shape

Waspadai Mpox alias Cacar Monyet, Kenali Gejala dan Pencegahannya

25 September 2024

Posted by : Fathan

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Saat ini kemunculan dan penyebaran cacar monyet alias Mpox menjadi perhatian dunia yang perlu diwaspadai. Lantas seperti apakah gejala dan cara pencegahannya?

Apa Itu Virus Mpox alias Cacar Monyet

Saat ini, perhatian global sedang mengarah ke salah satu penyakit yang muncul. Penyakit tersebut tak lain adalah Virus Mpox atau yang bisa kita kenal dengan cacar monyet

Virus Mpox adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh penyebaran virus dengan jenis orthopoxvirus. Salah satu penyebab utamanya tak lain adanya kontak dengan orang atau hewan yang membawa virus monkeypox.

Awal Mula Penyebaran Cacar Monyet

Cacar monyet pertama kali diidentifikasi pada tahun 1958 ketika dua wabah penyakit mirip cacar terjadi pada koloni monyet yang dipelihara untuk penelitian. Kasus pertama pada manusia tercatat pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo. 

Sejak itu, cacar monyet menjadi endemik di beberapa negara Afrika Tengah dan Barat, seperti Nigeria, Kamerun, dan Republik Demokratik Kongo.

Gejala Penyakit Mpox (Cacar Monyet)

Sebagai informasi dan pencegahan, Anda perlu mengetahui apa sajakah gejala dari penyakit Mpox alias cacar monyet ini. Ada pun beberapa gejala yang ditimbulkan antara lain sebagai berikut:

  • Demam
  • Sakit kepala hebat
  • Nyeri otot
  • Sakit di bagian punggung
  • Ruam – Ruam pada kulit sendiri berpotensi berkembang mulai dari bintik merah mirip cacar, lepuh dengan cairan bening, lepuh berisi nanah yang dilanjutkan dengan mengeras keropeng hingga rontok.

Beberapa gejala di atas dapat muncul di tubuh penderita kurang lebih dalam kurun waktu 2 hingga 4 minggu. Kemudian gejala-gejala tersebut akan reda dengan sendirinya. 

Penyebab Penyakit Mpox

Pada dasarnya penyakit Mpox disebabkan oleh adanya penularan atau penyebaran virus monkeypox yang notabennya adalah salah satu jenis dari virus orthopoxvirus. Biasanya penularan ini dapat terjadi jika penderita memiliki kontak erat dengan hewan yang membawa virus tersebut.

Misalnya seseorang yang terkena cakaran atau gigitan dari beberapa hewan seperti monyet, tupai, hingga tikus yang membawa atau menderita penyakit ini.

Sementara itu penularan virus monkeypox juga dapat terjadi antar manusia melalui percikan air liur yang masuk melalui mata, hidung, hingga luka di kulit. Tak hanya itu potensi penularan juga dapat terjadi melalui benda yang sudah terkontaminasi oleh virus tersebut.

Pencegahan Penyakit Mpox

Tentu saja kita perlu mewaspadai penyebaran penyakit yang satu ini. Setidaknya kita sudah mengetahui apa langkah preventif yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan kepada diri sendiri atau orang-orang terdekat kita.

Setidaknya ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Hindari kontak dengan orang terinfeksi – Hal pertama yang penting untuk dilakukan tak lain menghindari kontak dengan penderita. Hindari kontak langsung dengan kulit hingga cairan tubuh penderita.
  • Menjaga kebersihan – Sudah pasti menjaga kebersihan adalah aspek penting yang tak boleh Anda lupakan. Terutama kebersihan tangan yang acap kali mengalami kontak langsung dengan organ seperti mulut, hidung, hingga mata. 
  • Gunakan alat pelindung diri – Alat perlindungan diri seperti masker sudah sepatutnya Anda gunakan sebagai pencegahan penularan. Tak lupa untuk perawat atau dokter yang menangani langsung pasien penderita untuk menggunakan APD lengkap.
  • Hindari kontak langsung dengan hewan liar – Jangan menangani, memelihara, atau mengonsumsi daging hewan liar yang dapat menjadi inang virus cacar monyet, seperti monyet, tupai, atau tikus.
  • Vaksinasi – Salah satu pencegahan lainnya yang bisa Anda lakukan ialah vaksinasi. Untuk saat ini vaksin yang digunakan adalah vaksin untuk penyakit smallpox. Hanya saja jumlahnya masih sangat terbatas.
  • Isolasi jika terinfeksi – Jika Anda atau orang terdekat ternyata mengidap penyakit ini, maka diimbau untuk melakukan isolasi mandiri.
  • Edukasi dan sosialisasi – Publik harus sudah mengetahui terkait potensi penyebaran penyakit mpox alias cacar monyet. Sehingga upaya preventif dapat dilakukan se-dini mungkin.

Pengobatan bagi Penderita Penyakit Cacar Monyet (Mpox)

Lantas pengobatan apa yang bisa dilakukan jika seseorang tertular cacar monyet? Pada dasarnya pasien penderita mpox dapat menjalankan terapi suportif dan simtotatis. Selain itu, pasien juga bisa menjalankan pengobatan dengan pemberian antivirus.

Selain itu, pasien penderita juga harus mengonsumsi air putih, makan makanan dengan gizi yang cukup, serta memastikan kesehatan mental tetap terjaga dengan baik selama masa isolasi mandiri.

ITulah informasi seputar penyakit Mpox alias cacar monyet. Jika Anda merupakan pasien penderita penyakit ini, perlu kami ingatkan untuk menjaga kesehatan dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kontrol kesehatan Anda kini lebih mudah dengan adanya layanan home care ke rumah dari Salam-Homecare. Dengan menghubungi kami, Anda akan memperoleh layanan kesehatan ke rumah dengan mudah.

shape
shape