shape

Berikut 10 Makanan yang Mengandung Lemak Sehat, Yuk Konsumsi!

10 December 2023

Posted by : Fathan

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Berikut 10 Makanan yang Mengandung Lemak Sehat, Yuk Konsumsi!

Penjabaran seputar 10 makanan yang mengandung lemak sehat. Yuk konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh! Simak selengkapnya dalam artikel Salam-Homecare berikut ini!

Apa Itu Makanan Berlemak

Apa hal yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar makanan berlemak. Bikin gendut, tidak sehat, atau berbagai persepsi negatif lainnya. Pemikiran tersebut sebenarnya tidak salah, hanya saja kondisi ini terjadi ketika mengonsumsinya secara berlebihan.

Padahal lemak sendiri memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Anda bisa memperoleh asupan lemak melalui makanan yang Anda konsumsi. 

Makanan berlemak adalah jenis makanan yang mengandung tinggi lemak dalam komposisinya. Lemak dalam makanan adalah salah satu komponen gizi makro bersama dengan karbohidrat dan protein. 

Lemak dalam makanan terdiri dari berbagai jenis, termasuk lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak trans. Lemak jenuh umumnya berasal dari sumber-sumber hewani seperti daging berlemak, mentega, dan produk susu. 

Lemak tak jenuh, di sisi lain, dapat ditemukan dalam minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kanola, dan kacang-kacangan. Lemak trans adalah jenis lemak yang dihasilkan secara buatan melalui proses hidrogenasi dan dapat ditemukan dalam makanan olahan seperti makanan cepat saji dan camilan.

Manfaat Lemak Bagi Tubuh

Kemudian terdapat banyak sekali manfaat penting lemak bagi tubuh kita. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • Sumber Energi: Lemak adalah sumber energi yang efisien. Setiap gram lemak mengandung 9 kalori, yang lebih tinggi dibandingkan dengan kalori yang dihasilkan oleh karbohidrat dan protein. Lemak digunakan sebagai bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas.
  • Absorpsi Vitamin: Lemak membantu tubuh menyerap vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Vitamin-vitamin ini larut dalam lemak, sehingga lemak diperlukan agar vitamin-vitamin tersebut dapat diserap dengan baik.
  • Fungsi Seluler: Lemak adalah komponen esensial dalam membran sel dan membran sub-sel. Mereka membantu sel-sel tubuh agar dapat terbentuk dan berfungsi dengan baik.
  • Produksi Hormon: Lemak digunakan oleh tubuh untuk membuat hormon-hormon seperti prostaglandin. Hormon ini berperan dalam mengatur berbagai fungsi tubuh seperti tekanan darah, sistem saraf, denyut jantung, dan pembekuan darah.
  • Kesehatan Kulit dan Rambut: Lemak berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Mereka membantu memproduksi sebum atau minyak alami tubuh yang menjaga kelembapan kulit dan rambut, serta berperan dalam pembentukan sel dan jaringan kulit serta rambut yang baru.
  • Proteksi Organ Vital: Lemak melindungi organ-organ penting seperti ginjal, hati, dan organ reproduksi. Mereka berperan dalam menjaga organ-organ ini dari luka dan cedera.

10 Makanan yang Mengandung Lemak

Dari penjabaran di atas, Anda bisa mengetahui bagaimana lemak memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita. Nah untuk memenuhi kebutuhan atau kadar lemak di dalam tubuh, Anda bisa memperolehnya dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut.

Lantas apa sajakah itu? Yuk simak penjabaran berikut ini!

1. Ikan

Makanan yang pertama ialah ikan. Sumber makanan hewani yang satu ini merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak sehat terutama lemak tak jenuh. 

Beberapa jenis ikan yang kaya akan lemak sehat, antara lain kembung, tenggiri, sarden, tuna, hingga cakalang. Ikan-ikan tersebut kaya akan asam lemak omega-3 dan juga protein yang sangat penting untuk tubuh.

2. Buah Alpukat

Kemudian makanan yang kedua adalah buah alpukat.  Jenis lemak yang terdapat dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang dikenal baik untuk kesehatan. Berdasarkan informasi yang ditemukan, alpukat mengandung sekitar 77 persen lemak dari total kalorinya. 

Meskipun tinggi lemak dan kalori, konsumsi alpukat dapat memiliki manfaat, seperti membantu menjaga berat badan yang lebih rendah dan mengurangi lemak perut.

