shape

Cara Alami Hilangkan Lingkar Mata Hitam

05 January 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Cara Alami Hilangkan Lingkar Mata Hitam

Sobat Salam, penampakan lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda pada kantung mata memang kerap mengganggu penampilan. Karena dapat membuat wajah tampak kusam dan tak segar.

Seiring bertambahnya usia, jaringan di sekitar mata secara bertahap melemah dan kendur. Hilangnya warna kulit ini memungkinkan lemak bergeser ke depan ke kelopak mata bawah, membuatnya terlihat bengkak.

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mata panda, yaitu kurang tidur, merokok, alergi, atau genetik keluarga.

Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan dan tidak memerlukan perhatian medis, karena tidak berbahaya untuk kesehatan. Bahkan mata panda ini dapat dipudarkan oleh beberapa cara alami loh.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Berikut ini bahan-bahan alami dan medis berikut ini sebagai cara menghilangkan mata panda, di antaranya :

1. Memakai Masker Mentimun

Cara satu ini terbilang efektif untuk membantu menyamarkan mata panda. Karena mentimun memiliki sifat astringent yang berguna untuk melancarkan peredaran darah pada lapisan permukaan kulit.

Caranya mudah, ambil dua irisan mentimun yang telah disimpan di lemari pendingin sebelumnya dan cukup taruh di bawah mata selama 20 menit. Lakukan secara rutin, 2 kali sehari, untuk hasil yang maksimal.

2. Gunakan Irisan Kentang

Kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang ampuh untuk mencegah penuaan dini kerutan, hingga mengurangi tampilan mata panda. Kandungan tersebut juga mampu membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru.

Cara menghilangkan lingkatan hitam di mata menggunakan kentang terbilang praktis. Cukup iris kentang lalu letakkan pada area bawah mata selama 15 menit. Sobat juga bisa menghaluskan campuran kentang dan mentimun untuk dijadikan masker.

3. Manfaatkan Buah Bengkuang

Ternyata bengkuang juga memiliki manfaat baik untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan mata panda. Sebab, bengkuang mengandung vitamin C dan vitamin B1 yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami. Parut bengkuang secukupnya hingga benar-benar halus. Setelahnya, oleskan pada area mata panda dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

4. Pakai Minyak Zaitun

Cara menghilangkan lingkaran hitam di mata selanjutnya adalah dengan tetesan minyak zaitun yang memiliki kandungan vitamin E.

Taruh sedikit air dalam mangkuk, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan aduk hingga merata. Basahkan cotton pad dengan campuran tersebut, lalu tempelkan pada area mata selama 25 menit. Tekan-tekan perlahan agar semakin meresap.

5. Menggunakan Putih Telur

Telur dikenal sebagai sumber protein hewani yang cukup tinggi, sehingga mampu mengencangkan kulit secara alami.

Pilih bagian putih telurnya saja, lalu kocok terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada area mata panda dan diamkan selama 20 hingga 25 menit. Bilas dengan air bersih setelahnya, ya!

6. Kantong Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Kondisi ini juga dapat melindungi dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Untuk melakukan cara ini, jangan buang kantong teh setelah menyeduhnya. Kemudian, taruh kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit. Lalu, peras kelebihan cairannya dan oleskan ke area bawah mata. Biarkan kantong teh di area mata selama 15 hingga 30 menit.

7. Memakai Air Mawar

Seperti mentimun, air mawar memiliki kandungan astringent yang lembut, sehingga dapat berfungsi sebagai toner kulit. Ini pun telah lama digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda dan lingkaran di sekitar mata.

Cukup rendam kapas dalam air mawar selama beberapa menit, lalu letakkan di kelopak mata. Biarkan selama sekitar 15 menit selama 2 kali sehari.

8. Menggunakan Buah Tomat

Redakan kantung mata yang parah ini dengan memakai irisan tomat. Tomat mengandung likopen tinggi, zat yang sangat baik untuk kesehatan jantung, penglihatan, dan kulit. Likopen dapat membantu membuat kulit lebih lembut dan kenyal, serta mengurangi tampilan lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda.

9. Memanfaatkan Minyak Kelapa

Kandungan antiradang alami dan lembut yang kuat, mampu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Minyak kelapa juga melembabkan serta mencegah keriput dan garis-garis halus di bawah mata. Gunakan minyak kelapa seperti minyak vitamin E dengan menggosokkan ke area bawah mata, biarkan semalaman, lalu bilas di pagi hari.

10. Gunakan Perasan Kunyit

Sebagai antioksidan alami dan antiradang yang kuat, kunyit dapat menjadi salah satu cara penghilang mata panda. Campur bubuk kunyit dengan ekstrak nanas untuk membuat pasta sedikit kental. Oleskan campuran ini ke lingkaran bawah mata dan biarkan selama sekitar 10 menit. Bersihkan menggunakan kain lembut, hangat dan lembab untuk menghilangkan pasta. Latih rutinitas ini sekali sehari.

11. Kompres Air Dingin

Untuk menghilangkan mata panda bisa lakukan kompres mata dan area sekitarnya dengan kompres dingin. Kompres dingin bisa membantu mengecilkan pembuluh darah sekaligus mengurangi pembengkakan. Namun, jangan langsung menempelkan es batu ke mata. Bungkus dulu es batu dengan kain atau handuk lembut dan tempelkan ke area mata.

12. Oleskan Minyak Almond

Cobalah redakan mata kantung yang parah dengan menggunakan minyak almond. Di pagi hari, bilas minyak almond dengan air dingin hingga bersih. Ulangi cara ini setiap malam sampai mata panda berkurang atau hilang.

17. Masker Ampas Kopi

Kopi dengan kandungan kafein yang cukup tinggi bisa dicampur dengan minyak zaitun yang mengandung antioksidan. Ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di bawah mata dan penghilang mata panda sekaligus.

Setelah meminum kopi, pisahkan ampas kopi dan masukkan ke dalam lemari es. Setelah dingin dapat langsung dioleskan ke area di bawah mata dan diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas.

Itulah tadi beragam cara menghilangkan mata panda yang bisa dicoba. Jadi, tertarik cara yang mana nih, Sob?

Baca Juga :

shape
shape