shape

Pilihan Olahraga Aman bagi Penderita Asma

17 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Pilihan Olahraga Aman bagi Penderita Asma

Sobat Salam, bagi penderita asma olahraga dengan intensitas terlalu berat adalah salah satu hal yang harus dihindari agar tidak memperparah kondisi asma. Namun bukan berarti penderita asma tidak boleh sama sekali untuk melakukan olahraga.

Ada banyak pilihan olahraga intensitas rendah yang masih aman untuk dilakukan bagi penderita asma. Karena olahraga teratur memberikan efek yang baik untuk kesehatan meskipun bagi penderita asma.

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan pengidap asma. Dengan melakukan aktivitas fisik tersebut, intensitas bernapas pun semakin meningkat, sehingga karbondioksida yang dikeluarkan akan semakin banyak.

Olahraga Apa yang Cocok Bagi Penderita Asma?

Khusus bagi Sobat yang memiliki penyakit asma, disarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan, periode waktu yang tidak terlalu lama, dan tidak terlalu banyak mengerahkan tenaga. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan :

1. Jalan kaki

Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki tiga kali seminggu selama 12 minggu mampu mengendalikan asma dan meningkatkan kebugaran tubuh tanpa memicu gejala asma. Cobalah berjalan kaki selama 30 menit yang disertai dengan pemanasan dan pendinginan masing-masing selama lima menit.

2. Yoga

Menurut sebuah penelitian, dengan rutin melakukan yoga minimal 30 menit perhari selama 10 minggu, mampu membantu meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko kekambuhan gejala pada penderita penyakit asma.

3. Bersepeda

Perlu diketahui bahwa bersepeda santai tidak memicu munculnya asma. Namun, pastikan untuk bersepeda di medan yang tidak terjal dan aman untuk dilalui dengan kecepatan 30 km/jam.

4. Berenang

Manfaat dari berenang bagi penderita asma dapat membangun otot-otot untuk bernafas. Selain itu, paru-paru akan mendapatkan banyak udara hangat dan lembap. Namun pastikan untuk berenang tidak terlalu lama dan sering. Hal ini karena klorin pada air kolam renang diduga dapat memicu serangan asma.

5. Olahraga yang menggunakan raket

Olahraga dengan raket seperti, tenis, bulu tangkis atau baseball masih tergolong aman untuk dilakukan bagi penderita asma. Pasalnya, ritme kecepatan permainan olahraga ini dapat diatur dan bisa beristirahat secara teratur apabila memungkinkan.

6. Lari jarak pendek

Jenis olahraga lainnya adalah lari jarak pendek. Jenis olahraga ini diketahui tidak memicu serangan asma. Jenis olahraga lari yang diketahui dapat memicu munculnya asma adalah lari marathon. Jarak maksimal untuk lari yang disarankan bagi penderita asma adalah sekitar 1,5 km dengan durasi lari paling lama 10 menit.

7. Voli

Olahraga tangan satu ini pun masih tergolong aman dilakukan bagi penderita asma. Karena dalam olahraga voli tidak memerlukan banyak gerakan berlari jarak jauh yang dapat memicu serangan asma.

8. Senam Aerobic

Gerakan-gerakan yang sederhana dari senam aerobic aman untuk dilakukan oleh pengidap asma. Selain dapat meningkatan stamina dengan melatih otot-otot, senam juga sangat baik untuk melancarkan pernapasan. Jangan lupa lakukan pemanasan, dan lakukan secara bertahap dari durasi paling pendek dulu ya.

Nah itu dia Sob, beberapa jenis olahraga yang aman untuk dilakukan bahi penderita asma. Jangan lupa untuk memulainya secara bertahap, terlebih bagi Sobat yang jarang melakukan olahraga.

shape
shape