shape

Tangan Melepuh Terkena Minyak? Begini Cara Menanganinya

12 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Tangan Melepuh Terkena Minyak? Begini cara Menanganinya

Sobat Salam, tak jarang cedera bisa dialami siapapun ketika beraktivitas di manapun. Contohnya dengan aktivitas di dapur yang melibatkan banyak benda tajam seperti pisau dan benda yang menjadi sumber panas seperti api dan minyak panas.

Benda tajam seperti pisau jika tidak digunakan dengan hati-hati maka bisa menyebabkan luka gores dan sayatan. Sedangkan api dan minyak panas dapat menyebabkan luka bakar dan melepuh jika tidak sengaja terpercik pada kulit.

Meski masih tergolong luka ringan, melepuh pada kulit merupakan luka bakar yang bisa menimbulkan kemerahan, nyeri, rasa panas, hingga kulit mengelupas.

Maka dari itu penting untuk mengetahui pertolongan pertama saat terkena minyak panas untuk mencegah kulit melepuh.

Gejala yang Ditimbulkan Akibat Percikan Minyak

  • Kemerahan
  • Kulit melepuh
  • Timbul bercak putih
  • Kulit mengelupas
  • Pembengkakan
  • Kulit hangus
  • Nyeri

Pertolongan Pertama Terkena Minyak Panas

Tangan Melepuh Terkena Minyak? Begini cara Menanganinya
Source : kumparan.com

Luka bakar termasuk pada luka terbuka. Kondisi yang ditimbulkan terjadi akibat paparan panas, termasuk tersiram air panas atau terkena minyak goreng panas saat memasak.

Berikut ini pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika tidak sengaja terkena minyak goreng panas, di antaranya adalah :

  • Jauhi kompor untuk menghindari suhu panas
  • Basuh atau kompres dengan air dingin ke luka bakar selama 20 menit
  • Jangan menggunakan es batu, krim, losion atau minyak pada luka bakar
  • Lepaskan aksesoris dan perhiasan atau pakaian yang ketat pada area yang dekat dengan luka bakar untuk menghindari pembengkakan
  • Tutupi luka bakar dengan perban atau kassa steril, dan berhati-hati agar luka tak tergosok
  • Jika minyak panas yang terciprat mengenai wajah atau mata, usahakan tetap duduk tegap dan hindari berbaring untuk mengurangi pembengkakan
  • Gunakan obat pereda nyeri atau segera ke dokter bila gejala semakin parah

Perawatan Luka Akibat Minyak Panas Agar Tak Melepuh

Tangan Melepuh Terkena Minyak? Begini cara Menanganinya
Source : kumparan.com

Setelah mendapat pertolongan pertama, selanjutnya dianjurkan untuk tetap memperhatikan perawatan luka bakar akibat minyak goreng panas. Berikut ini adalah langkah yang dapat dilakukan sebagai perawatan luka bakar ringan akibat minyak goreng. Di antaranya adalah :

  1. Regangkan kulit area luka bakar dengan hati-hati selama beberapa menit setiap hari untuk mencegah kulit saling menempel. Terutama jika percikan minyak mengenai lipatan tubuh.
  2. Jika terjadi lepuhan, hindari memencet atau memecahkannya karena bisa menyebabkan luka terbuka dan risiko infeksi. Baiknya tunggu hingga lepuhan mengering dan mengelupas dengan sendirinya.
  3. Konsultasikan dengan dokter apakah memerlukan antibiotik atau penutup luka untuk mencegah infeksi
  4. Gunakan aloe vera gel untuk membantu menenangkan kulit yang teriritasi
  5. Konsumsi makanan dengan antioksidan tinggi
  6. Cukupi kebutuhan minum harian

Perawatan yang tepat bisa mempercepat penyembuhan, menghindari bekas luka dan mencegah komplikasi. Segera hubungi dokter apabila luka bakar semakin meluas dan buruk dengan ditandai adanya nyeri. Atau jika luka bakar mengenai bagian wajah, mata, dan area sensitif lainnya yang memerkukan bantuan dalam perawatannya. Untuk mendapatkan perawatan luka dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang prima yang sedia 24/7 di rumah anda, ya Layanan Perawatan Luka Salam Homecare Solusinya! Khusus bulan ini ada promo menarik loh, yuk cek promonya dibawah ini Sob!

shape
shape