shape

Obat Ampuh Agar Luka Diabetes Cepat Kering

18 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Obat Ampuh Agar Luka Diabetes Cepat Kering

Sobat Salam, menghindari terjadinya luka pada penderita diabetes adalah hal yang seharusnya menjadi wajib. Karena luka yang terjadi pada penderita diabetes sangat rentan terhadap risiko gangguan kesehatan lainnya. Seperti infeksi bahkan jika kondisi lebih buruk bisa berakhir dengan amputasi.

Namun mengalami luka adalah hal umum yang sering terjadi pada siapa pun. Jika terjadi luka segeralah lakukan perawatan luka dengan tepat agar bisa sembuh seperti sedia kala.

Perawatan luka pada penderita diabetes perlu perhatian khusus. Sebab adanya kondisi luka yang sulit sembuh akibat dari rusaknya sistem saraf dan pembuluh darah karena gula darah yang tinggi.

Cara Mengobati Luka Kaki Diabetes

Obat Ampuh Agar Luka Diabetes Cepat Kering
Source : emc.id

Sebisa mungkin segeralah obati dengan cara yang tepat jika terjadi luka pada penderita diabetes. Bebaskan kaki dari segala sesuatu yang membuat rasa sakit bertambah, menimbulkan risiko luka baru, atau memperparah luka lama. Tekanan kaki saat berjalan bisa membuat infeksi memburuk dan luka menjadi luas.

Berikut berbagai jenis obat yang sering digunakan untuk mengobati luka diabetes :

1. Obat luka diabetes rekomendasi dokter

Untuk mengobati ulkus diabetes, dokter biasanya meresepkan antibiotik, atau obat anti pembekuan. Terutama ketika infeksi berlanjut bahkan setelah perawatan dilakukan. Jenis antibiotik yang digunakan umumnya yang aktif menyerang bakteri penyebab infeksi.

2. Obat luka diabetes yang dijual bebas

Banyak perawatan topikal atau obat luar untuk luka diabetes yang tersedia di apotek, termasuk:

  • Dressing yang mengandung krim silver sulphadiazine
  • Gel atau larutan polyhexamethylene biguanide (PHMB)
  • Yodium (baik povidone atau kadexomer)
  • Madu dalam bentuk salep atau gel

3. Suplemen untuk ulkus diabetes

Selain menggunakan antibiotik, pemberian suplemen yang mengandung oksida nitrat. Memperbanyak konsumsi vitamin C juga diyakini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka akibat diabetes. Jika terjadi infeksi pada luka, suplemen zinc juga biasa digunakan untuk penyembuhannya.

Obat Luka Diabetes Alami

Obat Ampuh Agar Luka Diabetes Cepat Kering
Source : alodokter.com

Luka diabetes juga bisa diatasi dengan obat-obatan alami. Namun, perlu dipahami bahwa penggunaan obat alami apa pun mesti dikonsultasikan dengan dokter. Beberapa obat luka diabetes alami yang bisa digunakan antara lain :

  • Madu organik 

Madu organik yang belum diolah merupakan salah satu obat luka diabetes yang cukup ampuh. Peneliti telah menemukan bahwa lapisan tipis madu yang diaplikasikan pada luka dapat membuat luka tetap bersih. Penggunaan madu juga dapat mempercepat penyembuhan, bahkan dapat menghindari amputasi.

  • Minyak Zaitun

Bahan alami satu ini juga dapat menjadi pilihan untuk mengobati luka diabetes. Minyak alami ini dapat meningkatkan kecepatan penyembuhan luka tanpa efek samping.

  • Obat luka diabetes alami dari ramuan herbal

Dalam pengobatan tradisional Cina, Radix Rehmanniae dan Radix Astragali terkenal sebagai obat luka diabetes alami yang manjur. Pengobatan ini bahkan dapat dirasakan manfaatnya oleh para penderita dengan diabetes yang cukup parah.

Pengobatan untuk mengobati luka diabetes juga dapat difokuskan pada peredaran darah perifer. Bubuk cabai cayenne juga dapat dijadikan sebagai ramuan herbal untuk melancarkan sirkulasi darah dan memberikan sensasi hangat pada kaki.

Bagaimana Cara Mencegah Luka Diabetes?

Obat Ampuh Agar Luka Diabetes Cepat Kering
Source : tribunnews.com

Perawatan kaki yang baik dapat membantu mencegah terjadinya ulkus, paling tidak mencegahnya bertambah parah. Mintalah bantuan orang lain jika Anda sendiri merasa kesulitan memeriksa atau merawat kaki.

Berikut adalah upaya yang dapat membantu mencegah ulkus diabetik :

1. Jaga kadar gula tetap terkendali

2. Cuci kaki setiap hari dengan sabun dan air hangat

3. Periksa kaki setiap hari

4. Lindungi kaki

5. Pakailah sepatu yang pas

6. Jangan merokok

7. Jangan minum alkohol

8. Pertahankan berat badan ideal

Segera hubungi dokter untuk perawatan awal jika terjadi hal-hal berikut:

  • Kaki memerah, hangat dan bengkak
  • Muncul bau busuk dan nanah dari luka
  • Sakit dan kebas di kaki.

Tidak mau pusing antri lama di rumah sakit/klinik untuk merawat luka Sobat? Tinggal panggil saja dokternya ke rumah dengan Layanan Perawatan Luka Salam Homecare! Pemesanan yang cepat dengan harga yang sangat terjangkau. Khusus bulan ini juga ada promo menarik loh, Yuk cek promonya dibawah ini Sob!

shape
shape