shape

Buah Yang Efektif Atasi Demam Berdarah

16 October 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, ketika seseorang menderita demam berdarah biasanya kadar trombosit dalam darah penderitanya akan sangat tidak stabil dan cenderung menurun secara drastis. Banyak orang beranggapan bahwa untuk mengatasi kekurangan trombosit pada penderita DBD adalah dengan meminum jus buah satu ini, yaitu jambu biji.

Namun ada beberapa pakar yang menyebutkan bahwa hal tersebut sebenarnya tidak benar. Lantas seperti apa faktanya? Benarkah jus jambu biji efektif untuk mengembalikan kadar trombosit dalam darah penderita DBD?

Manfaat Jambu Biji Untuk Pasien DBD

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue yang ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Infeksi virus dengue akan menyerang sistem peredaran darah, mengakibatkan perdarahan yang ditandai dengan kebocoran kapiler yang ditambal oleh trombosit (keping darah).

Kebocoran ini menyebabkan jumlah trombosit pasien DBD berkurang secara drastis. Kondisi ini berisiko menyebabkan perdarahan serius yang bisa mengarah pada kerusakan organ hingga kematian.

Jambu biji merah dipercaya dapat membantu mengatasi kondisi perdarahan tersebut. Pasien biasanya mengonsumsi buah yang berkhasiat untuk demam berdarah ini dalam bentuk jus.

Kandungan aktif pada jambu biji merah dapat menambah asupan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk melawan infeksi demam berdarah, sekaligus menaikan kadar trombosit.

Selain itu berikut manfaat lain dari jambu biji bagi penderita DBD :

1. Mempercepat Pembentukan Trombosit Darah Baru

Jambu biji merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Di dalam tubuh, vitamin C dapat membantu meningkatkan kerja sistem imun dalam menghentikan infeksi virus dengue.

Di samping itu, jambu biji memiliki suatu komponen bioaktif bernama trombinol yang berperan penting dalam pengaturan produksi trombosit. Penelitian menjelaskan, cara kerja trombinol yang terkandung dalam jambu biji ini bermanfaat untuk mengatasi kondisi penurunan trombosit darah, termasuk yang disebabkan oleh DBD.

2. Membantu Menghentikan Pertumbuhan Virus

Sebuah riset menjelaskan senyawa aktif dalam jambu biji yang bernama quercetin ini, berperan untuk menghambat proses infeksi virus penyebab demam berdarah. Quercetin dapat menekan pertumbuhan virus.

Kondisi ini dapat mengakibatkan virus sulit untuk bertahan hidup dan memperbanyak diri. Alhasil, pertambahan jumlah virus penyebab DBD di dalam tubuh dapat ditekan sehingga lebih mudah bagi sistem imun untuk mengalahkan virus.

3. Menyehatkan Sistem Peredaran Darah

Selain mengandung zat bioaktif penghambat infeksi, jambu biji juga mengandung berbagai jenis mineral yang bermanfaat untuk sistem peredaran darah.

Pada jambu biji terdapat magnesium, zat besi, fosfor, dan kalsium yang turut berperan dalam pembentukan trombosit dalam darah. Mineral fosfor bahkan memiliki fungsi khusus untuk memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan mengalami kebocoran.

Cara Mengonsumsi Jambu Biji Untuk DBD

Walaupun belum pasti efektif, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi jambu biji untuk membantu penyembuhan demam berdarah.

Selama ini, penggunaan jambu biji merah untuk obat alami demam berdarah lebih sering dilakukan dengan mengolah buahnya menjadi jus.

Selain karena kandungan yang bermanfaat lebih banyak terdapat pada buahnya, jus juga menjadi olahan minuman yang tepat untuk pasien DBD. Pasien biasanya mengalami dehidrasi sehingga yang membutuhkan tambahan asupan cairan.

Namun, kita juga bisa memanfaatkan daun jambu biji merah sebagai obat alami, yaitu dengan merebusnya beberapa helai daunnya. Setelah itu, sari daun jambu biji merahnya bisa diminum secara langsung untuk membantu menaikan trombosit.

Meskipun demikian, bukan berarti upaya pemulihan yang dilakukan hanya bergantung dengan konsumsi jambu biji merah saja ya Sob. Sobat juga perlu mengonsumsi makanan bergizi dan menjalankan pengobatan DBD lainnya.

Salah satu solusi lain untuk membantu proses penyembuhan untuk pasien DBD adalah meningkatkan imunitas tubuh melalui multivitamin. Untuk mendapat multivitamin yang cepat diserap tubuh, Layanan Suntik/Infus Vitamin C Salam Homecare adalah solusi yang tepat untuk Sobat! Karena tindakan dapat dilakukan dirumah juga loh, jadi sangat cocok untuk pasien DBD yang harus istirahat ditempat. Selain itu kita sedia selama 24/7 dengan harga yang tetap terjangkau loh. Apalagi khusus bulan ini ada promo menarik, Yuk cek promonya dibawah ini sebelum kehabisan!

shape
shape