shape

Inilah Pengobatan Kanker Otak, Penting Diketahui

16 May 2024

Posted by : Fathan

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Inilah Pengobatan Kanker Otak, Penting Diketahui

Ada beberapa tindakan pengobatan kanker otak yang bisa Anda ambil untuk meringankan bahkan menyembuhkannya. Lantas apa sajakah itu, langsung simak yuk pemaparannya dalam artikel ini!

Sekilas Mengenai Kanker Otak

Kanker otak adalah salah satu penyakit yang harus kita semua waspadai. Sebab tingkat fatalitas dari penyakit ini relatif sangat besar. Bahkan nyawa langsung menjadi taruhannya.

Kanker otak adalah kondisi di mana sel-sel abnormal dan ganas tumbuh di dalam otak. Kanker otak dapat berasal dari otak itu sendiri atau menyebar dari organ lain ke otak.   

Otak berperan dalam mengendalikan berbagai fungsi tubuh, seperti pergerakan, metabolisme, pernapasan, suhu tubuh, serta ingatan dan pikiran. Kanker ini dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar ke jaringan lain di otak atau sistem saraf pusat lainnya, termasuk sumsum tulang belakang.

Nah Anda bisa memperoleh penjelasan selengkapnya seputar kanker otak di dalam artikel Salam-Homecare berikut ini, Apa Itu Kanker Otak: Penyebab, Gejala, Serta Pengobatannya. 

Pengobatan Kanker Otak

Kendati menjadi salah satu penyakit yang mematikan, akan tetapi ada jalan pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kanker otak. Lantas apa sajakah metode pengobatan yang bisa dilakukan? Berikut ini adalah pembahasan selengkapnya.

1. Kemoterapi

Pengobatan yang pertama adalah kemoterapi. Pengobatan ini melibatkan obat-obatan untuk membunuh sel kanker atau menghentikan pertumbuhannya. 

Ini dapat diberikan secara oral atau melalui infus dan sering kali memiliki efek samping seperti mual, kerontokan rambut, dan penurunan berat badan. 

2. Radioterapi

Kemudian pengobatan yang kedua adalah radioterapi. Menggunakan radiasi untuk merusak atau membunuh sel kanker. Langkah pengobatan ini melibatkan paparan radiasi gelombang energi tinggi seperti, sinar-X, gama, proton, dan elektron untuk membunuh sel kanker.

Ini dapat dilakukan dari luar tubuh (terapi radiasi eksternal) atau dengan menyuntikkan bahan radioaktif ke dalam tubuh (terapi radiasi internal). 

3. Operasi

Kemudian tindakan pengobatan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah operasi. Prosedur pembedahan untuk mengangkat tumor atau bagian-bagian jaringan yang terinfeksi kanker. Ini seringkali menjadi pilihan untuk menghilangkan tumor yang dapat diakses secara fisik.

Akan tetapi jika tumor berada di area sensitif atau tidak dapat diakses maka tindakan operasi tidak dapat dilakukan.

4. Imunoterapi

Selanjutnya pengobatan kanker otak juga dapat dilakukan dengan metode imunoterapi. Metode menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Ini melibatkan penggunaan obat-obatan untuk merangsang atau memperkuat respons kekebalan tubuh terhadap kanker.

5. Transplantasi Sumsum Tulang

Transplantasi sumsum tulang juga bisa menjadi alternatif untuk pengobatan kanker otak. Pengobatan ini melibatkan penggantian sumsum tulang yang rusak dengan sumsum tulang sehat untuk memerangi kanker atau efek samping dari pengobatan kanker.

6. Terapi Target

Pengobatan kanker otak yang selanjutnya adalah terapi target.  Menggunakan obat-obatan yang dirancang untuk menargetkan spesifik perubahan genetik dalam sel kanker, memperlambat atau menghentikan pertumbuhan mereka.

Obat Kanker/Tumor Otak

Selain metode pengobatan yang bisa dilakukan di atas, terdapat beberapa obat kanker atau tumor otak yang bisa digunakan dalam pengobatan medis. Sebagai informasi untuk Anda, berikut ini adalah penjabaran selengkapnya.

1. Kortikosteroid

Obat yang pertama adalah Kortikosteroid. Obat yang satu ini meredakan pembengkakan di sekitar tumor otak, mengurangi tekanan pada jaringan otak, dan mengurangi gejala seperti pembengkakan dan nyeri. 

2. Antikonvulsan

Obat yang kedua adalah antikonvulsan. Obat ini digunakan untuk mengendalikan kejang yang mungkin terjadi sebagai akibat dari tumor otak. Perlu Anda ketahui  bahwasannya penderita tumor otak dapat mengalami kejang-kejang.

3. Bevacizumab

Obat Bevacizumab juga dapat digunakan sebagai obat dalam menangani penyakit tumor otak. Obat ini merupakan sejenis obat yang berfungsi untuk mengganggu pembentukan pembuluh darah baru di sekitar tumor otak, memperlambat pertumbuhannya.

4. Temozolomide, Lomustine

Temozolomide dan Lomustine merupakan dua obat yang juga digunakan dalam pengobatan kanker otak. Obat-obat ini berfungsi sangat penting dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. 

Obat ini juga direkomendasikan untuk mengobati beberapa jenis penyakit tumor otak.

5. Everolimus

Obat Everolimus saat ini telah disetujui sebagai obat tumor otak berjenis langka yakni  subependymal giant cell astrocytoma (SEGA). Tumor otak langka ini dikaitkan dengan tuberous sclerosis (TS).

Nah itulah informasi seputar pengobatan kanker dan tumor otak yang penting untuk Anda ketahui. Nantikan informasi seputar kesehatan lainnya dari Salam-Homecare.

shape
shape