shape

Ada Makanan yang Membuat Kentut Bau, Apa Saja?

21 May 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Ada Makanan yang Membuat Kentut Bau, Apa Saja?

Sobat Salam, hal wajar kalau kentut bau, kan? Ada beberapa makanan yang menyebabkan bau kentut makin tidak enak. Apa saja?

Tanpa disadari, manusia mengeluarkan gas sebanyak 20 kali dalam sehari dan sebagian besar kentut itu tidak berbau dan berbunyi.

Kentut atau gas yang keluar dari tubuh kita terbentuk melalui dua cara, yaitu melalui pencernaan makanan atau saat menelan udara. Segala sesuatu yang ditelan dan teguk akan dicerna di usus. Proses ini menciptakan hidrogen, karbondioksida, metana, dan gas lain yang memicu perut kembung.

Makanan yang Membuat Kentut Bau

Ada Makanan yang Membuat Kentut Bau, Apa Saja?

1. Makanan tinggi sulfur

Makanan yang mengandung sulfur bisa membuat perut kembung dan tubuh mengeluarkan gas beraroma tidak sedap. Contohnya, telur, bawang putih, biji-bijian, daging, kacang.

2. Kacang polong

Kacang polong kaya dengan karbohidrat dan gula yang tidak mudah dicerna. Memecah makanan kaya serat ini bisa menyebabkan fermentasi dan penumpukan gas di usus.

3. Alkohol dan pemanis buatan

Alkohol dan pemanis buatan mengandung senyawa yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Hal itu akan membuat senyawa tersebut tetap ada di dalam perut sehingga menghasilkan gas yang berbau tengik.

4. Ubi jalar

Ubi jalar alias ketela mengandung beberapa jenis gula oligosakarida yaitu stakiosa, rafinosa, dan verbaskosa. Beberapa jenis oligosakarida tersebut tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan kita karena tidak adanya enzim galaktosidase. Sehingga, kalau sobat mengonsumsi ubi jalar, maka akan dicerna oleh bakteri pada usus bagian bawah. Akibatnya, senyawa berbau tidak sedap.

5. Brokoli

Brokoli mengandung komposisi gas sulfur yang tinggi serta kandungan zat gula atau rafinosa yang menyebabkan gas kentut yang diproduksi di dalam tubuh menjadi bau.

6. Kembang kol

Zat gula rafinosa yang terdappat pada kembang kol memang jadi makanan untuk bakteri dalam usus besar. Bakteri tersebut dalam usus juga bisa mengeluarkan serta meningkatkan gas yang juga menyumbangkan aroma berbau pada kentut sobat.

7. Makanan yang berbahan dasar susu

Tubuh kadang tidak bisa menerima bakteri laktosa yang terdapat di dalam makanan yang berbahan dasar susu, seperti keju, susu cair, yogurt, dan lainnya. Kalau tubuh tidak bisa mencerna laktosa, kemungkinan zat sulfur di dalam tubuh akan menyebabkan diare, perut kembung, dan kentut sobat jadi bau.

8. Daging sapi

Daging sapi mengandung enzim yang menimbulkan bau busuk pada gas setelah dicerna dari dalam tubuh. Daging sapi juga kaya akan kandungan metionin, semacam sulfur yang terdiri dari asam amino. Saat kandungan zat itu melewati saluran pencernaan, ia akan memproduksi bau kentut yang sangat menyengat. Sehingga, gas yang dikeluarkan pada kentut sobat juga berbau tidak sedap.

9. Bawang

Bawang mengandung zat fruktosa yang tinggi sehingga menghasilkan kotoran pencernaan yang kotor dan berakibat arpma busuk pada bau kentut sobat. Bawang ternyata kaya akan kandungan fruktan yang bisa memicu masalah layaknya perut kembung, irritable bowel syndrome yang berbahaya bagi usus besar, sehingga memicu bau kentut, bau mulut, sampai bau keringat yang tidak sedap.

Baca Juga :

shape
shape