shape

Terapi Kiropraktik atau Kretek Abal-abal, Amankah Untuk Sendi?

03 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Terapi Kiropraktik atau "Kretek Abal-abal", Amankah Untuk Sendi?

Pernahkah Sobat Salam mendengar perawatan kiropraktik, chiropractic, atau yang lebih tren disebut kretek abal-abal? Saat ini prosedur terapi ini mulai menjamur, khususnya di Indonesia.

Jenis pengobatan alternatif ini merupakan perawatan yang dapat mengatasi sakit punggung atau nyeri pada tulang belakang. Prosedur ini mungkin sangat efektif dan bermanfaat dilakukan untuk Sobat Salam yang mengalami nyeri punggung akibat duduk terlalu lama saat bekerja.

Apa Itu Kiropraktik ?

Kiropraktik adalah prosedur yang dilakukan oleh kiropraktor atau seorang ahli terapi yang telah menjalani pelatihan khusus.

Seorang kiropraktor memanfaatkan berbagai teknik untuk melakukan kiropraktik tertentu. Praktik ini merupakan perpaduan antara seni dan sains.

Tujuan perawatan ini adalah untuk mengurangi rasa sakit, memperbaiki kesejajaran tubuh, dan memperbaiki fungsi fisik seluruh tubuh.

Metode pengobatan alternatif kiropraktik dilakukan untuk mengatasi kondisi seperti :

  • Nyeri punggung bawah
  • Sakit leher
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala

Seorang kiropraktor dapat mengatasi nyeri pada sistem muskuloskeletal (yang berhubungan dengan leher, punggung, dan anggota tubuh), di berbagai titik tubuh.

Seperti di kepala, rahang, bahu, siku, pergelangan tangan, pinggul, panggul, serta lutut dan pergelangan kaki.

Kiropraktik umumnya dianggap aman bila dilakukan dalam kondisi yang tepat oleh seseorang yang terlatih dan memiliki lisensi untuk mempraktikkan perawatan ini.

Salah satu alasan umum yang membuat seseorang menginginkan perawatan ini adalah karena sama sekali tidak perlu mengonsumsi obat sedikit pun.

Manfaat Kiropraktik

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan perawatan kiropraktik, antara lain:

1. Mengatasi Nyeri Leher

Nyeri pada leher merupakan salah satu masalah umum yang sering kali dialami oleh setiap orang setelah duduk berjam-jam, sering menekuk leher ketika bermain ponsel, atau memiliki postur tubuh yang buruk.

Seorang kiropraktor dapat membantu meringankan sakit leher yang dialami dengan menyelaraskan kembali tulang belakang dan mengurangi ketegangan pada otot leher.

Dibandingkan dengan perawatan yang dilakukan untuk mengatasi nyeri leher lainnya, menggunakan metode kiropraktik diklaim lebih ampuh.

2. Meringankan Sakit Punggung

Perawatan kiropraktik dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengobati nyeri punggung jangka pendek atau kronis.

Berdasarkan penelitian, para dokter merekomendasikan pasien yang mengidap nyeri punggung bawah kronis untuk terlebih dahulu melakukan perawatan tanpa obat sebelum mencoba mengonsumsi obat-obatan.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Terapi tulang belakang atau kiropraktik dapat lebih efektif untuk mengatasi sakit kepala tegang dan sakit kepala serta leher.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Menjalani terapi kiropraktik bermanfaat dalam membantu memperbaiki postur tubuh yang buruk. Terutama jika postur tubuh buruk yang dialami disebabkan karena terlalu banyak duduk.

Kifosis dikenal sebagai kondisi gangguan postur tubuh yang membuat penderitanya tampak bungkuk. Dengan melakukan terapi kiropraktik dipercaya dapat menyembuhkan kondisi tersebut.

5. Mengatasi Skiatika

Skiatika merupakan kondisi yang sering kali disebabkan oleh :

  • Mengalami cedera setelah terpeleset atau terjatuh.
  • Mengangkat beban berat.
  • Melakukan gerakan berulang.
  • Cakram di punggung membengkak dan memberi tekanan pada saraf skiatik.

Skiatika merupakan gangguan yang terjadi pada saraf skiatik yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh, mulai dari pinggul, bokong, tungkai, hingga jari-jari kaki.

Melakukan terapi kiropraktik secara teratur dapat mengobati nyeri yang dialami pada saraf skiatik dan mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih nyaman.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem saraf dapat mengontrol bagaimana sel dan organ tubuh setiap manusia dapat bekerja. Jika tidak bekerja dengan baik, hal tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan.

Seorang kiropraktor dapat meringankan atau melegakan sistem saraf agar tidak tegang. Terapi kiropraktik dapat meningkatkan fungsi bagian lain dari tubuh yang bekerja melawan bakteri dan virus.

Melakukan terapi tersebut dapat meningkatkan kesehatan sistem kekebalan, dan menjadikan tubuh mudah menangkal serangan virus penyebab penyakit.

Teknik Terapi Kiropraktik

Kiropraktor dapat menggunakan beberapa teknik yang berbeda untuk mengatasi gangguan pada otot dan persendian tulang. Berikut beberapa tekniknya, meliputi:

  • Teknik manipulasi tulang belakang. Teknik ini dilakukan menggunakan tangan dengan kuat yang dipraktikkan pada bagian tulang dan sendi tulang belakang hingga leher.
  • Secara bertahap menggerakkan sendi tulang ke posisi yang berbeda.
  • Menarik atau meregangkan otot pasien ke arah yang berbeda.

Terapi ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit tetapi pada beberapa orang dapat mengalami sedikit rasa ketidaknyamanan. Bila hal tersebut terjadi, segera beritahu kiropraktor yang menangani.

Efek Samping Kiropraktik

Setelah terapi kiropraktik, pasien mungkin saja mengalami kelelahan atau rasa sakit. Pada beberapa kasus, melakukan terapi kiropraktik dapat menyebabkan sakit kepala ringan yang bersifat sementara.

Dalam kasus yang jarang terjadi, perawatan kiropraktik dapat menyebabkan komplikasi serius seperti :

  • Saraf terjepit.
  • Sindrom cauda equina (kumpulan saraf di bagian bawah tulang belakang yang mengalami ketegangan).
  • Stroke

Efek samping dapat lebih parah jika kiropraktor yang melakukan terapi kiropraktik tidak berlisensi atau tidak profesional. Maka dari itu, jika Sobat Salam tertarik untuk mencoba pengobatan alternatif ini, Pastikan untuk melakukannya dengan profesional ya Sob!

Baca Juga :

shape
shape