shape

Ini 6 Tanda Sakit Kepala Sudah Bahaya, Jangan Lengah!

20 May 2024

Posted by : Fathan

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Ini 6 Tanda Sakit Kepala Sudah Bahaya, Jangan Lengah!

Jangan remehkan sakit kepala yang Anda alami. Berikut ini adalah tanda-tanda sakit kepala sudah dalam tahap BERBAHAYA! Yuk simak pembahasannya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Sakit Kepala

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala? Yap sakit kepala terkadang muncul begitu saja ketika kita tengah melakukan kegiatan sehari-hari. Entah itu dalam intensitas ringan atau bahkan sekalipun.

Tak jarang, sakit kepala membuat kita tidak nyaman. Bahkan pada beberapa kondisi tertentu penderita dapat mengalami gejala atau gangguan kesehatan lain yang menyertainya, seperti pingsan, mimisan, dan lain-lain.

Pada dasarnya sakit kepala adalah keluhan umum yang dapat muncul pada siapa saja. Anda hanya perlu mengonsumsi obat sakit kepala untuk meringankan gejala yang satu ini. 

Akan tetapi sakit kepala juga dapat menjadi gejala gangguan kesehatan yang membutuhkan penanganan dokter.

Jenis-jenis Sakit Kepala

Perlu Anda ketahui bahwasannya ada beberapa jenis-jenis sakit kepala yang dibedakan berdasarkan gejala penyakit yang akan dirasakan oleh penderitanya. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)

Jenis yang pertama adalah sakit kepala tegang. Untuk jenis ini, biasanya terasa seperti tekanan atau rasa nyeri di sekitar kepala dan leher.

2. Migrain

Kemudian jenis yang kedua adalah migrain. Jenis sakit kepala yang satu ini ditandai dengan nyeri berdenyut, sering pada satu sisi kepala, dan dapat disertai mual atau sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

3. Sakit Kepala Cluster

Kemudian ada sakit kepala cluster. Jenis ini mengakibatkan nyeri hebat di sekitar satu mata, seringkali disertai mata merah atau air mata berlebihan.

Baca juga, Apa Itu Kanker Otak: Penyebab, Gejala, Serta Pengobatannya

Jenis Sakit Kepala Berbahaya

Selain beberapa jenis di atas, ternyata terdapat beberapa jenis sakit kepala yang menandakan bahwasannya penyakit tersebut sudah dalam klasifikasi yang berbahaya. Lantas apa sajakah itu?

1. Sakit Kepala secara Berulang

Tanda yang pertama adalah sakit kepala secara berulang. Tanda ini muncul secara teratur dan intensitasnya meningkat. Ini dapat mengindikasikan kondisi serius seperti tumor otak atau perdarahan otak.

2. Sakit Kepala baru yang terus menerus

Jenis atau tanda yang satu ini timbul tanpa sebab yang jelas dan terus berlanjut. Hal ini dapat menjadi tanda penyakit yang serius seperti infeksi otak.

3. Sakit Kepala yang disertai Demam

Kombinasi sakit kepala, demam, dan kaku pada leher bisa menandakan meningitis, infeksi yang mempengaruhi lapisan pelindung otak. 

Perlu diketahui meningitis juga dapat ditandai dengan beberapa gejala lainnya seperti nyeri otot, muntah, hingga munculnya ruam.

4. Sakit Kepala disertai Gangguan Kesadaran

Jika sakit kepala terjadi bersamaan dengan kebingungan atau kehilangan kesadaran, ini dapat menunjukkan gejala dari penyakit yang serius, salah satunya adalah stroke.

5. Sakit Kepala yang terkait dengan Sensorik dan Motorik

Kemudian jenis penyakit kepala yang berbahaya berikutnya berkaitan dengan sensorik dan motorik. Misalnya, kesulitan bicara, kelemahan pada satu sisi tubuh, atau kehilangan penglihatan. Ini bisa menjadi gejala dari kondisi serius seperti stroke.

6. Sakit Kepala Disertai Mual dan Muntah

Anda tidak boleh menganggap sepele gejala sakit kepala yang disertai dengan mual atau muntah. Kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa kondisi ini supaya tidak menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Ditambah lagi, mual dan muntah juga dapat berpotensi menimbulkan masalah lainnya seperti dehidrasi.

Penyakit yang Berhubungan Dengan Sakit Kepala

Sebagai referensi dan juga edukasi untuk Anda, setidaknya ada beberapa penyakit berbahaya yang berhubungan dengan sakit kepala. Penyakit ini membutuhkan penanganan serius untuk segera disembuhkan.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Pendarahan Otak

Penyakit yang pertama adalah pendarahan di otak. Pendarahan otak, atau juga dikenal sebagai stroke hemoragik, adalah kondisi medis yang terjadi ketika pembuluh darah arteri di dalam otak pecah dan menyebabkan masuknya darah ke dalam jaringan otak.

Ini termasuk kondisi serius yang bisa menimbulkan sakit kepala akut dan hebat serta gejala lain seperti kebingungan atau kelemahan pada tubuh.

Meningitis

Kemudian penyakit berbahaya selanjutnya adalah meningitis. Meningitis adalah peradangan pada meninges, yaitu lapisan tipis yang melindungi otak dan saraf tulang belakang. 

Meningitis dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit. Gejala meningitis dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya, tetapi beberapa gejala umum termasuk sakit kepala, demam, muntah, leher kaku, dan kejang. 

Jika tidak diobati, meningitis dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk kerusakan otak, kejang, dan bahkan kematian.

Tumor Otak

Tumor otak adalah pertumbuhan abnormal di dalam otak yang terjadi ketika sel membelah diri secara tidak terkendali. 

Tumor otak dapat menyebabkan berbagai gejala, tergantung pada lokasi dan ukuran tumor. Gejala umum tumor otak termasuk sakit kepala, kejang, gangguan penglihatan, dan kelemahan otot.

Dimensia

Penyakit Dimensia merupakan penurunan fungsi kognitif yang parah yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Alzheimer’s disease adalah jenis demensia yang paling umum. 

Itulah informasi lengkap seputar tanda-tanda sakit kepala sudah dalam tahap bahaya. Nantikan artikel seputar kesehatan lainnya dari Salam-Homecare.

shape
shape