shape

Daftar Buah-buahan Yang Baik dan Buruk Untuk Diet

11 September 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Daftar Buah-buahan Yang Baik dan Buruk Untuk Diet

Sobat Salam, kebanyakan metode diet tentu menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur serta variasi makanan sehat lainnya. Karena buah-buahan mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh.

Ketika menjalankan metode diet, prinsip utama pasti ada pada pemangkasan asupan kalori sehari-hari. Buah-buahan pada umumnya memiliki jumlah kalori yang rendah, maka dari itu cocok dikonsumsi pada saat diet.

Selain itu, dalam beberapa jenis buah terkandung kadar gula yang rendah. Sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai pengganti makanan manis. Dan tubuh tetap mendapat asupan glukosa alami yang tidak berlebihan.

Meski begitu ternyata ada juga jenis buah-buahan yang kurang cocok dikonsumsi pada saat diet loh Sob. Hal ini karena kandungan kalori dan gula dalam buah tersebut tinggi jadi dalam mengonsumsinya pun harus dibatasi.

Lalu apa saja jenis buah yang cocok pada saat diet? Dan buah apa saja yang harus dibatasi konsumsinya saat diet? Berikut ulasannya.

Buah yang Cocok untuk Diet

Daftar Buah-buahan Yang Baik dan Buruk Untuk Diet

1. Jeruk Bali

Buah jeruk bali termasuk salah satu buah yang baik untuk diet serta penurunan berat badan. Setengah dari jeruk bali mengandung 39 kalori serta menyediakan 65 persen asupan harian untuk vitamin C. Buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik yang rendah ini berpengaruh pada pelepasan gula yang lebih lambat ke aliran darah. Buah ini juga mampu menurunkan kalori yang masuk ke tubuh, peningkatan kadar kolesterol, serta mengurangi lemak tubuh.

2. Apel

Jenis buah satu ini  termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Maka dari itu, buah ini mampu untuk mendukung penurunan berat badan. Hal ini disebabkan apel yang dimakan utuh dapat mengurangi rasa lapar sehingga nafsu makan terkendali.

3. Kiwi

Salah satu buah lainnya adalah kiwi. Kiwi memiliki konsentrasi nutrisi yang tinggi, sehingga buah ini sangat baik untuk penurunan berat badan. Buah ini kaya akan serat, vitamin E, vitamin C, dan folat. Maka dari itu, kiwi termasuk buah untuk diet yang sangat baik dikonsumsi. Buah ini juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi tekanan darah.

4. Beri

Keluarga beri termasuk buah yang dapat meningkatkan tenaga dengan rendah kalori. Terbukti jika buah beri dapat menimbulkan rasa kenyang saat dikonsumsi. Selain itu, buah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan peradangan, yang sangat baik dikonsumsi seseorang dengan kelebihan berat badan.

5. Jeruk

Yang tak kalah hebatnya adalah buah jeruk. Buah berwarna orange ini memiliki kalori rendah dan tinggi vitamin C juga serat. Buah ini dapat menimbulkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Maka dari itu, sangat baik untuk mengonsumsi buah ini secara rutin untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Itulah beberapa buah untuk diet yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Jika kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, pastikan untuk mengonsumsi buah yang disebutkan secara rutin. Tentu saja, manfaatnya bukan hanya agar tubuh lebih langsing, tetapi juga menyehatkan secara keseluruhan. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi buah secara rutin setiap hari.

Buah yang Perlu Dibatasi saat Diet

Daftar Buah-buahan Yang Baik dan Buruk Untuk Diet

Ada beberapa buah perlu dibatasi saat  sedang menjalani diet, yaitu :

1. Alpukat

Ketika sedang diet, Sobat perlu menghindari buah yang mengandung kalori dalam jumlah tinggi. Salah satunya seperti alpukat. Dalam 100 gram alpukat, terkandung sekitar 160 kalori.

Alpukat adalah sumber lemak sehat yang baik. Jika ingin mengonsumsinya saat diet, pertimbangkan jumlahnya dan perhatikan makanan lain yang dikonsumsi. Dengan begitu, nutrisi dalam alpukat dapat kamu terima secara maksimal.

2. Anggur

Meski bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, anggur sarat akan gula dan lemak, yang menjadikannya buah yang sebaiknya dibatasi konsumsinya saat menjalani diet penurunan berat badan yang ketat. Dalam 100 gram anggur, terkandung 67 kalori, dan 16 gram gula. Jika dikonsumsi berlebihan, asupan gula saat diet jadi berlebihan.

3. Buah Kering

Buah-buahan kering seperti prune, kismis, dan lainnya, memiliki lebih banyak kalori karena tidak mengandung air. Dalam sekitar satu cangkir kismis mengandung 500 kalori dan satu cangkir plum mengandung lebih dari 450 kalori.

4. Pisang

Mengonsumsi buah ini memang sangat menyehatkan. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan, justru bisa menggagalkan diet lho Sob! Pisang kaya akan kalori dan mengandung gula alami yang cukup banyak. Dalam satu buah pisang, terkandung sekitar 150 kalori, dengan sekitar 37,5 gram karbohidrat.

5. Kurma

Ternyata dalam kurma kering mengandung gula alami yang cukup tinggi lho Sob! Dengan kadar indeks glikemik sebesar 103. Jika ingin mengonsumsinya terlalu banyak saat diet, siap-siap saja dietmu gagal.

6. Nanas

Mungkin tidak mengherankan jika nanas kaya akan gula karena rasanya yang sangat manis. Indeks glikemik nanas adalah 66, dianggap sedang sampai tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak saat diet, tentunya penurunan berat badan bisa jadi hal yang sulit.

Itulah beberapa buah yang perlu dibatasi saat kamu sedang diet. Hal yang perlu perhatikan adalah jumlah konsumsi dan kandungan gula dalam buah yang dikonsumsi.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, diimbangi dengan pengaturan makan sehat rendah kalori, tentu saja tidak masalah mengonsumsi buah-buahan tersebut sebagai variasi.

Baca Juga :

shape
shape