shape

Jenis Vitamin dan Nutrisi Dalam Infus Vitamin

11 February 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Jenis Vitamin dan Nutrisi  Dalam Infus Vitamin

Sobat Salam, belakangan ini infus vitamin menjadi tren dalam menguatkan sistem imunitas tubuh. Apalagi ketika pandemi covid 19 melanda Indonesia, infus vitamin menjadi pilihan efektif untuk menjaga imunitas.

Infus vitamin ini memang bermanfaat untuk menambah nutrisi bagi tubuh, tapi ada beberapa hal yang perlu Sobat Salam perhatikan sebelum memutuskan untuk menjalani terapi infus ini.

Kapankah infus vitamin diperlukan oleh tubuh?

Infus vitamin adalah prosedur terapi kesehatan yang memasukkan nutrisi melalui injeksi. Prosedur ini biasanya diperuntukkan bagi seseorang yang membutuhkan banyak asupan nutrisi saat dalam perawatan.

Biasanya yang membutuhkan perawatan ini adalah mereka yang mengalami kekurangan vitamin akut. Kondisi seperti ini bisa terjadi akibat masalah pola makan, penyakit saluran cerna, kelelahan akut dan lainnya yang memerlukan tambahan vitamin. Karena pada saat itu tubuh sedang tidak bisa mencerna nutrisi dengan optimal seperti cara biasanya.

Selain itu infus vitamin juga sangat berfungsi untuk perawatan luka kronis atau berat, dan pemulihan pasca operasi. Saat pandemi covid 19, sejumlah peneliti menguji coba keefektifan infus vitamin C pada pasien. Hasilnya kandungan vitamin C dalam infus tersebut bisa menambah kekuatan sistem imun dan melawan virus sehingga membantu pasien pulih lebih cepat.

Apa saja vitamin yang bisa diberikan melalui infus?

Tubuh memerlukan beragam jenis vitamin yang masing-masing memiliki peran dalam menjaga fungsi tubuh. Jenis vitamin infus yang umumnya digunakan adalah :

  • Vitamin C

Kegunaan vitamin C antara lain membantu menjaga sistem tubuh seperti otot, tulang, kekebalan, dan peredaran darah. Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu regenerasi antioksidan lain di dalam tubuh. Vitamin ini juga mengurangi efek merusak dari radikal bebas, salah satu faktor penyebab kerusakan jaringan dan penuaan.

  • B-Kompleks

Keluarga vitamin B ini dapat membantu tubuh mengolah makanan menjadi energi, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin B-kompleks juga berperan dalam kesehatan kulit, rambut, dan kuku serta mengurangi radikal bebas yang mempercepat proses penuaan.

  • Vitamin B7

Vitamin yang juga dikenal sebagai biotin ini punya andil dalam peningkatan kekuatan dan penampilan yang berkaitan dengan kosmetik. Vitamin B7 juga berperan dalam pengolahan makanan menjadi energi dengan membantu metabolisme karbohidrat dan lemak serta membantu menjaga kesehatan sistem saraf.

  • Vitamin B12

Vitamin yang dikenal dengan sebutan sianokobalamin ini berperan penting dalam menjaga fungsi neurologis. Sejumlah riset menemukan vitamin ini bisa membantu mencegah penurunan daya ingat dan meningkatkan konsentrasi serta menambah tenaga.

Jenis-jenis Nutrisi Infus dan Gunanya

Selain vitamin, nutrisi infus mengandung zat lain yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini contohnya :

  • Glutation

Glutation adalah antioksidan yang berperan penting dalam pencegahan kerusakan sel. Antioksidan ini mengikat racun di dalam tubuh dan membantu pengeluarannya dari tubuh. Glutation juga berperan dalam banyak proses metabolisme serta perbaikan DNA.

  • Asam amino

Asam amino adalah sekelompok senyawa organik yang menyusun blok protein di dalam tubuh. Zat nutrisi ini memiliki peran dalam hampir setiap fungsi tubuh, seperti tumbuh kembang, penyembuhan, pencernaan, peningkatan energi, produksi hormon, pembentukan otot dan jaringan ikat, serta sintesis kulit.

Baca Juga Mengapa Infus Vitamin Lebih Baik daripada Suplemen Multivitamin?

  • Magnesium

Zat mineral ini berperan dalam ratusan reaksi biokimia dan sistem enzim yang mengatur beragam fungsi tubuh. Kadar magnesium yang cukup dalam tubuh dapat membantu menjaga fungsi saraf dan otot, menjaga kekuatan tulang, menguatkan sistem imun, mengatur kadar gula darah, meningkatkan energi, mengatur detak jantung, dan produksi protein.

  • Taurin

Nutrisi ini berfungsi dalam banyak sistem tubuh, khususnya pada otak, jantung, mata, dan otot. Taurin antara lain berfungsi mengatur mineral tertentu dalam sel, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu tumbuh kembang otot, menjaga keseimbangan kadar elektrolit, mempertahankan fungsi sistem saraf, dan melancarkan metabolisme. Taurin juga berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang berperan dalam memperlambat proses penuaan dan mempercepat pemulihan tubuh.

  • Kalsium Glukonat

Unsur nutrisi ini diperlukan untuk menjaga fungsi saraf, otot, dan jantung yang normal. Kalsium glukonat juga membantu menjaga keseimbangan kalsium dan mencegah pengeroposan tulang.

Nah itu dia Sob beberapa jenis vitamin dan nutrisi yang umumnya digunakan dalam infus vitamin. Gimana, Sobat tertarik untuk mencoba terapi infus vitamin ini? Segera dapatkan pelayanan infus vitamin ini di Salam Homecare ya.

shape
shape