shape

7 Jenis Penyakit yang Rentan Dialami Lansia

06 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
7 Jenis Penyakit yang Rentan Dialami Lansia

Sobat Salam, masalah kesehatan akan banyak bermunculan seiring dengan bertambahnya usia. Proses penuaan akan membuat imunitas tubuh cenderung melemah, hal ini lah yang mengakibatkan berbagai jenis penyakit rentan dialami oleh para lansia.

Berbagai macam penyakit yang kerap kali dialami oleh para lansia ini sebenarnya adalah akumulasi dari kualitas hidupnya secara keseluruhan dari masa muda mereka. Maka dari itu, ketika Sobat merencanakan masa depan jangan lupa juga untuk mulai merencanakan penyesuaian pola hidup yang baik. Agar di masa depan nanti Sobat bisa mencegah berbagai macam penyakit yang rentan dialami ketika sudah berusia lanjut.

Proses penuaan memang tidak dapat dihindari, sehingga kita tidak bisa memprediksi penyakit apa sajakah yang mungkin menyerang kita pada saat berusia lanjut nanti. Berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis penyakit apa sajakah yang rentan dialami oleh lansia. Perlu untuk Sobat memahaminya, agar Sobat bisa lebih waspada dan merencanakan masa depan yang sehat sedari dini ya.

Penyakit yang Berisiko Dialami Lansia

Source : alodokter.com

Menurunya kondisi imunitas tubuh yang dialami lansia adalah disebabkan oleh organ-organ di dalam tubuh yang kinerjanya juga menurun, tidak sebaik dulu saat semasa muda. Namun pola hidup semasa muda pun ternyata mempunyai faktor yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan lansia pada masa sekarang.

Nah, berikut ini beberapa penyakit yang pada umumnya rentan di alami oleh lansia. Di antaranya adalah :

1. Kardiovaskular

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh, jantung akan bekerja terus menerus tanpa henti selama kita hidup. Jika pola hidup yang dijalani kurang baik, maka akan sangat memengaruhi kinerja jantung di masa depan.

Pola hidup yang kurang baik ini akan menyebabkan jantung rentan terserang penyakit arteri coroner, yang melibatkan penyempitan atau pemnyumbatan pembuluh arteri utama. Sehingga pasokan darah ke jantung bisa menjadi terhambat, dan jantung tidak mendapatkan suplai darah dan oksigen yang memadai untuk bekerja.

Kerusakan sistem kerja jantung dapat berkembang dari waktu ke waktu dan dapat menyebabkan serangan jantung yang berakibat fatal.

2. Stroke

Ketika terjadi penyumbatan di salah satu pembuluh darah menuju otak, maka sirkulasi darah merah yang memasok oksigen dan nutrisi pun menjadi terhambat. Kekurangan suplai darah, oksigen dan nutrisi ke otak ini dapat mengakibatkan gangguan yang serius pada kinerja sel-sel otak. Karena sel-sel otak akan mengalami kekurangan oksigen sehingga dapat menyebabkan sel-sel darah mati dengan sangat cepat.

Jenis stroke yang paling umum terjadi adalah stroke iskemik yang disebabkan oleha kurangnya aliran darah ke otak. Selain itu ada juga stroke hemoragik yang disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah dan mengalami pendarahan di dalam otak.

Baca juga Inilah Gejala Stroke yang Harus Diwaspadai!

3. Hipertensi

Seiring bertambahnya usia, maka tekanan darah pun akan cenderung meningkat. Jika tekanan darah ini meningkat secara kronis maka dapat menyebabkan masalah serius bagi beberapa organ tubuh yang mempunyai peran vital. Organ tubuh ini di antaranya adalah jantung, pembuluh darah, ginjal, dan sistem lain dalam tubuh.

4. Kanker

Kanker ini disebabkan karena adanya sel di dalam tubuh yang berkembang secara abnormal. Hal ini bisa disebabkan olah beberapa faktor. Sel kanker cenderung akan berkembang secara aktif pada tubuh lansia. Maka dari itu kanker adalah salah satu jenis penyakit yang perlu diwaspasdai oleh lansia.

5. Radang Sendi

Persendian adalah organ tubuh yang paling banyak digunakan ketika sedang bergerak. Masalah gangguan persendian ini merupakan penyakit yang sering terjadi pada lansia. Peradangan sendi yang dialami oleh lansia mengakibatkan tubuh lansia tidak dapat bergerak aktif lagi.

Maka dari itu lansia dianjurkan melakukan perawatan sendi yang bisa dikonsultasikan dengan dokter mengenai cara perawatannya. Hal ini meliputi aktivitas apa saja yang aman dan mendukung kesehatan lansia.

6. Diabetes

Penyakit satu ini juga menjadi penyakit yang rentan dialami oleh lansia. Maka dari itu penting untuk mengetahui kadar gula darah yang kita miliki. Sehingga kita dapat mengidentifikasi diabetes dan dapat ditangani lebih awal. Umumnya lansia yang mengidap diabetes ini adalah mereka yang terlambat mengendalikan diabetesnya. Karena semakin cepat seseorang mengetahui adanya risiko terkena diabetes, maka semakin cepat pula mendapatkan penanganan pengendalian penyakit diabetes.

Baca juga Apa Aja sih, Gejala Diabetes?

7. Katarak

Penyakit pada mata ini terjadi karena adanya kekeruhan progresif pada lensa mata yang disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah faktor usia, paparan ultraviolet, merokok, hingga diabetes.

Awalnya pengidap katarak ini mungkin tidak merasakan adanya gejala katarak, tapi seiring berjalannya waktu penglihatan bisa menjadi kabur dan jauh berkurang.

Nah itulah beberapa jenis penyakit yang umumnya rentan dialami oleh lansia. Meski penyakit ini rentan pada orang berusia lanjut, namun tidak ada salahnya bagi Sobat Salam yang masih berusia muda untuk menjaga pola hidup sehat sebagai investasi kesehatan kita di masa depan. Sehingga kita bisa lebih mewaspadai dan dapat mencegahnya sejak dini apabila muncul gejala tersebut.

Sobat Salam memiliki orang tua/sanak saudara lansia, namun tidak sempat menemani mereka 24 jam? Layanan Perawatan Lansia Salam Homecare siap menjadi solusi! Perawat kami sudah terlatih, profesional, dan mengutamakan kenyamanan dan keamanan keluarga lansia Sobat! Khusus bulan ini juga ada promo menarik loh, yuk cek promonya dibawah ini sekarang sebelum kehabisan!

shape
shape