shape

Ini Dia 10+ Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan, Berkhasiat!

09 September 2023

Posted by : Fathan

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Ini Dia 10+ Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan, Berkhasiat!

Ternyata Anda bisa mengonsumsi kulit manggis yang memiliki khasiat yang sangat baik. Lantas apa sajakah manfaat kulit manggis untuk kesehatan? Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel ini!

Kulit Manggis, Berkhasiat Bagi Tubuh

Apa Anda menyukai buah manggis? Umumnya kita mengonsumsi hanya buah manggisnya saja. Akan tetapi tahukah Anda bahwa kulit manggis memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. 

Buah manggis sendiri merupakan buah yang seringkali bisa kita dapatkan di Indonesia. Buah ini terkenal dengan daging putihnya yang lezat dan menyegarkan. 

Akan tetapi kulit manggis kulit buah manggis, yang disebut “kulit manggis,” juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan karena kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama xanton.

Jadi jika Anda mengonsumsi buah manggis, maka kulit dari buah ini jangan dibuang ya! Anda bisa mengolahnya lebih lanjut untuk bisa dikonsumsi.

Kandungan Kulit Manggis

Lantas apa sajakah kandungan lengkap yang terdapat di dalam kulit manggis? Kulit dari buah yang satu ini mengandung berbagai senyawa kimia yang bertanggung jawab atas aktivitas farmakologi. 

Skrining fitokimia dari ekstrak etanol kulit buah manggis mengungkapkan keberadaan beberapa senyawa, termasuk flavonoid, saponin, alkaloid, triterpenoid, tanin, dan polifenol. 

Senyawa-senyawa ini berkontribusi pada manfaat kesehatan potensial dan sifat antioksidan kulit buah manggis.  Senyawa kimia yang teridentifikasi dalam kulit buah manggis meliputi:  

  1. Flavonoid – Dikenal karena sifat antioksidannya dan antiinflamasi, flavonoid berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan. 
  2. Saponin – Senyawa ini memiliki berbagai aktivitas biologis, termasuk potensi antitumor dan efek imunomodulator. 
  3. Alkaloid – Alkaloid adalah senyawa yang mengandung nitrogen dan dapat memiliki efek yang beragam pada tubuh, tergantung pada sifat khususnya. 
  4. Triterpenoid – Triterpenoid adalah kelas senyawa yang dikenal karena aktivitas antiinflamasi dan antioksidannya. 
  5. Tanin – Tanin memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL. 
  6. Polifenol – Polifenol adalah antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Baca juga, Daftar Buah-buahan Yang Baik dan Buruk Untuk Diet

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Tentu saja beberapa kandungan di atas dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kali ini Salam-Homecare telah merangkum beberapa manfaat kulit manggis bagi kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya.

#1 Perawatan Kulit

Manfaat kulit manggis yang pertama adalah perawatan kulit. Kulit manggis memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antijamur, antialergi, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko berbagai kondisi kulit seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri. 

Kulit manggis juga telah terbukti efektif sebagai pengobatan jerawat karena aktivitas antioksidannya yang signifikan, yang mampu mengurangi produksi spesies oksigen reaktif yang mempengaruhi pertumbuhan jerawat.

#2 Mencegah Kanker

Senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit manggis memiliki potensi untuk menghancurkan sel kanker. 

Kemudian senyawa tersebut dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan menghambat pembentukan jaringan ganas di berbagai organ vital seperti paru-paru, payudara, ginjal, hati, pankreas, lambung, dan usus. 

Dengan demikian, kulit manggis dapat berperan dalam mencegah risiko kanker pada pria maupun wanita.

#3 Antioksidan

Kulit manggis mengandung senyawa antioksidan berharga. Antioksidan ini menetralkan dampak merusak dari molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas, yang terkait dengan berbagai penyakit kronis.

#4 Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kulit manggis juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan menjaga fungsi tubuh.

#5 Menjaga Kesehatan Jantung

Senyawa xanthone dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel arteri. 

