shape

Benarkah Binahong Dapat Sembuhkan Luka Bakar?

30 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Benarkah Binahong Dapat Sembuhkan Luka Bakar?

Sobat Salam, pasti tidak menyangka bahwa tanaman merambat yang biasa ditemui di alam bebas ini ternyata efektif untuk menyembuhkan luka bakar. Nama daun ini mungkin agak asing di dengar di zaman sekarang. Meski begitu ternyata daun ini telah digunakan sejak lama sebagai obat untuk menyembuhkan luka terbuka seperti luka bakar loh.

Daun binahong telah diteliti juga secara ilmiah mempunyai khasiat yang luar biasa sebagai obat berbagai penyakit dalam dan penyakit luar. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung antioksidan tinggi.

Selain efektif untuk mengobati luka terbuka pada kulit seperti luka bakar, khasiat daun binahong ini pun sering dimanfaatkan untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti gangguan ginjal, hipertensi dan diabetes.

Efektivitas Daun Binahong untuk Luka Bakar

Benarkah Binahong Dapat Sembuhkan Luka Bakar?
Source : yoursay.suara.com

Luka bakar pada kulit dapat menyebabkan kerusakan lapisan kulit hingga kulit melepuh. Bisa terjadi karena paparan dari sinar matahari, api, cipratan minyak panas, ataupun terkena zat kimia berbahaya.

Penggunaan daun binahong ini sudah dilakukan sejak dahulu untuk menyembuhkan luka terbuka seperti luka bakar. Ternyata daun yang permukaannya cukup lebar ini mengandung flavonoid, tannin, alkaloid, dan steroid. Selain itu kandungan lain dari binahong ini adalah senyawa saponin yang berfungsi sebagai antiseptik.

Tahu gak Sob, bahwa senyawa saponin ini bisa merangsang pembentukan kolagen lho! Yang seperti diketahui bahwa kolagen ini sangat penting dalam meregenerasi kulit baru. Jika tubuh dapat memproduksi kolagen dengan baik, maka luka bakar atau luka goresan di kulit lainnya akan cepat sembuh.

Cara Menggunakan Daun Binahong Pada Luka

Benarkah Binahong Dapat Sembuhkan Luka Bakar?
Source : kompasiana.com

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, orang-orang banyak yang memanfaatkan khasiat daun binahong ini dengan cara mengekstraknya dan dibuat dalam bentuk salep. Salep tersebut kemudian bisa dioleskan langsung pada luka terbuka. Cara ini hanya untuk pemakaian luar saja ya Sob!

Namun pada sebagian orang yang ingin merasakan khasiat dari daun binahong ini untuk penyakit dalam, biasanya mereka akan merebus beberapa lembar daun binahong dan di minum air rebusannya.

Jika Sobat mengalami luka bakar, luka tergores, dan luka terbuka lainnya beberapa pakar kesehatan menganjurkan untuk menumbuk daun binahong ini sampai halus sebelum dioleskan pada luka. Hal ini dinilai lebih efektif untuk mendapatkan khasiat dari daun binahong secara optimal. Sehingga kandungan senyawa aktif dalam daun binahong tetap utuh.

Berikut tahapan pemakaian daun binahong untuk luka terbuka :

  1. Cuci bersih tangan kita sebelum melakukan perawatan
  2. Ambil beberapa lembar daun binahong, kemudian cuci bersih agar terhindar dari kontaminasi bakteri dan kotoran
  3. Bersihkan luka dari kotoran dan partikel yang tersisa pada permukaan luka
  4. Tumbuk daun binahong sampai halus
  5. Lapisi daun binahong yang telah halus itu dengan kassa steril
  6. Letakan kassa berisi daun binahong tersebut di atas luka

Dengan catatan, Sobat perlu memperhatikan derajat luka yang dialami. Penggunaan daun binahong untuk luka biasanya dianjurkan dokter hanya untuk luka ringan atau luka bakar derajat satu.

Luka bakar derajat satu hanya mempengaruhi bagian epidermis kulit terluar saja, dengan gejala kulit memerah gelap dan terasa perih. Jadi masih bisa ditangani secara alami menggunakan daun binahong.

Jika luka yang dialami cukup parah dan lebih dalam, atau derajat luka bakarnya lebih serius. Baiknya Sobat segera mendapatkan penanganan medis ya. Dan jika membutuhkan perawatan dokter dan perawat khusus untuk menangani luka Ssobat, tapi tidak memungkinkan pergi ke klinik? ya Layanan Perawatan Luka Salam Homecare solusinya! Kami siap melayani 24/7 langsung ke rumah Sobat area Bandung dan sekitarnya. Khusus bulan ini juga ada promo menarik loh, yuk klik promonya dibawah ini!

shape
shape