shape

Kenapa Telinga Bisa Tersumbat?

06 December 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kenapa Telinga Bisa Tersumbat?

Mungkin Sobat Salam pernah mengalami rasa penuh di dalam telinga, sehingga telinga menjadi seolah tersumbat. Meski terdengar sepele, namun kondisi ini tentunya akan membuat tidak nyaman. Suara dari luar akan terdengar tidak jelas seperti teredam.

Tapi Sobat tidak usah khawatir, karena kondisi seperti ini akan menghilang begitu saja dengan sendirinya. Namun jika kondisi ini tidak hilang selama berhari-hari, mungkin Sobat perlu mencari tahu apa penyebabnya sehingga dapat diatasi dengan cara yang tepat.

Telinga terasa tersumbat adalah suatu kondisi ketika telinga yang dirasakan seperti tertutup atau penuh oleh sesuatu, sehingga mempengaruhi kemampuan mendengar dan menimbulkan gangguan pendengaran.

Sumbatan telinga bisa ditandai dengan gejala berupa tekanan atau terasa penuh pada telinga. Kondisi ini bisa juga dibarengi dengan rasa sakit pada telinga, pusing, dan pendengaran yang teredam, tergantung dari masing-masing penyebabnya.

Berbagai Penyebab Telinga Seperti Tersumbat

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan telinga terasa tersumbat atau penuh. Berikut ini di antaranya :

1. Sumbatan pada saluran dalam telinga

Sumbatan di bagian tuba eustachius adalah salah satu penyebab yang mungkin terjadi. Tuba eustachius merupakan saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah ke tenggorokan.

Cairan dan lendir akan mengalir dari telinga ke belakang tenggorokan melalui saluran ini. Bisa saja cairan dan lendir terkadang terperangkap di telinga tengah dan membuat telinga terasa tersumbat, bukan mengalir ke tenggorokan.

Sumbatan ini biasanya terjadi saat mengalami flu biasa, influenza, sinusitis, atau infeksi. Reaksi alergi, seperti alergi rinitis juga bisa menyebabkan penyumbatan di saluran eustachius ini.

Gejala dari penyumbatan yang disebabkan oleh infeksi atau alergi yaitu :

  • Hidung berair
  • Batuk
  • Bersin
  • Sakit tenggorokan.

2. Berada di tempat tertentu

Telinga terasa tersumbat atau penuh bisa disebabkan juga oleh perubahan tekanan lingkungan yang terjadi secara cepat. Kondisi ini memengaruhi penutupan tuba eustachius atau yang dikenal sebagai barotrauma.

Saat terjadi perbedaan tekanan ini, tubuh akan berusaha untuk beradaptasi. Bersama dengan gendang telinga, tuba eustachius membantu menyamakan tekanan di luar dengan telinga tengah dan telinga luar.

Penyesuaian inilah yang mengakibatkan tuba eustachius harus menutup. Akibatnya, akan muncul efek telinga seperti tersumbat.

Beberapa orang yang bisa mengalami penyumbatan ini adalah orang yang melakukan scuba diving, mendaki gunung, melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, atau pergi ke tempat di dataran tinggi.

3. Telinga penuh dengan kotoran

Produksi lilin atau kotoran telinga adalah hal yang dibutuhkan untuk mencegah serpihan kotoran dari luar masuk ke dalam telinga.

Namun, jika telinga terlalu banyak memproduksi kotoran, hal ini juga bisa menjadi penyebab telinga tersumbat.

Pada beberapa orang, produksi berlebihan ini bisa saja terjadi. Padahal, normalnya telinga memiliki sistem pembersihan sendiri, sehingga produksi kotorannya tidak sampai menyumbat.

Maka dari itu, untuk orang yang mengalami produksi kotoran telinga berlebihan, sebaiknya lakukan pembersihan telinga secara rutin di dokter.

Sebab, jika dilakukan pembersihan telinga sendiri di rumah menggunakan cotton bud, kotoran bisa semakin terdorong ke dalam dan menyentuh gendang telinga. Meskipun sekarang sudah ada pembersih telinga berbahan besi, namun penggunaan yang salah malah semakin berisiko membahayakan gendang telinga loh!

Gejala kondisi ini meliputi:

  • Sakit telinga
  • Telinga berdengung
  • Pusing.

4. Neuroma akustik

Kondisi neuroma akustik merupakan pertumbuhan tumor jinak yang berkembang di saraf kranial yang mengarah dari telinga ke dalam otak. Tumor ini biasanya tumbuh lambat dan ukurannya kecil.

Akan tetapi, seiring waktu, tumor ini bisa tumbuh menjadi besar dan akan memberi tekanan pada saraf telinga di bagian dalam.

Tekanan inilah yang nantinya bisa membuat telinga terasa tersumbat, pendengaran semakin menurun, dan telinga terasa berdengung.

5. Benda asing masuk ke dalam telinga

Benda asing yang masuk ke dalam telinga juga bisa menimbulkan telinga terasa seperti tersumbat.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak kecil yang kerap kali menaruh barang di telinga mereka karena penasaran atau berani mengikuti apa yang dilihatnya.

Benda asing yang masuk ke dalam telinga biasanya tidak akan menimbulkan demam atau gejala apa pun, kecuali jika sumbatan akibat benda ini sudah terjadi cukup lama hingga menimbulkan infeksi. Sumbatan telinga ringan juga bisa diatasi sendiri loh.

Nah itu dia Sob, penjelasan mengenai penyebab telinga terasa tersumbat. Jika Sobat mengalaminya jangan terburu panik ya. Segera cek penyebabnya sehingga dapat ditangani dengan cara yang tepat ya

Namun jika Sobat membutuhkan konsultasi dokter segera yang sedia 24 jam, Dokter Salam Homecare solusinya! Kami sedia 24/7 nonstop, dengan dokter dan perawat yang berizin dan profesional. Apalagi khusus bulan ini ada promo menarik loh, Yuk cek promonya sekarang juga!

shape
shape