mengganggu aktivitas.

Oleh karena itu, saat sedang kena flu, sebaiknya Sobat memperbanyak waktu beristirahat di rumah untuk mempercepat pemulihan. Bagi Sobat Salam yang masih harus beraktivitas di musim pancaroba, tentunya harus melakukan beberapa upaya ekstra untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Namun bagaimana jika flu, batuk, pilek sudah menyerang? Selain dengan beristirahat yang cukup, Sobat juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan buah-buahan.

Makanan Pereda Flu

Menjaga asupan nutrisi memang sangat penting, apalagi di musim pancaroba ini Sob. Jangan sampe kendor ya, apalagi melewatkan asupan makanan gizi seimbang.

Tidak hanya melalui suplemen saja, tapi beberapa jenis makanan berikut juga kaya akan nutrisi yang baik untuk meredakan gejala flu. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Jahe

Rempah satu ini adalah salah satu bahan alami yang bisa dikonsumsi saat flu. Jahe memiliki manfaat untuk meredakan mual dan pusing yang menyerang saat sakit flu. Dengan rutin mengkonsumsi jahe maka gejala flu seperti mual dan pusing bisa teratasi.

2. Bawang putih

Bumbu dapur yang memiliki wangi gurih ini memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Begitu juga dengan flu, bawang putih juga bisa digunakan untuk meredakan gejala ataupun flu yang sedang menyerang. Bawang putih bisa membantu melegakan saluran nafas yang tersumbat karena flu.

3. Air kelapa muda

Air kelapa muda ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk meredakan flu. Flu yang sering membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan lemas dapat diatasi dengan air kelapa muda. Air kelapa muda membantu menyediakan elektrolit bagi tubuh dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

4. Kaldu

Makanan berkuah kaldu bisa menyediakan berbagai macam kebutuhan nutrisi yang hilang saat sedang sakit flu. Terutamanya kaldu, kaldu memiliki banyak nutrisi dari sumber makanan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Pisang

Salah satu buah yang baik dikonsumsi ketika flu adalah pisang. Pisang merupakan buah yang mudah dicerna dan memiliki bentuk padat. Sehingga akan membuat tubuh merasa kenyang terutama jika tidak dapat memakan nasi. Pisang bisa dijadikan alternatif karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang membantu menambah energi.

6. Brokoli

Sayuran hijau ini merupakan makanan dengan kandungan vitamin C dan E yang berlimpah. Brokoli juga mengandung banyak kalsium dan serat yang baik untuk meningkatkan imun tubuh saat flu. Selain brokoli, sayuran hijau lainnya juga baik untuk dikonsumsi saat sedang flu.

7. Buah-buahan Citrus

Sebagai sumber kandungan vitamin C yang baik, buah-buahan Citrus ini jagonya. Buah dengan vitamin C bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus flu secara maksimal. Sifat antioksidan dalam vitamin C juga membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Tak hanya itu, vitamin C juga diyakini berpotensi mengurangi keparahan gejala serta menurunkan risiko komplikasi akibat flu.

8. Buah-buahan beri

Selain dari golongan sitrus, buah-buahan beri seperti stroberi, rasberi, dan blueberry juga direkomendasikan untuk membantu mengurangi gejala flu. Buah beri mengandung antioksidan yang sangat tinggi, seperti anthocyanin dan resveratrol. Antioksidan tersebut yang membantu memelihara kesehatan sel-sel tubuh, terutama saat sedang terserang penyakit.

Nah itu dia Sob, 8 jenis bahan makanan yang ampuh untuk meredakan gejala flu. Selain enak untuk dikonsumsi, makanan di atas juga dapat memberikan asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Selain melalui makanan, flu juga dapat diredakan dengan menggunakan infus vitamin untuk membantu memprcepat dan meningkatkan imun tubuh dengan cepat. Salam Homecare juga menyediakan Layanan Suntik/Infus Vitamin C baik datang langsung ke klinik maupun secara home service loh. Khusus bulan ini juga ada promo menarik, Yuk cek promonya dibawah ini sebelum kehabisan!

shape
shape