shape

Perotolongan Pertama pada Serangan Asma

21 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Perotolongan Pertama pada Serangan Asma

Sobat Salam, seringkali kekambuhan asma dapat muncul kapan pun dan di mana pun. Hal ini tentunya harus diantisipasi bagi Sobat yang memiliki asma. Seperti harus selalu siap sediakan obat kemanapun bepergian.

Serangan asma mungkin ringan, tapi bisa menjadi sangat berbahaya dengan cepat. Selama serangan, saluran udara menyempit karena pembengkakan dan peradangan, dan otot-otot di sekitar menegang. Itulah sebabnya, penderita asma dianjurkan untuk selalu membawa obat ke manapun pergi. Obat asma terbagi menjadi dua jenis, yaitu obat pengendali (controller) dan pereda (reliever).

Namun bagaimana jika gejala asma kambuh di saat terlupa membawa obat? Penting bagi Sobat untuk mengetahui bagaimana pertolongan pertama yang harus dilakukan saat gejala asma tiba-tiba kambuh di saat yang tak terduga.

Pertolongan Pertama pada Asma

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Sobat lakukan atau berikan apabila menemukan seseorang yang gejala asmanya kambuh secara tiba-tiba, di antaranya :

1. Duduk dengan Postur Tegak

Saat terjadi serangan asma, segera hentikan kegiatan yang sedang dilakukan. Kemudian, duduklah dengan postur tegak. Tindakan ini bertujuan agar bisa bernapas dengan lebih baik. Sebaliknya, hindari posisi bungkuk atau berbaring. Kedua posisi tersebut dapat membuat saluran napas semakin tersumbat, sehingga serangan asma pun bisa semakin parah.

2. Tarik Napas Dalam dan Panjang

Serangan asma dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida. Jika dibiarkan, penderita bisa mengalami penurunan kesadaran akibat kekurangan suplai oksigen di otak. Untuk mencegahnya, cobalah untuk menarik napas panjang dan dalam untuk mendorong terjadinya keseimbangan oksigen dan karbondioksida. Lakukan selama beberapa saat, hingga kondisi terasa membaik.

3. Tetap Tenang

Atur napas sedemikian rupa, agar tidak terlalu cepat. Selain itu, usahakan untuk mengendurkan pakaian yang terasa sempit agar laju napas tidak terganggu atau terhambat. Tetap tenang, jangan panik akan membantu meredakan gejala.

4. Segera Hindari Pemicu

Debu, asap rokok, aroma kimia, atau lainnya bisa menjadi pemicu terjadinya serangan asma. Maka dari itu, jika kita sudah mengetahuinya ada baiknya untuk sebisa mungkin menghindarinya ya.

5. Minum Secangkir Kopi atau Teh Hangat

Minuman hangat yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh, dapat menjadi cara mengatasi asma yang kambuh. Ini karena kandungan kafein bisa membantu membuka saluran napas.

6. Cari Pelega Pernapasan yang Dibawa Penderita

Pengobatan asma secara cepat atau jangka pendek, yaitu dengan menggunakan obat pelega saluran pernapasan seperti inhaler dan nebulizer yang berfungsi menghentikan serangan asma.

7. Segera Cari Pertolongan Medis

Jika mengi, batuk, atau sesak napas bertambah parah setelah beristirahat dan menerapkan tips di atas, lekaslah cari pertolongan medis. Serangan asma yang dibiarkan berlanjut bisa berujung pada perburukan, bahkan kehilangan nyawa.

Cara terbaik untuk mencegah serangan asma adalah menghindari pemicu yang dapat menyebabkan sel radang pada pernapasan.

shape
shape