Senyawa ini juga membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh berjalan lancar.

#6 Membantu Menurunkan Berat Badan

Efek anti-inflamasi kulit manggis dapat membantu dalam metabolisme lemak, yang berpotensi membantu dalam manajemen berat badan jika dikombinasikan dengan pola makan sehat dan rutinitas olahraga. 

#7 Mengurangi Stress

Jika Anda sering merasa stress, maka coba untuk mengonsumsi kulit manggis. Antioksidan dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang berkontribusi pada pengurangan stres.

#8 Memperlancar Siklus Menstruasi

Kulit manggis dapat membantu dalam mengatur siklus menstruasi pada wanita. Jika Anda atau kerabat maupun saudara memiliki masalah demikian, maka konsumsi kulit manggis bisa menjadi pilihan.

#9 Menjaga Kadar Gula Darah

Kulit manggis mengandung xanthone dan serat makanan yang membantu mengatur kadar gula darah, yang bermanfaat untuk mengelola gejala diabetes.

#10 Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam kulit manggis mendukung kesehatan pencernaan dengan meningkatkan gerakan usus secara teratur.

#11 Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kulit manggis juga berkontribusi secara efekti pada kesehatan tulang secara keseluruhan.

#12 Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kulit manggis diyakini dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, yang dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit seperti aterosklerosis.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Hmmm kulit manggis memangnya enak untuk dikonsumsi? Rasanya aneh gak ya? Eitss.. Jangan khawatir, Anda bisa kok mengolah kulit manggis menjadi minuman yang menggugah selera.

Berikut ini adalah beberapa cara mengolah kulit manggis yang bisa Anda lakukan, antara lain.

#1 Teh Kulit Manggis

Rekomendasi yang pertama adalah, Anda bisa membuat minuman teh kulit manggis. Ada pun cara mengolahnya ialah sebagai berikut:

  • Bersihkan kulit manggis kering dan rebus dalam 250 ml air hingga mendidih. 
  • Setelah mendidih, angkat kulit manggis dan saring tehnya. 
  • Tunggu sebentar sampai agak hangat, lalu tambahkan madu atau gula untuk memberi rasa manis. 
  • Konsumsi teh kulit manggis dalam waktu satu jam selagi masih hangat.

#2 Teh Seduh Kulit Manggis

Anda juga busa membuat teh seduh berbahan dasar kulit manggis. Berikut ini adalah cara pengolahannya:

  • Bersihkan kulit manggis segar dan potong-potong menjadi kecil-kecil. 
  • Panaskan air hingga mendidih, lalu tuangkan ke dalam gelas berisi potongan kulit manggis segar. 
  • Anda bisa menambahkan madu atau gula untuk memberi rasa manis.

#3 Jus Kulit Manggis

Untuk Anda pecinta jus, olahan kulit manggis bisa Anda pertimbangkan. Cara membuatnya pun cukup simpel, ini dia caranya:

  • Proses kulit manggis segar menjadi jus segar dengan menggunakan blender atau juicer. 
  • Anda bisa menggunakan kulit manggis yang segar dan sudah matang supaya cita rasa menjadi lebih baik.

Itulah informasi seputar manfaat kulit manggis untuk kesehatan lengkap dengan informasi kandungan senyawa nutrisi di dalamnya serta cara pengolahannya. 

Oh iya, jika Anda membutuhkan layanan kesehatan homecare, bisa cek yuk layanan dari Salam-Homecare yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa cek selengkapnya dalam website Salam-Homecare ya!

Semoga informasi ini bermanfaat dan nantikan artikel-artikel kesehatan lainnya!

Sumber:

https://www.k24klik.com/blog/manfaat-kulit-manggis/

https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-manfaat-kulit-manggis-dan-cara-mengonsumsinya

https://kesehatan.kontan.co.id/news/9-manfaat-kulit-manggis-untuk-kesehatan-dan-wanita-yang-jarang-diketahui

shape
shape