shape

Tips Meningkatkan Rasa Bahagia

04 January 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Tips Meningkatkan Rasa Bahagia

Sobat Salam, menjalani hidup yang penuh bahagia pasti banyak diinginkan setiap orang. Bahagia adalah sebuah kondisi atau perasaan yang membawa perasaan senang dan tentram, begitu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sayangnya dalam kehidupan ini rasa bahagia tidak bisa terus selalu ada. Hidup ini berjalan dinamis dengan rasa sedih yang datang bergantian di sela-sela kebahagiaan. Setiap orang memang mempunyai definisi tersendiri dalam memaknai kebahagiaan. Cara sederhana yang menurut kita dapat membawa kebahagiaan, belum tentu dimaknai sama oleh semua orang.

Namun jangan khawatir Sob, meski demikian rasa atau kondisi bahagia sebenarnya bisa kita ciptakan sendiri dengan cara yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sobat coba untuk meningkatkan rasa bahagia.

Cara Sederhana Meningkatkan Kebahagiaan

Rasa bahagia sebenarnya bisa kita ciptakan sendiri, dan kita memiliki kendali untuk menentukan bahagia atau tidaknya diri kita. Apakah Sobat Percaya bahwa kebahagiaan itu bisa Sobat ciptakan sendiri? Yuk ikuti tips meningkatkan rasa bahagia berikut ini :

1. Tertawa

Cara satu ini termasuk ke dalam salah satu tanda bahwa Sobat sedang bahagia. Banyak yang tidak menyadari dari tertawa ini dapat meningkatkan kebahagiaan. Selain tertawa, tersenyum pun punya efek positif untuk mengurangi stress.

2. Bersyukur

Kapan terakhir kali Sobat bersyukur? Banyak yang sering melewatkan bersyukur ini. Terlalu terobsesi mengejar cita-cita terkadang membuat kita lupa terhadao hal-hal yang telah sang pencipta berikan kepada kita. Yang akhirnya membuat kita semakin stress. Padahal jika kita mau berhenti sejenak untuk bersyukur dapat meningkatkan rasa bahagia dan melindungi diri dari stress, kecemasan, depresi dan hal negative lainnya. Selain rasa bahagia, dengan bersyukur pun akan membawa ketenangan dalam diri, sehingga kita bisa lebih bersemangat dan fokus pada hal-hal baik yang terjadi.

3. Melakukan Apa yang Disukai

Dengan melakukan hal yang disukai tentu saja akan membuat diri menjadi bahagia. Cobalah untuk memulai hari dengan melakukan hal-hal positif atau kegiatan yang menyenangkan setiap pagi. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan rasa bahagia untuk menjalani hari.

4. Mencoba Hal Baru

Berkurangnya rasa bahagia bisa jadi disebabkan oleh kebosanan dari rutinitas yang dilakukan secara monoton. Nah dengan mencoba melakukan hal baru maka kebosanan tadi akan teralihkan pada hal baru yang dilakukan. Fokus akan teralihkan pada saat ini yang dapat meningkatkan perasaan bahagia. Misalnya dengan mencoba pergi ke suatu tempat baru untuk menemukan suasana baru.

5. Luangkan waktu untuk bermain

Salah satu penyebab berkurangnya rasa bahagia adalah kesibukan yang membuat penat. Dengan meluangkan waktu sejenak untuk bermain bersama orang-orang yang disayangi ternyata mampu menyegarkan kembali perasaan bahagia dan mengusir penat.

6. Jangan Menyangkal Perasaan

Pernahkan Sobat mendengar istilah pura-pura bahagia? Jadi begini Sob, terkadang dari kesibukan aktivitas sehari-hari yang kita jalani sering memicu emosi-emosi negatif muncul. Namun terkadang demi kelancaran tugas, kita mencoba sekeras mungkin untuk menyangkal emosi-emosi negatif ini, seperti rasa takut, kesal, atau sedih. Hal ini dilakukan agar kita tetap terlihat baik-baik saja, padahal sebenarnya tidak. Nah, kebiasaan ini tidak baik untuk mental lho Sob! Pura-pura bahagia dengan menyangkal perasaan yang sesungguhnya dalam diri sebenarnya akan menguras lebih banyak energi dan kita akan cepat merasa lelah baik fisik maupun mental.

Jadi lebih baik untuk jujur terhadap diri sendiri ya Sob. Cobalah untuk berani menerima emosi atau rasa yang sedang Sobat rasakan, apapun itu. Rasakanlah kehadiran emosi atau rasa yang Sobat rasakan, kemudian carilah cara untuk mengatasinya. Salah satunya Sobat bisa mencoba untuk mengekspresikannya melalui tulisan, mengenai apa yang sedang Sobat rasakan. Karena ada penelitian yang mengatakan bahwa, orang yang biasa menuliskan tentang emosinya cenderung merasa tidak tertekan dan lebih positif menjalani hidup.

7. Nikmati Apa Yang Ada Saat Ini

Kejadian yang kurang mengenakkan di masa lalu atau harapan dan cita-cita yang ingin dicapai di masa depan terkadang membuat kita tidak tenang yang justru berujung pada kekhawatiran yang tidak pasti. Hal ini tentu saja akan membuat kebahagiaan berkurang. Maka dari itu Sob, cobalah untuk lebih menikmati apa yang ada di hadapan kita sekarang. Masa lalu biarlah berlalu, cobalah membentuk pola pikir tentang apa yang ada di masa lalu adalah sebuah pembelajaran yang berharga untuk menjalani masa sekarang dan masa depan yang lebih baik.

Masa depan juga adalah sesuatu hal yang belum pasti, dari pada dicemaskan, lebih baik kita fokus untuk menjalani apa yang ada saat ini dengan baik. Karena apa yang kita kerjakan di masa sekarang akan menentukan juga masa depan kita nantinya.

8. Bepergian ke alam

Pergi ke alam bebas seperti pantai atau gunung dipercaya dapat membantu dalam mengurangi stress dan meningkatkan perasaan bahagia. Dengan kita melihat alam bebas yang terbentang luas, dapat membantu kita untuk menyadari betapa agungnya kebesaran sang pancipta melalui ciptaannya dalam bentuk alam yang sangat indah. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih bersyukur dalam menjalani hidup.

Nah itu dia Sob, beberapa tips untuk meningkatkan rasa bahagia. Cukup sederhana untuk dilakukan bukan? Kebahagian ada kaitannya juga dengan kesehatan mental, dan dengan mental yang sehat juga akan berdampak pada kesehatan fisik. Jadi cara meningkatkan kebahagiaan ini secara tidak langsung sangat bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan fisik.

Baca Juga :

shape
shape