shape

Sobat Tau Doping, Ga? Simak Sejarah dan Bahayanya Bagi Atlet

20 October 2021

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, pernah dengar doping? Doping adalah zat terlarang yang dikonsumsi oleh atlet buat ningkatin performa. Istilah lainnya, Performance Enhancing Drugs (PED) yaitu obat-obatan yang digunain oleh atlet buat ningkatin kinerja atletik dalam olahraga kompetitif.

Doping sebelumnya sudah ramai dibicarain waktu olimpiade Tokyo. Soalnya, atlet lifter asal China, Hou Zhihui diisukan ngegunain doping saat turun di kelas 49 kg angkat besi putri Olimpiade 2020.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, So.KO bilang kalo doping adalah segala sesuatu baik zat maupun metode yang dengan sengaja bisa ningkatin prestasi, tapi ga lewat proses pelatihan.

Beliau ngejelasin, tindakan yang termasuk doping misalnya ngegunain steroid buat bantu ngebesarin massa otot, jadinya seseorang bakal dapet kekuatan yang lebih besar.

“Tentunya itu ga adil, karena bagi yang bener-bener latian ngebutuhin waktu yang lama buat dapetin otot yang besar,” lanjutnya.

Baca Juga Harus Tau! Ada Nyeri Leher yang Membahayakan Nyawa

Mari kita bahas sejarahnya!

Menurut American College of Medical Toxicology, praktik doping oleh para atlet udah ada sejak berabad-abad.

Atlet zaman dulu ningkatin performa lewat diet khusus dan konsumsi tanaman jenis tertentu yang dianggap bisa ningkatin kekuatan fisik.

Namun praktik doping di era saat ini, dapetin perhatian khusus karena ngunain obat-obatan tertentu yang bisa ningkatin performa atlet.

Pada tahun 1904, doping pertama kali ditemuin di Olimpiade para pelari. Pelari itu disuntik dengan strychnine buat bantu kecepatan, dan konon ngasih kekuatan buat nyelesain kompetisi.

Baca Juga Yuk, Tiru! Tips Jaga Kesehatan Ala Jojo dan Ginting

Apa bahaya doping pada atlet?

Penggunaan obat-obatan pada dopingdilarang dalam dunia olahraga karena punya dampak dan efek samping berbahaya.

Dikutip dari The American Medical Society for Sports Medicine, efek sampng atau bahaya penggunaan doping, yaitu :

  • Kardiovaskular : irama jantung ga teratur, tekanan darah tinggi, serangan jantung, kematian mendadak
  • Sistem saraf pusat : insomnia, kecemasan, deresi, perilaku agresif, bunuh diri, sakit kepala, kecanduan penarikan, psikosis, tremor, pusing, stroke
  • Pernafasan : mimisan, sinusitis
  • Hormonal : infertilitas, ginekosmatia (payudara membesar), penurunan ukuran testis, gairah seks rendah, akromegali, dan kanker.

Menurut Kode Anti-Doping Dunia atau World Anti-Doping Code, yang ditetapin sama WADA pada 2008, suatu zat atau pengobatan termasuk doping kalo menuhin dua dan tiga kriteria berikut :

  • Dapet ningkatin performa atlet
  • Dapet nimbulin risiko bagi kesehatan atlet
  • Bertentangan sama semangat olahraga.

Sumber : kompas.com / kontan.co.id

shape
shape