shape

Mengatasi Stres dengan Liburan? Inilah Manfaatnya!

27 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Mengatasi Stres dengan Liburan? Inilah Manfaatnya!

Sobat Salam, rasanya jika sudah lelah dengan rutinitas sehari-hari yang padat dan hanya melakukan hal sama terus pastinya membuat stres. Itulah, indikasi sobat membutuhkan yang namanya liburan. Dan siapa yang menyangka jika liburan adalah pilihan yang tepat untuk membantu sobat menjernihkan pikiran.

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa liburan sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik, karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi menekannya.

Banyak hal positif yang dapat sobat rasakan saat liburan. Lebih jelas lagi simak berikut ini!

1. Meredakan rasa cemas

Kecemasan membuat sobat berpikir dua kali bahkan lebih saat mengambil suatu keputusan. Namun, kecemasan juga tidak boleh berlebihan karena hal itu membuat perasaan tidak tenang. Jika sobat liburan, akan membuat lebih santai dan perasaan akan lebih tenang.

2. Mengurangi stres

Stres merupakan reaksi dari tubuh terhadap ancaman, tekanan, dan perubahan yang akan dihadapi setiap hari. Jika stres terlalu tinggi, akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Cara mengatasi stres yang paling ampuh adalah menghindari pemicunya. Jika pemicunya adalah pekerjaan, tentu sobat harus mengistirahatkan diri sejenak dari aktivitas ini dan segeralah liburan.

Para ahli mencatat bahwa 80 persen pekerja stres pada pekerjaan, dan 70 persen orang akan pergi ke penyedia layanan kesehatan karena kondisi yang berhubungan dengan stres. Penelitian menunjukkan bahwa liburan membantu menjaga kesehatan.

3. Meningkatkan produktivitas

Otak yang pada awalnya seperti kusut, dapat kembali jernih. Semangat pun muncul dan makin meningkat. Inilah yang membuat produktivitas mengalami peningkatan. Jadi, mari berlibur!

4. Meningkatkan stabilitas emosional

Liburan adalah proses menjauh dari hal yang membuat frustasi. Hal itu akan menangkal potensi ledakan emosi yang tidak diperlukan.

5. Membuat kepercayaan diri

Penelitian mencatat bahwa orang-orang kembali dari liburan dengan perasaan yang baru. Mereka merasakan kesegaran dan cenderung bekerja lebih semangat, sehingga dapat menanganinya dengan penuh percaya diri.

6. Meningkatkan suasana hati

Liburan dapat melawan stres. Mengubah pikiran sobat dengan berlibur dapat mengubah suasana hati yang mudah tersinggung, tertekan, atau cemas menjadi lebih tenang dan santai.

7. Melawan infeksi

Telah terbukti bahwa stres yang terus-menerus, atau kronis, dapat membahayakan fungsi tubuh. Bahkan materi genetik dalam sel dapat menjadi terganggu karena terlalu banyak tekanan.

8. Memperkuat hubungan

Para ahli menemukan bahwa waku bersama dalam bentuk liburan membangun ikatan pribadi dan meningkatkan keterhubungan keluarga.

9. Menemukan inspirasi

Menjelajahi daerah baru mungkin merupakan hal yang sobat butuhkan untuk melepaskan diri dari rasa frustasi dan menemukan sesuatu yang berbeda.

10. Meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan tulang

Selain olahraga, meningkatkan aktivitas fisik bisa dilakukan dengan liburan. Selama liburan pasti sobat harus berpindah-pindah lokasi. Nah, hal itu yang membuat sobat jadi lebih sering berjalan. Contoh manfaatnya seperti membangun otot dan membuat tulang jadi lebih kuat, serta meningkatkan keseimbangan tubuh.

11. Menurunkan risiko penyakit jantung

Berdasarkan situs American Heart Association, stres dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi, yang bisa menyebabkan aritmia atau memperburuk kondisi tersebut, dan membuatnya lebih sulit untuk dikelola.

Jadi, itulah manfaat dari liburan. Jika sobat sudah merasakan lelah, bosan apalagi stres, itulah alarm liburan berbunyi. Jangan memaksakan untuk melakukan hal yang sebenarnya membuatmu semakin stres, karena nanti akan meningkat kadarnya menjadi depresi akut. Bahkan akan mengganggu fungsi organ tubuh. Pesannya jangan sakiti diri, karena yang lainnya yaitu organ tubuh juga akan tersakiti.

Mari berlibur!

Baca Juga :

shape
shape