shape

Jangan Diabaikan! Inilah Ciri-Ciri Penyakit Liver

08 February 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, kalian pasti tahu kalau hati merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Penting buat sobat mengetahui sejak dini tentang ciri-ciri sakit liver.

Hati atau liver yang biasa disebut dengan liver terletak di perut atas tepatnya di bawah tulang rusuk. Organ ini dapat digunakan sebagai pencerna makanan dan bersihkan racun dari dalam tubuh.

Salah satu gejala penyakit liver adalah muntah darah. Kondisi ini biasanya berkembang setelah penderita terkena penyakit liver dalam hitungan bulan atau tahun.

Penyebab Penyakit Liver

Penyebab penyakit liver sampai muntah darah itu karena sirosis, salah satunya karena konsumsi alkohol berlebihan. Dan kondisi itu terjadi ketika adanya pendarahan di saluran pencernaan yang disebut dengan istilah varises esofagus atau kerongkongan.

Dikutip dari laman resmi Department of Surgery University of California San Fransisco (UCSF), sirosis atau munculnya jarigan parut di organ hati bisa mneyebabkan liver bengkak dan menekan pembuluh darah vena di saluran pencernaan sampai pecah.

Saat pembuluh darah pecah, penderita penyakit liver bisa muntah darah atau buang iar besar dengan kotoran berwarna hitam atau cokelat gelap.

Untuk mengurangi risisko pendarahan di saluran pencernaan, penderita penyakit liver biasanya diresepkan obat pengontrol tekanan darah. Selain itu, dokter juga terkadang menyarankan operasi pemasangan karet gelang kecil di pembuluh darah yang bengkak, agar pembuluh darah tidak pecah.

Gejala Penyakit Liver

Kalau tidak cepat ditangani, maka penyakit liver bisa menyebabkan gagal organ dan bisa membahayakan. Sebelum itu terjadi, tubuh manusia akan memberi sinyal berupa gejala atau ciri-ciriya. Apa saja? Simak berikut ini!

1. Mual dan muntah

Hal ini disebabkan karena penumpukan racun di aliran darah dan menurunya fungsi hati dalam menyaring racun.

2. Mudah letih

Penderita penyakit liver sering mengalami kelelahan fisik tanpa melakukan aktivitas berat dan olahraga.

3. Perubahan warna kotoran BAB

Pada kondisi normal, garam empedu yang dilepaskan liver membuat kotoran BAB berwarna kuning kecoklatan.

Namun, pada saat organ hati bermasalah, kotoran BAB menjadi kuning pucat hingga lebih gelap sampai menghitam. Kondisi itu menandakan bahwaa ada darah di kotoran BAB dan sudah memasukii stadium lanjut.

4. Kulit dan mata menguning

Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan pigmen empedu bilirubin di dalam darah.

5. Perut dan kaki bengkak

Kondisi itu terjadi karena adanya tekanan darah tinggi yang berkembang di pembuluh darah liver dan tidak bisa membuat albumin

6. Mudah memar

Kulit yang mudah memar dipengaruhi oleh menurunnya kemampuan liver dalam menghasilkan zat pembekuan darah.

7. Hal-hal lainnya

  • Kulit gatal umum terjadi pada penderitanya karena penumpukan empedu di aliran darah. Kondisi tersebut yang memicu adanya gatal pada kulit.
  • Telapak tangan memerah juga salah satu tanda adanya sakit liver
  • Urine berwarna gelap seperti jingga tua, kemerahan atau coklat bisa jadi tanda penyakit liver

Baca Juga :

shape
shape