shape

Baca, ya! Tips Biar Tetap Sehat di Musim Pancaroba dan Pandemi Covid-19

10 November 2021

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Baca, ya! Tips Biar Tetap Sehat di Musim Pancaroba dan Pandemi Covid-19

Source from kompas.com

Sobat Salam, Gimana kabar kalian sekarang? Sehat, kan? Kondisi sekarang emang lagi pancaroba, ya. Jadi, harus bisa jaga kesehatan.

Jadi, musim pancaroba adalah peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Biasanya ditandai sama angin kencang, udara panas, serta arah angin yang ga teratur sehingga maksa tubuh buat nyesuain diri dalam waktu yang cepat.

Di masa ini, virus dan bakteri gampang berkembang biak dan nyebabin sejumlah penyakit, kayak flu, pilek, demam, sampe batuk. Belum lagi ada virus Corona, kan.

Ada, nih, tips buat jaga tubuh biar tetep sehat. Simak, loh!

1. Minum air putih cukup

Musim pancaroba rentan buat tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi sehingga kuman penyebab penyakit lebih gampang nyerang.

Jadi, jagalah selalu kecukupan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam satu hari. Selain bertujuan jaga fungsi tubuh, cukup minum air putih juga bikin kulit jadi sehat.

Baca Juga Biar Ginjal Sehat, Harus Minum Air Putih berapa Banyak, sih?

2. Rutin olahraga

Olahraga yang teratur bisa ngontrol dan ngatur sel T, yaitu sejenis sel darah putih yang fungsinya buat jaga kekebalan tubuh tehadap penyakit atau infeksi.

Dalam hasil studi penelitian ditemuin kalo orang yang rutin olahraga dengan porsi intensitas sedang kayak jalan cepat secara rutin bisa ngebantu nurunin risiko kena serangan influenza attau flu sebesar 50 persen.

3. Konsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin bisa ngebantu jaga daya tahan tubuh, karena bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhin sama tubuh seharian.

4. Istirahat yang cukup

Biasain buat tidur tepat waktu dan ga begadang. Karena kurang tidur bakal nurunin kadar sel T dan sel imun yang ada di tubuh.

Selain itu, waktu terbaik tubuh buat ngelawan berbagai macam penyakit adalah ketika tidur. Tidur yang cukup bisa ningkatin protein khusus (sitokin) yang ngebantu ningkatin kekebalan daya tahan tubuh.

5. Menjaga kebersihan

Kebersihan diri dan lingkungan jadi faktor tempat berkumpulnya bakteri atau sarang virus penyakit. Lakuin dengan rutin kayak mandi, cuci tangan, bersihin tubuh setelah bepergian dari kegiatan di luar rumah apalagi di tengah pandemi Covid-19 sekarang.

Baca Juga Laksanakan! Cara Usir Nyamuk Demam Berdarah Dari Rumah

6. Menjaga pola makan

Sebaiknya mulai bijak dan selektif dalam mengkonsumsi makanan yang bakal disantap dengan perhatiin porsi, gizi, teratur, dan kebersihannya.

7. Mengelola stres

Stres yang dibiarin begitu aja bakal jadi pintu penyakit buat masuk ke tubuh. Lakuin hal yang sobat suka, kayak baca buku, nonton, masak atau apapun itu.

8. Selalu sedia payung atau jas hujan dan pake pakaian anget

9. Tetep jalanin protokol kesehatan

Nah, sobat, harus banget lakuin tips di atas. Apalagi yang aktiviatsanya banyak di luar ruangan dan ketemu banyak orang.

Jangan lupa cek layanan salamhomecare

Cek Layanan Sekarang!

Sumber : yoursay.id / kompas.com

shape
shape