Selain lemak, alpukat juga mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk karbohidrat, serat, protein, kalium, magnesium, lutein, folat, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C, dan E.

Baca juga, Langkah Perawatan dan Pemulihan Patah Kaki

3. Biji-bijian

Sumber lemak lain yang bisa Anda peroleh yakni makanan yang berasal dari biji-bijian dan beberapa di antaranya mengandung lemak yang sehat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Biji Chia: Biji chia mengandung lemak omega-3 dan serat. Setiap 28 gram biji chia mengandung 4,9 gram lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Biji Rami (Flaxseed): Biji rami mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Selain lemak sehat, biji rami juga kaya protein, serat, dan mineral. Konsumsi biji rami dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan.
  • Biji Labu: Biji labu mengandung lemak dan protein. Mereka juga mengandung beberapa mineral seperti besi, magnesium, fosfor, tembaga, dan mangan. Biji labu dapat digunakan dalam berbagai hidangan.

4. Kacang-kacangan

kacang-kacangan mengandung lemak dan merupakan sumber sehat lemak tak jenuh. Berikut adalah lima jenis kacang-kacangan yang mengandung lemak dan baik bagi kesehatan:

  • Kacang Almond: Kacang almond mengandung lemak sehat, terutama lemak tak jenuh. Almond juga kaya akan protein, serat, dan vitamin E.
  • Kacang Kenari: Kacang kenari adalah sumber lemak tak jenuh dan kaya akan omega-3. Omega-3 adalah jenis lemak yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang kenari juga mengandung protein dan serat.
  • Kacang Kacangan Hijau (Edamame): Kacang kacangan hijau, seperti edamame, mengandung lemak tak jenuh dan merupakan sumber protein nabati yang baik. Mereka juga mengandung serat, vitamin, dan mineral.
  • Kacang Tanah (Peanut): Kacang tanah mengandung lemak sehat dan merupakan sumber protein nabati yang populer. Mereka juga mengandung vitamin E dan mineral seperti magnesium dan fosfor.

5. Minyak Zaitun

Salah satu komponen utama dalam minyak zaitun adalah asam oleat, yang merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan. 

Ini adalah jenis lemak yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker, seperti yang disebutkan dalam penelitian ilmiah. 

Kemudian minyak zaitun juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

6. Telur

Bagi Anda pecinta Telur Anda juga bisa memperoleh lemak dari makanan yang satu ini. Kandungan lemak dan kolesterol terkonsentrasi pada bagian kuning telurnya. Bagian kuning telur ini mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh.

7. Yoghurt

Dengan mengkonsumsi Yoghurt, Anda juga bisa memperoleh asupan lemak dengan baik. Lemak dalam yoghurt termasuk dalam kategori lemak sehat yang dapat memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Selain lemak, ada beberapa kandungan nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari Yoghurt seperti karbohidrat, protein, lemak, hingga kalsium.

8. Kedelai

Rekomendasi selanjutnya adalah kedelai. Kedelai mengandung lemak, dan sebagian besar lemak yang terkandung dalam kedelai adalah lemak tak jenuh. Ini termasuk asam lemak tidak jenuh, yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh.

Kedelai mengandung berbagai jenis asam lemak, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6, yang merupakan jenis lemak yang penting untuk kesehatan tubuh.

Selain lemak, kedelai juga mengandung isoflavon, yang merupakan fitonutrien yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung dan membantu menurunkan kolesterol.

9. Keju

Keju mengandung lemak tak jenuh, yang dikenal baik untuk kesehatan. Salah satu jenis lemak tak jenuh yang terkandung dalam keju adalah linoleic acid, yang memiliki sifat meredakan peradangan dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi keju yang seimbang dalam pola makan dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Ini termasuk pengurangan risiko diabetes tipe 2 dan kanker kolorektal.

Selain lemak sehat, keju juga mengandung protein dan zat gizi lainnya yang penting bagi kesehatan tubuh. Ini termasuk kalsium, vitamin K, dan zat besi.

10. Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung lemak tak jenuh, seperti lemak oleat. Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang dapat membantu meningkatkan profil lipid dalam tubuh, termasuk menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Selain itu Dark chocolate juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Itulah informasi seputar 10 makanan yang mengandung lemak sehat. Nantikan artikel seputar kesehatan dari Salam-Homecare, semoga bermanfaat!

Sumber:

  • hellosehat.com
shape
shape