shape

Hepatitis Akut Misterius Disebabkan Oleh Vaksin Covid-19? Ini Faktanya

18 May 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Hepatitis Akut Misterius Disebabkan Oleh Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
beberapa

Sobat Salam, kasus viral terjadi di Indonesia dan beberapa negara Eropa, sampai menjadi perhatian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ya! Penyakit Hepatitis akut. Rumornya penyakit baru ini muncul setelah melakukan vaksin Covid-19. Apakah benar?

Selain gejala yang berat, penyakit yang kerap disebut Hepatitis Akut ini juga merupakan penyakit yang mematikan dan harus disembuhkan dengan transplantasi ginjal.

Penyakit tersebut muncul pertama kali di Inggris, dan sekarang masuk ke Indonesia juga ke negara lainnya.

Menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), tidak ada kaitan antara penyakit hepatitis akut misterius dengan vaksinasi Covid-19. Salah satu penyebab potensial hepatitis itu adalah sekelompok virus yang disebut adenovirus.

Hepatitis Akut Misterius Disebabkan Oleh Vaksin Covid-19? Ini Faktanya
Source : Tempo.co

Pernyataan yang sama sebelumnya disampaikan Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, Hanifah Oswari. Dia berpendapat, belum ada bukti yang menunjukkan langsung hubungan vaksin Covid-19 memicu hepatitis akut. Covid-19 sendiri belum terbukti langsung menjadi penyebab virus ini.

Epidemiolog dari Universitas Griffith, Dicky Budiman juga sudah menanggapi isu mengenai penyakit hepatitis akut dipicu oleh vaksin Covid-19. Menurutnya, pendapat ini tidak didukung fakta ilmiah.

Hanifah juga mengatakan, ada dua virus yang diduga ada dibalik penyakit yang sudah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai Kejadian Luar Biasa ini, yaitu Adenovirus tipe 4, SARS-CoV-2 (Covid-19), Cytomegalovirus (CMW), serta Virus Epstein-Barr (EBV).

Walaupun begitu, etiologinya virus ini masih beelum diketahui kongkritnya termasuk hubungan langsung virus corona membuat munculnya hepatitis akut. Dengan begitu, dia menekankan Covid-19 belum dipastikan menjadi penyebab hepatitis akut, apalagi vaksin Covid-19.

Baca Juga :

shape
shape