shape

Bolehkah Infus Vitamin C Saat Sakit?

20 September 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Bolehkah Infus Vitamin C Saat Sakit?

Bagi Sobat Salam yang mempunyai aktivitas harian dengan intensitas kesibukan yang tinggi, pastinya akan menuntut tubuh agar selalu fit. Namun tidak dipungkiri jika tubuh kita tidak bisa terhindar dari kelelahan.

Kelelahan merupakan salah satu keluhan yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya kesibukan, tetapi juga bisa disebabkan oleh stress oksidatif. Terkadang kondisi seperti ini disertai dengan kelemahan dalam melakukan aktivitas fisik dan nyeri sendi. Semua ini merupakan gejala umum dari kelelahan kronis.

Hal ini akhirnya membuat sebagian orang yang mempunyai kesibukan padat, memilih untuk menggunakan infus vitamin C untuk mengembalikan stamina dalam waktu singkat. Namun terkadang ada beberapa orang yang masih ragu untuk menggunakan infus vitamin C ketika tubuh sedang tidak fit.

Amankah Infus Vitamin C Saat Kelelahan?

Bolehkah Infus Vitamin C Saat Sakit?
Source : liputan6.com

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh sebagai antioksidan. Seperti yang kita tahu bahwa antioksidan ini berperan penting dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel tubuh.

Selain itu ada bonusnya juga, vitamin C juga dapat membantu memelihara kesehatan kulit, tulang, dan gigi. Sebenarnya untuk mendapatkan vitamin C, bisa dengan mengonsumsi makanan seperti jeruk, kiwi, jambu, brokoli dan buah beri.

Selain itu kita bisa mendapatkan asupan sumber vitamin C melalui suplemen berupa tablet atau injeksi. Jadi pada dasarnya tidak masalah untuk melakukan infus vitamin C pada saat sedang mengalami kelelahan.

Kapan Perlu Infus Vitamin C?

Bolehkah Infus Vitamin C Saat Sakit?
Source : orami.co.id

Dengan metode infus, Sobat dapat memperoleh dosis yang lebih besar pada satu waktu.  Pada beberapa kondisi medis, memang infus vitamin C ini dibutuhkan. Seperti gangguan pendarahan atau defisiensi vitamin C yang cukup serius.

Jadi untuk memastikan kapan Sobat memerlukan infus vitamin C ini, baiknya lakukan kosultasi dulu dengan tenaga ahli ya. Karena infus vitamin C dapat dilakukan sesuai kondisi kesehatan yang dimiliki.

Karena ada beberapa kondisi medis tertentu yang tidak boleh melakukan infus vitamin C. Seperti seseorang dengan riwayat penyakit gagal ginjal. Juga pada ibu hamil, infus vitamin C ini juga harus dilakukan di dalam pengawasan medis ya!

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Infus Vitamin C Ketika Kelelahan

Bolehkah Infus Vitamin C Saat Sakit?
Source : orami.co.id

Meskipun jarang terjadi, namun efek samping penggunaan infus vitamin C ketika mengalami kelelahan bisa saja muncul pasca infus. Efek samping yang timbul biasanya seperti pusing, mual, dan muntah. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus Sobat perhatikan untuk meminimalisir efek samping ketika melakukan infus vitamin C ketika kelelahan.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan vitamin C harian orang pada umumnya hanyalah 75-90 miligram. Sedangkan jika Sobat sedang sakit, tubuh memerlukan asupan vitamin C yang lebih banyak. Tetapi dosisnya harus tetap diperhatikan ya Sob, jadi jangan sembarangan melakukan infus vitamin C.

Beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan saat melakukan infus vitamin C ketika sakit adalah pastikan infus vitamin C sudah sesuai dengan anjuran dokter. Sobat juga harus berhati-hati. Jangan melakukan infus vitamin C sembarangan, karena kini sudah banyak produk yang belum terdaftar BPOM yang digunakan oleh para tempat infus tidak berizin.

Selain itu tindakan infus vitamin C ini juga harus dalam pengawasan dokter karena tidak semua orang aman menerima infus vitamin C. Jadi jika Sobat memiliki keluhan tertentu dan bermaksud untuk menjalani infus vitamin C, sebaiknya untuk melakukannya di tempat yang memiliki tenaga ahli dan dapat memberikan konsultasi terlebih dahulu.

Ingin infus Vitamin C ditempat yang berizin, dengan tenaga medis yang berpengalaman, tapi tetap dengan harga yang terjangkau dan tinggal dipanggil ke rumah? ya Layanan Suntik/Infus Vitamin C solusinya! Kami juga menyediakan konsultasi 24 jam sebelum dan setelah tindakan secara gratis loh. Khusus bulan ini juga ada promo menarik, Yuk cek promonya dibawah ini!

shape
shape