shape

Kenalan, yuk! Hari Vegan Sedunia, Sejarah dan Mitosnya

02 November 2021

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Source from mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com

Sobat Salam, kemarin tanggal 1 November adalah Hari Vegan Sedunia. Perayaannya udah mulai dari tahun 1994. Ada yang tau, ga, nih? Atau baru tau dari baca artikel ini? hehe

Veganisme adalah sebuah gaya hidup sekaligus filosofi peduli pada lingkungan dan mempraktikannya dengan hidup tanpa mengeksploitasi hewan. Diantaranya menolak konsumsi hewan buat makanan, pakaian, atau segala uji coba yang ngorbanin hewan.

Melansir dari p2k.unimu.ac.id, istilah vegan asal katanya dari vegetarian yang dalam Indonesia bermakna sayuran. Keberadaannya diperkirakan udah ada sejak 1944 meskipun ga diketahui secara pasti tanggal kelahirannya.

Sekilas tentang sejarahnya, nih!

Konsep gaya hidup veganisme terus berkembang, tepatnya pada tahun 1806. Sekitar di waktu itu, Dr. William Lambe dan Percy Bysshe Shelley nyebarin paham tentang keberatan buat mengkonsumsi susu dan telur ke wilayah Eropa. Seratus tahun kemudian, Donald Watson turut ngeluasin paham ini dengan nyiptain istilah vegan sampe ngelahirin masyarakat vegan Inggris.

Gerakan itu meluas pada 1951 dan banyak orang yang gabung.  Dilansir dari vegfund.org, bagi para vegan, mereka percaya kalo Hari Vegan Sedunia ga cuman sebagai edukasi perayaan saja, tapi juga sebagian edukasi buat orang-orang tentang nilai-nilai hidup vegan.

Sampe sekarang, masih banyak mitos salah yang ditujukan ke kelompok vegan, dan itu masih terus dipercaya oleh masyarakat.

Baca Juga Waspada! Hindari 10 Makanan Ini Saat Menginjak Usia 40 Tahun

Source from gaya.tempo.co

Apa aja mitos salah dan fakta yang sebenernya dari vegan?

  1. Jadi vegan butuh biaya mahal

Melansir dari Select Health, mitos ini salah. Karena nolak produk pangan hewani justru ngegiring sobat ke produk makanan nabati yang sebenernya lebih terjangkau dari segi biaya.

Hidup pake gaya vegan bisa jadi mahal kalo sobat milih prepackaged foods atau produk makanan vegan dari bahan nabati yang udah diolah lewat berbagai proses pangan.

  1. Jadi vegan bakal kekurangan protein

Mitos salah, nih, sob. Justru vegan bakal dapet plant based protein yang cukup banget dari oats, kacang-kacangan, bayam, tahu, brokoli, dan masih banyak lagi, lah.

Protein ini bakal bikin sobat kenyang lebih lama, ngasih asupan energi juga ngebantu buat ngebangun massa otot.

  1. Jadi vegan itu sulit

Kalo sobat mengubah gaya hidup jadi vegan, bakalan nemuin banyak kesulitan karena ada banyak bahan olahan pangan khusus vegan yang diolah jadi bercitarasa mirip bahan olahan pangan hewani.

  1. Vegan tetep butuh susu hewani buat dapetin kalsium

Mengutip dari laman Vegan Society, mitos ini salah. Vegan ga butuh susu hewani dari sapi atau kambing buat dapetin kalsium. Sayuran hijau kayak kale udah terbukti punya kandungan kalsium setinggi kalsium susu sapi.

Susu kedelai dan kacang-kacangan lainnya juga terbukti ngandung kalsium yang cukup buat kebutuhan tubuh sehari-hari.

  1. Vegan ga cocok buat anak-anak

The British Dietetic Association ngasih pernyataan kalo diet vegan cocok buat segala rentang usia, baik anak-anak atau dewasa.

  1. Pola hidup vegan buat tubuh lemah

Ini juga mitos salah. Ga konsumsi protein hewani ga bakal buat massa otot jadi lemah dan rapuh, kok.

Hal itu dibuktikan dengan beberapa penganut vegan yang menangin penghargaan bergengsi kayak Germany’s Stongest Man dan The World Champion of French Kickboxing.

Gaya hidup vegan yang mengosumsi produk hewani, dinilai ngurangin efek gas rumah kaca. Jadinya, keseimbangan kehidupan pun tercipta, baik buat keadaan bumi atau kesehatan tubuh manusia yang lebih sejahtera.

Sumber : kompas.com / tempo.co

shape
shape