shape

Apa Saja Makanan Sumber Alergi? Simak Ini!

06 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Apa Saja Makanan Sumber Alergi? Simak Ini!

Sobat Salam, punya alergi makan sesuatu, ga? Teorinya, tiap makanan emang mengandung protein yang bisa nyebabin alergi. Kandungan dalam makanan yang sering nimbulin alergi disebut allergen.

Alergi adalah sebutan buat kondisi saat seseorang ngalamin reaksi abnormal terhadap sesuatu, bisa berupa makanan, obat, atau suhu dingin.

Perlu diketahui kalo reaksi itu muncul karena sistem kekebalan tubuh salah ngenalin beberapa protein dalam makanan, sebagai zat berbahaya. Trus, tubuh pun ngeluncurin serangkaian tindakan perlindungan, termasuk ngelepasin bahan kimia kayak histamin yang nyebabin peradangan.

Reaksi alergi pun bisa terjadi dalam beberapa menit sampe jam, setelah mengonsumsi makanan pemicu alergi. Reaksinya bisa berupa pembengkakan di mulut dan wajah, sesak napas, tekanan darah rendah, muntah, diare, juga gatal-gatal. Dalam kasus yang lebih parah, alergi makanan juga bisa nyebabin syok anafilaktik, yang berujung fatal.

Jadi, makanan apa aja, sih, yang sering nyebabin alergi? Simak ini!

1. Susu sapi

Alergi susu sapi paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak, terutama saat mereka terpapar protein susu sapi sebelum usianya 6 bulan. Tapi, pada kebanyakan kasus, alergi susu sapi bakal membaik seiring bertambahnya usia dan menguatnya sistem kekebalan tubuh.

2. Telur

Alergi telur juga lebih banyak dialami sama anak-anak ketimbang orang dewasa. Menariknya, alergi telur bisa terjadi pada salah satu bagian telur aja. Hal ini karena protein dalam putih dan kuning telur sedikit berbeda. Tapi, sebagian besar protein yang memicu alergi ada pada putih telur, sehingga alergi terhadap putih telur lebih sering terjadi.

3. Kacang pohon

Alergi kacang ohon adalah alergi yag terjadi karena beberapa jenis jacang dan biji yang berasal dari pohon. Apa aja jenisnya?

  • Kacang brazil
  • Kacang almond
  • Kacang mete
  • Macang macadamia
  • Kacang pistasi
  • Kacang pinus
  • Kacang kenari

4. Kacang tanah

Kayak alergi kacang pohon, alergi kacang tanah juga terbilang cukup umum dan bisa nyebabin reaksi alergi yang parah dan berpotensi fatal. Tapi, kondisi keduanya beda, karena kacang tanah adalah kacang-kacangan.

5. Makanan laut

Alergi terhadap makanan laut biasanya terjadi saat tubuh nyerang protein dari jenis ikan krustasea dan moluska. Beberapa jenis makanan laur yang umum nyebabin alergi adalah udang, lobster, cumi-cumi, dan kerang. Pemicu alergi makanan laut yag paling umum adalah protein yang disebut tropomyosin. Protein lain yang mungki berperan dalam memicu respons imun adalah arginine kinase dan rantai cahaya myosin.

6. Gandum

Alergi ini biasanya terjadi pada anak-anak, dan bakal membaik seiring bertambahnya usia. Kayak alergi lainnya, alergi gandum bisa nyebabin gangguan pencernaan, gatl-gatal, muntah, ruam, bengkak, dan dalam kasus yang parah anafilaksis.

7. Kedelai

Alergi kedelai juga salah satu alergi yang umum terjadi saat masih anak-anak dan bakal hilang saat dewasa.

8. Wijen

Reaksi alergi biji wijen bisa berakibat pada biduran sampe anaphylaxis.

9. Buah-buahan dan sayuran

Ternyata banyak orang yang menderita pollen food syndrome. Ini merupakan reaksi alergi terhadap buah-buahan dan sayuran segar yang bisa terjadi pada orang yang alergi pada serbuk sari atau pollen.

Baca Juga :

shape
shape