shape

Tidur Dengan Mata Terbuka? Bahayakah?

26 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Bahayakah Tidur Dengan Mata Terbuka?

Sobat Salam, pernah melihat orang tidur dengan mata terbuka? Apa sobat juga mengalaminya tapi tidak sadar? Misal sobat tahu karena ada yang memberitahu. Tentunya akan sangat terkejut, tetapi itu adalah hal yang cukup umum. Kondisi ini disebut dengan lagophthalmos. Biasanya mata hanya tertutup sebagian saat tidur.

Mengutip dari Healthline, dalam sejumlah kasus tidur dengan mata terbuka itu menjadi tanda dari kondisi lain yang bisa lebih serius, seperti masalah saraf.

Perlu diwaspadai jika hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan seiring berjalannya waktu. Meskipun begitu, ada beberapa cara untuk mengobati gangguan tidur. Penasaran penyebab dari mata terbuka saat tidur? Simak ini, ya!

Penyebab Lagophthalmos 

Dikutip dari Sleep Foundationlagophthalmos dapat memiliki banyak penyebab, antara lain :

1. Kelopak mata pendek atau lemah

Berbagai kondisi dapat memperpendek kelopak mata atau menurunkan tonus ototnya, sehingga mencegah kelopak mata menutup sepenuhnya.

2. Proptosis (Bulging Eyeball)

Ketika bola mata menonjol, sehingga menciptakan lebih banyak area permukaan yang harus ditutupi kelopak mata.

3. Terbentuk jaringan parut

Adanya trauma fisik, luka bakar kimia, dan penyakit tertentu, seperti pemfigoid okular, dan sindrom Stevens-Johnson, yang dapat melukai komponen kelopak mata dan membatasi fungsinya.

4. Penggunaan obat penenang

Alkohol dan obat penenang yang berlebih, termasuk beberapa pil tidur, terkadang dapat menyebabkan lagophthalmos.

5. Masalah saraf

Berbagai masalah yang memengaruhi saraf wajah dapat mencegah kelopak mata berfungsi dengan baik. Masalah-masalah ini termasuk Bell’s palsy, penyakit Lyme, dan cedera.

6. Idiopatik

Dalam beberapa keadaan, mata seseorang dapat terbuka saat mereka tertidur berarti memiliki lagophthalmos. Misalnya, orang yang berjalan dalam tidur sering membuka mata selama episode berjalan dalam tidur. Namun, berjalan dalam tidur dianggap sebagai masalah yang terpisah dari lagophthalmos.

Gejala Lagophthalmos 

Bahayakah Tidur Dengan Mata Terbuka?

Source from lifestyle.okezone.com

Lagophthalmos bisa dikenali dengan memperhatikan gejalanya, seperti :

  • Mata berair
  • Sensasi ada benda asing di dalam mata
  • Mata iritasi, terutama di pagi hari

Mengutip dari Cleveland Clinic, gejala-gejala tersebut disebabkan oleh permukaan mata yang mengering di malam hari ketika lapisan luar mata tidak tetap lembap karena air mata.

Jika sobat mengalami tidur dengan mata terbuka, dokter mungkin akan memberikan obat tetes mata dan salep yang akan mencegah mata kering. Dokter mungkin juga memberikan beban pada kelopak mata bagian atas untuk digunakan saat sobat tidur. Dengan begitu, mata bisa tertutup sepenuhnya.

Lagophthalmos akan sulit didiagnosis sendiri. Bahkan jika orang lain mengamatimu saat tidur. Bukaan kelopak mata yang sangat kecil mungkin tertutup oleh bulu mata dan tidak terdeteksi.

Baca Juga :

shape
shape