shape

Waspada! Polio Kembali Mengancam Indonesia

27 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, polio adalah penyakit yang melumpuhkan dan berpotensi mematikan. Kondisi ini disebabkan oleh virus polio. Maka dari itu, vaksin polio harus diberikan kepada Si Kecil.

Terlebih, saat ini terjadi satu kasus polio di Kabupaten Pidie, Aceh. Terdapat pasien berusia 7 tahun 2 bulan dengan gejala kelumpuhan pada kaki kiri.

Awalnya, dia mengalami demam di tanggal 6 Oktober 2022, kemudian 18 Oktober 2022 masuk RSUD TCD Sigil.

Lalu, tanggal 21 hingga 22 Oktober 2022, dokter mencurigai polio dan mengambil 2 spesimen. Tanggal 7 November 2022, hasilnya dikonfirmasi polio tipe 2.

Indonesia sudah dinyatakan bebas polio selama 8 tahun terakhir. Seharusnya pencapaian ini terus dipertahankan, namun saat ini khususnya daerah di Indonesia masih minim edukasi tentang pentingnya vaksin. Sehingga 1 kasus saja yang teridentifikasi bisa menjadi kejadian keluar biasa.

Sebenarnya penyakit polio ini dapat dicegah sedari bayi, dengan melakukan jadwal imunisasi vaksin polio bagi bayi yang baru lahir.

Apa Itu Polio?

Polio adalah penyakit yang mematikan menyerang saraf otak, maka sangat penting untuk orang tua segera melakukan vaksin polio untuk anaknya agar terlindungi dari penyakit mematikan ini.

Virus ini menyebar dari orang ke orang dan dapat menyerang otak dan sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan kelumpuhan atau tidak dapat menggerakan bagian tubuh.

Pentingkah Vaksin Polio untuk Anak?

Sangat penting untuk anak melengkapi jadwal imunisasi karena untuk meningkatkan kekebalan pada tubuhnya dalam melawan penyakit. Apalagi vaksin ini gratis loh!

Mengutip dari laman Kemenkes, vaksin polio perlu diberikan sebanyak 4 kali, yaitu :

  • Saat bayi baru lahir atau berusia 1 bulan
  • Ketika bayi berusia 2 bulan
  • Ketika bayi berusia 3 bulan
  • Ketika bayi berusia 4 bulan

Jenis imunisasi polio pertama yang dianjurkan bagi bayi baru lahir adalah vaksinasi oral. Kemudian, untuk imunisasi selanjutnya, diberikan vaksinasi oral kembali atau dalam bentuk vaksinasi injeksi.

Usia Anak yang Wajib Vaksin Polio

Mungkin sebagian orang masih ragu soal usia tepat memberikan vaksin polio kepada anak. Sebab, setiap vaksin memiliki karakteristik yang berbeda.

Setiap anak yang telah menerima tiga dosis vaksinasi sebelum usia 4 tahun, harus menerima dosis keempat pada usia 4-6 tahun, sebelum atau saat masuk sekolah

Orang dewasa bisa saja memerlukan vaksinasi polio jika mereka tidak menerima dosis yang dianjurkan saat masih anak-anak dan memiliki faktor risiko tertentu.

Dokter mungkin merekomendasikan vaksinasi untuk orang dewasa, apabila:

  • Bepergian ke negara-negara di mana polio lebih umum.
  • Bekerja di laboratorium tempat menangani virus polio.
  • Bekerja di bidang kesehatan dengan orang yang mungkin menderita polio.

Efek Samping Vaksin Polio

Salah satu efek samping serius utama setelah vaksin polio adalah reaksi alergi, meskipun ini sangat jarang terjadi.

Reaksi ini biasanya terjadi dalam beberapa menit atau jam setelah menerima vaksinasi.

Beberapa anak setelah vaksin IPV (Inactivated Polio Vaccine) juga merasa sakit di tempat di mana suntikan itu diberikan.

Belum diketahui, efek samping vaksin polio ini menyebabkan masalah serius, dan kebanyakan orang tidak memiliki efek samping yang mematikan.

Namun, beberapa anak mungkin mengalami gejala seperti di bawah ini:

  • Pingsan. Beberapa orang mengalami kehilangan kesadaran dari efek samping vaksinasi polio. Duduk atau berbaring selama sekitar 15 menit dapat membantu mencegah pingsan dan cedera akibat jatuh.
  • Nyeri bahu. Ada yang mengalami nyeri bahu dan cukup lama. Namun, ini sangat jarang terjadi.
  • Alergi. Obat apa pun dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah. Reaksi semacam itu dari vaksin sangat jarang, diperkirakan sekitar 1 dalam sejuta dosis, dan akan terjadi dalam beberapa menit hingga beberapa jam setelah vaksinasi.
  • Mengantuk, rewel ringan, hingga muntah.

Nah itulah Sob, dampak dari tidak mendapatkan vaksinasi polio sedari dini. Penyakit polio ini bisa menyerang siapa saja Sob, maka dari itu jangan diabaikan. Coba cek lagi, apakah Sobat sudah cukup mendapatkan dosis vaksin polio yang sesuai? Terlebih lagi untuk si kecil ya Sob.

Jika Sobat memerlukan konsultasi dengan dokter, tapi tidak ada waktu untuk pergi ke klinik? Hubungi Dokter Salam Homecare saja! Praktis, cepat, dengan dokter yang responsif, berpengalaman dan memiliki izin tentunya. Yuk konsultasi sekarang juga!

shape
shape