shape

Cara Sederhana Hilangkan Bekas Cacar Air

13 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Cara Sederhana Hilangkan Bekas Cacar Air

Apakah Sobat Salam pernah mengalami cacar air? Bukan hanya penyakitnya saja yang membuat kita tidak nyaman, namun cacar air juga dapat menimbulkan bekas ketika sudah sembuh.

Luka bekas cacar air ini biasanya akan menimbulkan warna kecoklatan serta bopeng atau munculnya cekungan di permukaan kulit. Bekas cacar air ini tentunya akan sangat menggangu penampilan, apalagi jika bekas ini muncul di bagian tubuh seperti wajah atau tangan.

Bekas cacar air ini biasanya akan pudar dengan sendirinya kok, Sob. Namun jika sangat menggangu, Sobat perlu melakukan beberapa perawatan untuk membantu menghilangkan dengan cepat.

Cara menghilangkan bekas cacar air

Beberapa cara sederhana ini bisa Sobat gunakan untuk menghilangkan bekas cacar air dengan cara :

1. Oleskan madu

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang bisa membantu penyembuhan dan regenerasi sel, sehingga mampu memudarkan bekas luka, termasuk akibat cacar air.

Cara penggunaannya pun mudah, yaitu sebelum tidur di malam hari, oleskan madu ke bekas cacar lalu tutup dengan perban. Pada pagi harinya, buka perban dan basuh bekas cacar air dengan air hangat.

2. Oleskan gel lidah buaya

Senyawa di dalam gel lidah buaya bersifat antiinflamasi, antibakteri, serta dapat meningkatkan jumlah kolagen, sehingga dapat membantu bekas luka cacar air bisa cepat pudar.

Cara menggunakannya cukup dengan oleskan gel lidah buaya pada bekas cacar air. Biarkan selama 30–60 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan sebanyak dua kali setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Pijat dengan minyak esensial

Memijat bekas cacar dengan minyak esensial, seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak lavender, minyak zaitun, minyak rosehip, dan minyak jojoba, diyakini bisa membantu menyamarkan bekas luka cacar air. Ini berkat sifat antioksidan dan antiinflamasi pada minyak esensial yang dapat memperbaiki jaringan kulit.

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa membantu menghilangkan bekas luka. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan cara memakai scrub pada area bekas cacar. Selain itu, eksfoliasi kulit juga bisa dilakukan dengan cara mengoleskan krim retinol. Krim ini dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit, sehingga bisa mengatasi bekas cacar yang cekung.

5. Tempelkan gel silikon penghilang bekas luka

Gel silikon ini berfungsi melindungi bekas luka dari kotoran dan bakteri serta meningkatkan kelembapan kulit, sehingga mempercepat penyembuhan bekas luka dan perbaikan tekstur kulit. Tempelkan gel silikon pada bekas cacar di kulit kurang lebih 12 jam per hari. Namun, ingat, sebelum menggunakannya, konsultasikan dulu dengan dokter kulit, ya.

6. Oatmeal

Oatmeal juga dapat memberikan manfaat untuk kulit. Beberapa studi menyebutkan bahwa oatmeal mengandung senyawa antiradang dan antioksidan. Cara menghilangkan bekas cacar air dengan oatmeal yakni langkah berikut.

  • Siapkan selembar kain tipis dan bersih dan oatmeal kering secukupnya.
  • Tuang 3-5 sendok oatmeal pada kain tersebut.
  • Kemudian, ikat menyerupai bundel kecil.
  • Siapkan air yang akan digunakan untuk mandi. Gunakan air dingin atau air hangat untuk mandi oatmeal.
  • Masukkan bundel kain berisi oatmeal ke dalam bak mandi. Rendam selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas tubuh dengan air rendaman bundel oatmeal, atau gunakan bundel kecil untuk menggosokkan area kulit tubuh yang bermasalah.

Nah itu dia, beberapa cara sederhana untuk menghilangkan bekas cacar air di kulit Sobat. Sebelum mencobanya Sobat bisa konsultasikan dulu dengan dokter ya untuk menghindari efek samping.

shape
shape