shape

9 Tips Sehat Mencegah Diabetes

03 March 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
9 Tips Sehat Mencegah Diabetes

Sobat Salam, penyakit diabetes masih menjadi masalah kesehatan yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti pola makan yang kurang baik, dan pola hidup yang tidak teratur.

Jika tidak segera ditangani dengan tepat, penyakt diabetes ini dapat menyebabkan komplikasi gangguan kesehatan lainnya. Diabetes biasanya ditandai dengan kadar gula tinggi dalam darah. Konisi ini terjadi karena tubuh tidak mampu merespon hormon insulin dengan wajar.

Namun jangan khawatir Sob, masih ada berbagai macam cara yang bisa kamu terapkan sejak dini untuk melakukan pencegahan.

9 Tips Sehat Mencegah Diabetes

Berikut ini tips pencegahan diabetes yag bisa Sobat coba dengan mudah, di antaranya :

1. Kurangi asupan gula

Untuk mengurangi asupan gula, tentu Sobat harus mengetahui dulu mengenai asupan batas normal gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Batasan maksimal konsumsi gula pada orang dewas adalah 30 gram per hari atau setara dengan 7 sendok teh. Jadi mulai sekarang lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi makanan atau minuman manis kemasan ya.

2. Lebih baik minum air putih

Air putih merupakan minuman paling aman karena tidak mengandung kalori. Selain dapat mencegah tubuh dari dehidrasi, air putih juga dapat meningkatkan kendali tubuh terhadap kadar gula dan respon insulin.

3. Rutin berolahraga

Dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, dapat mencegah diabetes secara efektif. Karena dapat meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap insulin. Sehingga kadar gula dalam darah dapat terkendali. Pilihlah olahraga yang Sobat sukai, dan lakukan secara rutin minimal 30 menit setiap harinya.

4. Kurangi asupan karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang dicerna lebih cepat, dan memiliki indeks glikemik (IG) yang tinggi. Sehingga dapat menyebabkan peningkatan gula darah secara cepat yang memicu diabetes. Sumber karbohidrat sederhana terkandung dalam makakan seperti :

  • Nasi putih
  • Tepung putih
  • Pasta
  • Roti putih
  • Soda

Nah daftar karbohidrat sederhana di atas baiknya mulai dikurangi ya Sob. Sebagai gantinya Sobat Salam bisa beralih pada sumber karbohdrat yang lebih kompleks seperti, gandum, sayur, buah, dan kacang-kacangan. Selain dapat menjaga kadar gula darah dan kolestrol, karbohidrat kompleks juga memiliki serat yang lebih tinggi dan membuat kenyang lebih lama.

5. Jaga berat badan ideal

Salah satu pemicu kadar gula darah meningkat adalah berat badan yang berlebih atau obesitas. Makanya, jika Sobat tidak ingin terkena diabetes Sobat harus menjaga berat badan agar tetap pada angka idealnya. Sobat bisa menghitungnya dengan kalkator indeks massa tubuh. Namun apabila Sobat memiliki berat badan yang belum ideal, ada baiknya untuk segera mengatur pola makan sehat untuk mencapai berat badan ideal.

6. Kurangi makanan olahan

Makanan olahan sealu dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes hingga stroke. Karena tak jarang makanan olahan tersebut menggunakan bahan pegawet dan pemanis buatan yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

7. Minum secangkir teh atau kopi

Beberapa penelitian membuktikan bahwa, teh atau kopi yang dikonsumsi dalam batas wajar dapat menurunkan risiko diabetes. Salah satu ilihan terbaik untuk minum teh adalah teh hijau. Karena teh hijau mengandung antioksidan yang terbukti dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Tapi tetap perhatikan kadar gula dalam teh dan kopinya ya Sob. Lebih baik lagi jika dikonsumsi tanpa gula.

8. Memperbanyak asupan serat

Salah satu cara terbaik mencegah diabetes adalah dengan mengonsumsi banyak serat. Kandungan serat yag tinggi dapat menurunkan risiko terhadap kencing manis. Kandungan serat tinggi bisa Sobat dapatkan dalam, sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian.

9. Berhenti merokok

Selain dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung, rokok juga dapat menyebabkan risiko diabetes tipe 2 hingga 44%. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko diabetes dan masalah kesehatan lainnya sebaiknya kebiasaan ini diberhentikan saja ya.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa Sobat terapkan untuk mencegah penyakit diabetes.

shape
shape