shape

5 Jenis Love Language, Kamu yang Mana Nih?

17 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
5 Jenis Love Language, Kamu yang Mana Nih?

Sobat Salam, kelancaran komunikasi adalah kunci penting dalam membangun relasi dan hubungan dengan seseorang. Namun cara mengekspresikannya berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.

Seperti cara mengungkapkan kasih sayang yang pastinya setiap orang memiliki cara yang berbeda. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kebiasaan di keluarga atau lingkungan tempat tinggal. Maka dari itu tak heran bahwa ada banyak cara untuk memperlihatkan rasa cinta atau yang biasa disebut dengan love language.

Seberapa pentingkah kita untuk mengetahui love language ini? Hal ini tentu saja sangat baik dilakukan agar kita mengetahui Bahasa cinta masing-masing dalam rangka untuk mengenal lebih jauh mengenai orang yang berhubungan dengan kita, seperti pasangan, keluarga dan teman.

Selain itu dengan mengenal bahasa cinta masing-masing dapat meminimalisir kesalah pahaman yang sering memicu pertengkaran bahkan perpecahan. Dengan mengetahui bahasa cinta masing-masing ini, sangat baik agar dapat membantu menjaga hubungan baik agar rasa cinta terus tumbuh.

Apa itu Bahasa Cinta atau Love Language?

Konsep love language atau Bahasa cinta ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman, seorang penulis buku Five Love Language. Menurutnya love language atau Bahasa cinta ini adalah cara seseorang untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain, seperti pasangan, keluarga atau teman.

Jadi sudah tau belum apa love language Sobat? Jika masih belum mari kita cari tahu bersama apa Bahasa cinta kita. Berikut ini ada lima jenis love language yang mungkin Sobat miliki :

1. Words Affirmation (Kata-Kata Penegasan)

Bahasa cinta yang pertama ini adalah Bahasa cinta untuk Sobat yang senang mendengarkan kalimat-kalimat positif, seperti apresiasi atau kalimat yang mengekspresikan kasih sayang. Kalimat positif yang disampaikan secara tulus dengan kebaikan dan penegasan bisa membuat seseorang merasa dicintai. Contohnya seperti, “terima kasih”, atau “saya sangat menghargai pertolongan yang kamu lakukan”.

2. Quality Time (Waktu Berkualitas)

Nah, love language yang satu ini adalah tentang memeberi perhatian penuh pada orang yang Sobat sayangi dengan waktu yang Sobat punya tanpa adanya gangguan. Gangguan ini bisa dari, TV, HP, maupun gangguan dari pekerjaan. Menghabiskan waktu ini adalah tentang kebersamaan, mendengarkan dan berkomunikasi dengan perhatian yang penuh. Contohnya seperti memiliki quality time makan malam bersama, atau sekedar pergi ke suatu tempat sembari minum kopi dan berbincang mengenai banyak hal.

3. Receiving Gift (Menerima Hadiah)

Orang yang memiliki love language seperti ini, akan merasa dicintai dan diperhatikan saat diberikan hadiah. Atau dengan kata lain, orang dengan tipe love language ini memerlukan tindakan atau bukti nyata daripada sekedar kata-kata. Tindakan memberi hadiah dapat memberikan penegasan kepada pasangan atau kerabat bahwa Sobat cukup peduli dan memiliki usaha untuk menyenangkan mereka.

4. Acts of Service (Tindakan Melayani)

Yang satu ini dapat mencakup apa saja yang Sobat lakukan untuk meringankan beban tanggung jawab. Seperti membantu pekerjaan rumah, atau apapun yang dia butuhkan. Jika Sobat bingung mengenai apa yang dibutuhkannya, Sobat bisa menanyakan tentang hal-hal apa saja yang disukainya yang dapat meringankan bebannya.

5. Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Orang-orang yang memiliki jenis love language ini senang dengan semua jenis sentuhan fisik. Seperti berpegangan tangan, pelukan, tepukan punggung atau belaian. Dia akan merasa dihargai, diperhatikan apabila perhatian yang Sobat berikan ditegaskan juga melalui sentuhan fisik ini. Contoh hal nya seperti ketika Sobat ingin menunjukan rasa prihatin pada teman dengan love language seperti ini, selain dengan kata-kata Sobat juga bisa menambahkan tepukan halus dipunggung. Dengan begitu dia akan benar-benar merasakan bahwa Sobat perhatian dan peduli padanya dengan tulus.

Itu dia Sob kelima jenis dari Bahasa cinta/love language. Jadi kamu yang mana nih Sob? Untuk mencari tahu Bahasa cinta apa yang dimiliki oleh orang lain, kita bisa menanyakannya langsung. Atau jika tidak, kita bisa melihat dari perilaku yang sering dia tunjukkan berulang-ulang pada kita. Karena biasanya seseorang akan berperilaku sesuai dengan bagaimana ia ingin diperlakukan.

Baca Juga :

shape
shape