shape

Meski Mungil, Buah Rasberry Ampuh Menangkal Kanker

07 June 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Meski Mungil, Buah Rasberry Ampuh Menangkal Kanker

Sobat Salam pasti sudah familiar dengan buah stroberi atau strawberry, buah mungil yang walaupun terkadang memiliki rasa yang sangat asam namun kaya akan manfaat. Dan yang kali ini akan dibahas adalah salah satu saudaranya nih, yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dia adalah buah raspberry, sama seperti strawberry. Buah yang masih termasuk ke dalam keluarga berry ini pun tak kalah memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah raspberry ini memiliki beraneka warna yang cantik seperti merah, hitam, ungu, dan kuning keemasan. Masing-masing jenis raspberry memiliki kombinasi rasa asam dan manis yang khas, dan secara umum semua jenis raspberry ini membawa berbagai manfaat untuk tubuh manusia.

Raspberry kaya akan serat, vitamin C, vitamin B, dan Mangan. Menurut situs Health, satu cup atau sekitar 123 gram raspberry dapat memenuhi lebih dari 50% target minimum asupan vitamin C per hari. Nutrisi lainnya yang juga terkandung dalam buah raspberry adalah vitamin K, vitamin E, magnesium, potasium, dan zat besi. Lalu apa saja manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita dari si mungil buah raspberry ini, berikut faktanya untuk diketahui Sobat Salam :

Manfaat Buah Raspberry Untuk Kesehatan

Meski Mungil, Buah Rasberry Ampuh Menangkal Kanker
Source : lifestyle.bisnis.com
  1. Melindungi dari Kanker

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat dalam raspberry dapat membantu menghambat pembentukan dan pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan antioksidan adalah kandungan yang dibutuhkan tubuh untuk menetralisir radikal bebas yang akan merusak sel tubuh dan menimbulkan kanker. Selain mencegah pertumbuhan sel kanker, ada sebuah studi yang menyatakan bahwa fitonutrien bernama ellagitanin dalam raspberry dapat membantu membunuh sel kanker.

  1. Membantu Mencegah Diabetes

Sebagaimana sudah dikatakan sebelumnya, buah ini kaya akan serat. Dalam 123 gram raspberry mengandung 8 gram serat, yang mana jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dari kebanyakan buah di pasaran. Kandungan serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, serta membantu menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, buah raspberry dapat mencegah resiko terjadinya diabetes.

  1. Mempertajam Daya Ingatan

Kandungan Flavonoid dalam buah raspberry juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak seperti kordinasi, daya ingat, dan mood. Selain itu, raspberry dapat menjaga kesehatan otak dengan menyingkirkan protein buruk (toxic protein) yang dapat merusak kinerja otak.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kebutuhan serat harian dapat dipenuhi sepertiganya dengan mengonsumsi 123 gram raspberry. Kandungan serat ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan memastikan gerak usus dalam keadaan normal, memadatkan feses dan melancarkan buang air besar. Dengan begitu, mengonsumsi banyak buah raspberry akan mencegah terjadinya konstipasi dan dapat menurunkan berat badan.

  1. Memperlambat Proses Penuaan

Buah ini mengandung banyak antioksidan yang mampu mengurangi inflamasi, sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Zat perlindungan yang terkandung dalam raspberry juga dapat membantu perbaikan DNA yang rusak. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah rapsberry sangat penting dalam pembentukan kolagen, yaitu zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi. Maka, mengonsumsi raspberry dapat mencegah munculnya garis-garis halus di kulit dan mengurangi nyeri sendi.

  1. Dapat Diolah dengan Berbagai Cara

Sebagai buah dengan ukuran kecil, raspberry dapat dimakan begitu saja dalam keadaan segar sebagai kudapan, seperti anggur dan stroberi. Namun, ada banyak variasi cara lain mengolah rasberry agar Sobat tidak cepat merasa bosan mengonsuminya, bisa dimakan langsung atau menjadi campuran pada oat meal dan yogurt Sobat.

Nah, itu tadi 6 fakta tentang buah raspberry yang mungkin kamu belum tahu. Apakah Sobat Salam tertarik mencoba memperoleh manfaat dari raspberry atau buah beri lainnya?

Baca Juga :

shape
shape