shape

Hubungan Sesama Jenis (LGBT), Apakah Berbahaya?

11 May 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Hubungan Sesama Jenis (LGBT), Apakah Berbahaya?

Sobat Salam, berita viral dan kontroversi datang dari aktris tanah air, yaitu Deddy Corbuzier yang juga seorang youtuber. Pasalnya, dalam video podcast di kanal YouTube nya, ia mengundang pasangan gay dan memberi judul video dengan “Tutorial Jadi Gay di Indo”. Video podcast tersebut diunggah pada Sabtu (7/5/2022). Bahkan, anggota Komisi 1 DPR RI Fraksi PPP, Mohammad Iqbal meminta Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk menurunkan (takedown) video Deddy.

Video tersebut sampai bisa seramai itu bahkan ada tagar unsubscribe, karena memang untuk di negara Indonesia sangat dilarang hubungan sejenis apalagi pernikahan sesama jenis. Selain itu, hubungan sesama jenis juga membahayakan kesehatan. Apa saja bahayanya?

Bahaya Kesehatan Hubungan Sesama Jenis

Bahaya Kesehatan Hubungan Sesama Jenis
Source : Klikdokter.com

1. HIV

Pakar kesehatan menjelaskan bahwa risiko pertama dari melakukan hubungan sesama jenis adalah tertular penyakit HIV. Di Indonesia, separuh dari total penderita HIV ternyata adalah mereka yang melakukan hubungan sesama jenis.

Suatu penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiolog mengungkapkan bahwa tingkat risiko penularan HIV lewat seks anal lebih besar 18 persen dari penetrasi vagina.

Hal itu karena jaringan dan lubrikan alamiah pada anus dan vagina sangat berbeda. Kalau organ intim wanita mempunyai banyak lapisan penahan infeksi virus, sedangkan anus hanya mempunyai satu lapisan tipis saja.

2. Sifilis

Menurut data kesehatan di tahun 2013, 11,3 persen penderita sifilis adalah mereka yang melakukan hubungan sesama jenis, naik dari angka 9 persen di tahun 2011. Sifilis bisa menyerang penyuka sesama jenis karena mereka melakukan seks anal.

Perlu diketahui, seks anal bisa memicu luka yang pada akhirnya menjadi pintu masuk bagi berbagai bakteri penyebab penyakit, khususnya terponema pallidum yang merupakan penyebab sifilis.

3. Gonore

Gonore atau kencing nanah juga berisiko menyerang mereka yang menyukai sesama jenis. Kalau dibiarkan, penyakit ini bisa memicu infeksi testis hingga memicu masalah kesuburan.

4. Hepatitis B

Virus Hepatitis B ternyata bisa menular melalui cairan seksual saat seseorang melakukan  hubungan intim sesama jenis. Penyakit ini dapat menular, antara lain melalui darah yang terkontaminasi dan kontak seksual. Seperti virus hepatitis B yang dapat ditemukan pada darah, cairan vagina atau sperma. Sedangkan hepatitis C lebih rentan tertular lewat darah.

Jika seorang ibu yang sedang mengandung menderita hepatitis B atau C, maka kemungkinan anak yang dilahirkan juga akan mengidap hepatitis tersebut.

Masalahnya, untuk hepatitis B cenderung sulit untuk disembuhkan dan kalau dibiarkan, penyakitnya bisa memicu kematian.

5. Gangguan psikiatri dan depresi

Penyuka sesama sejenis kerap mendapat diskriminasi dan dianggap sebagai noda hitam di tengah masyarakat, terutama di Indonesia. Hal itu menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan jiwa mereka.

Kalau sudah tersudutkan dari masyarakat sekitar, bukan tidak mungkin depresi yang menjadi ancamannya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang melakukan bunuh diri karena tekanan sosial.

Jadi, hubungan sesama jenis itu sangat berbahaya. Logikanya, jika itu dilarang, pasti ada alasan dibaliknya, dan ternyata salah satunya ada kaitannya dengan kesehatan tubuh.

Baca Juga :

shape
shape