shape

Harus Tau! Inilah Cara Membuang Obat yang Benar Menurut BPOM

12 December 2021

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Harus Tau! Inilah Cara Membuang Obat yang Benar Menurut BPOM

Source from tribunnews.com

Sobat Salam, kalo sering buang obat rusak atau kadaluwarsa di sembarang tempat, baiknya segera berhenti. Obat yang dibuang sembarangan bisa mencemari lingkungan sekitar dan rentan disalahgunakan oknum ga bertanggung jawab sebagai bahan pembuatan obat ilegal.

Inilah panduan ngebuang obat yang bener di rumah menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) :

1. Cara buang obat tablet, pil, puyer, salep, dan krim

  • Keluarin obat dari bungkusnya.
  • Hancurin obat biar bentuknya ga utuh.
  • Campurin obat dengan ampas kopi, tanah, atau bahan lainnya. Tujuannya, biar ga dikonsumsi anak-anak, hewan peliharaan, atau dipungut pemulung.
  • Simpan obat yang udah dicampur dengan bahan lain ke dalam wadah yang bisa ditutup dan ga tumpah. Misalkan botol plastik bekas, kaleng, atau wadah lainnya.
  • Buang wadah berisi campuran obat dan udah tertutup rapat ke tempat sampah di rumah.

Baca Juga : Obat Bukan Satu-Satunya Cara Menyembuhkan

2. Cara buang obat sirup dan cairan

  • Periksa endapan di bawah botol kemasan obat, kalo ada endapan atau obat udah mengental, tambahin sedikir air dan kocok sampe endapan larut.
  • Tuang laruan cairan obat ke dalam plastik.
  • Tambahin ampas kopi, tanah, atau bahan kotor lainnya ke dalam larutan obat tersebut.
  • Tuang campuran obat ke wadah plastik yang ada tutupnya, trus tutup sampe rapat.
  • Buang kemasan berisi campuran obat ke tempat sampah.

3. Cara buang obat antibiotik

Antibiotik adalah obat buat ngatasin infeksi bakteri. Obat ini ga boleh dibuang sembarangan. Saat dibuang ke saluran pembuangan air atau ditimbun ke dalam tanah, obat ini bisa mencemari lingkungan sekitar, termasuk sumber air minum dan diserap tanaman yang tumbuh.

Kalo air minum dan tanaman yang tercemar antibiotik dikonsumsi, orang tersebut bisa ngalamin resistensi antibiotik. Resistensi antibiotik nyebabin bakteri kebal obat.

Kondisi ini ngebuat orang yang kebal antibiotik jadi sulit disembuhin kalo kena infeksi bakteri. Kalo terus-terusan kena infeksi, dampaknya bisa fatal.

4. Cara buang inhaler atau aerosol

Sebelum ngebuang inhaler, pastiin wadah atau botolnya udah kosong. Wadah inhaler ga boleh dilubangi, digepengkan, atau dibakar karena bisa meledak.

Cara ngebuang yang bener adalah langsung dibuang ke tempat sampah kalo udah kosong. Kalo isi inhaler masih tersisa tapi udah kadaluwarsa, kembaliin ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit biar bisa dibuang dengan aman.

Baca Juga : Inilah Beberapa Jenis Teh untuk Atasi Penyakit

5. Cara buang obat kanker

Kalo dapetin obat kanker yang diminum di rumah, perhatiin cara ngebuangnya biar sisa obat ga bahaya. Langkah yang pertama, sisa obat, sisa kemasan, dan sarung tangan yang bersentuhan dengan obat kanker harus dikumpulin dalam wadah tertutup. Trus, kembaliin obat itu ke rumah sakit tempat dapetin obat biar bisa dibuang dengan aman.

Sumber : kontan.co.id / kompas.com

shape
shape