shape

Apakah Umur 20 Masih Bisa Sunat?

12 December 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Khitan atau sunat yang selama ini kita tahu, umumnya dilakukan oleh anak laki-laki. Namun ternyata bukan hanya anak-anak saja, bahkan orang dewasa yang belum melakukan dan ingin melakukan sunat pun masih ada.

Sunat dewasa adalah pilihan pembedahan untuk pria yang tidak melakukan sunat di masa anak-anak. Jika Sobat Salam yang sudah memasuki umur 20-an tapi belum melakukan sunat dan ingin melakukan sunat, tenang saja! Sobat masih belum terlambat untuk melakukannya kok.

Meski sunat memilik beberapa manfaat bagi kesehatan, namun adakah risiko bagi sunat yang dilakukan saat usia dewasa? Sebelum memutuskan, Sobat perlu mengetahui manfaat dan risikonya jika ingin melakukan sunat di usia 20an.

Manfaat Sunat Untuk Kesehatan

Sunat adalah prosedur operasi pelepasan kulit yang menutupi ujung kepala penis atau biasa disebut sebagai kulup. Prosedur pada sunat dewasa kurang lebih sama halnya seperti pada sunat untuk anak-anak.

Berikut beberapa manfaat sunat yang dilakukan oleh orang dewasa, di antaranya adalah :

  • Sunat untuk alasan medis. Sunat pada pria dewasa paling sering dilakukan ketika mengalami fimosis, yakni kondisi kulup penis terlalu ketat sehingga tidak bisa ditarik kembali ke atas kepala penis. Secara medis, prosedur ini juga untuk menghindari risiko gangguan lain, seperti parafimosis dan balanitis.
  • Sunat untuk alasan agama dan budaya. Sunat adalah praktik umum di komunitas yang memiliki agama dan kepercayaan Islam dan Yahudi. Prosedur ini juga menjadi kebudayaan bagi sejumlah komunitas masyarakat di Afrika. Sunat karena alasan agama dan budaya umumnya dilakukan pada bayi dan anak-anak.
  • Sunat untuk pencegahan HIV. Sejumlah penelitian menunjukkan bukti bahwa sunat mengurangi risiko pria heteroseksual terkena HIV. Para ahli pun juga menyarankan sunat pada pria untuk mencegah HIV, selain dengan melakukan hubungan seks aman.

Risiko Melakukan Sunat Saat Dewasa

Prosedur sunat dewasa biasanya tidak menimbulkan komplikasi serius kok Sob. Pembengkakan, perdarahan, dan infeksi adalah beberapa efek samping paling umum terkait sunat.

Risiko seperti perdarahan atau infeksi mungkin dapat terjadi sekitar 1 dari 50 orang. Namun tenang saja ya Sob, karena dokter bisa meresepkan obat untuk mengurangi gejala yang dirasakan pasca-sunat, selama dokter yang menangani memang yang berizin dan legal.

Selain beberapa hal tersebut, kemungkinan risiko sunat dewasa lainnya mencakup :

  • Pengurangan sensitivitas pada kepala penis secara permanen, terutama saat berhubungan seks.
  • Penis nyeri di sekitar bekas luka.
  • Bekas jahitan sunat lama menghilang.
  • Kebutuhan operasi lain untuk mengangkat kulit yang tersisa di sekitar kepala penis.

Amankah Sunat Saat Usia Dewasa?

Sunat dewasa termasuk prosedur yang aman, meskipun selalu ada risikonya. Penis, prostat, bagian saluran kemih lain, pembuluh darah, atau saraf mungkin akan terluka selama sunat.

Ada juga kemungkinan mengalami pembengkakan, nyeri panggul, atau mati rasa di penis. Risiko untuk sunat dewasa tergolong rendah, namun tetap lebih tinggi dibandingkan dengan sunat anak-anak. Konsultasikanlah ke dokter sebelum menjalani prosedur ini. Dan tetap pastikan untuk melakukan sunat di tempat dan oleh dokter yang profesional.

Pemulihan Sunat Dewasa

Selama tiga atau empat hari setelah operasi, pakailah pakaian dan celana yang longgar untuk menghindari iritasi pada penis selama pemulihan. Mungkin juga akan muncul beberapa ketidaknyamanan dan bengkak pada area kepala penis.

Jika Sobat mengalami peningkatan suhu tubuh, kemerahan, perdarahan, dan nyeri saat buang air kecil, sebaiknya segera hubungi dan konsultasikan dokter.

Nah itulah manfaat dan risiko melakukan sunat di usia dewasa. Segala risiko pasti selalu ada, namun dapat selalu diminimalisir jika sunat dilakukan oleh dokter yang profesional dan memiliki izin. Seperti Layanan Sunat/Khitan Salam Homecare! Sobat tinggal tunggu di rumah saja, dokter dan semua alat yang dibutuhkan akan langsung datang ke rumah Sobat loh! Harganya juga terjangkau, dan dijamin anti sakit karena menggunakan metode laser. Khusus bulan ini juga ada promo khusus loh, yuk cek promonya dibawah ini!

shape
shape