shape

Kabar terkini! 1,1 Juta Vaksin Pfizer dari AS tiba di Indonesia

20 September 2021

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Kabar terkini! 1,1 Juta Vaksin Pfizer  dari AS tiba di Indonesia

Sumber : metro.sindonews.com

Sobat Salam, pada Minggu, 19 September 2021, Indonesia kembali kedatangan vaksin Pfizer tahap ketiga. Vaksin ini adalah donasi dari pemerinah Amerika Serikat melalui COVAX Facility. Indonesia mendapat sebanyak 1.140.750 dosis vaksin Pfizer. Sebelumnya 877.500 dosis pada 16 September dan 1.755.000 dosis pada 17 September 2021. Maka, total yang telah telah tiba di Indonesia mencapai 257.350.400 dosis yang terdiri dari vaksin Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Janssen.

Sobat, kita tarik dulu ke dalam definisi dari vaksin Pfizer. Vaksin Pfizer atau BNT162b2 adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. Vaksin Pfizer merupakan hasil kerjasama perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech dengan perusahaan farmasi asal Amerika, Pfizer. Lalu mulai dikembangkan sejak tahun 2020.

Jenis vaksin ini akan memicu sistem kekebalan tubuh membentuk spike protein, yang nantinya akan membantu tubuh membentuk antibodi yang dapat melawan virus Corona. Vaksin Pfizer dilaporkan terbukti aman dan efektif menangkal penularan hingga lebih dari 90%.

Pengumuman keefektifan vaksin ini berdasarkan analisis sementara yang dilakukan terhadap 94 peserta uji yang terkonfirmasi positif COVID-19 setelah mendapatkan dua kali penyuntikan vaksin Pfizer. Dari 94 peserta ini dilakukan pengecekan berapa banyak diantaranya yang menerima vaksin asli dan yang menerima plasebo.

Untuk memastikan tingkat kemanjurannya, akan dilanjutkan dengan uji coba hingga ada 164 peserta uji yang tertular COVID-19.

Baca Juga Sudah Siap Divaksinasi dengan Pfizer? Simak Info Terbaru Ini Dulu

Sekian bahasan tentang vaksin Pfzer, sobat. Kembali ke topik. Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate menjelaskan bahwa kedatangan vaksin Pfizer termasuk pengiriman ketiga, bagian dari 4.644.900 dosis tambahan melalui dose-sharing mechanism.

 “Jika dijumlahkan keseluruhan dengan vaksin Moderna yang sudah tiba di Indonesia sebanyak 8.000.160, maka dukungan dose-sharing Pemerintah AS akan berjumlah 12.645.060 dosis.” Kata Johnny.

Rencana berikutnya untuk tahap keempat, sebanyak 871.650 pada 23 September mendatang.

Secara keseluruhan, Kementerian Kesehatan per Kamis (17/9) pukul 18.00 WIB mencatat sebanyak 76.583.981 orang telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona. Lalu ada 43.744.152 orang yang rampung menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19 di Indonesia.

Jadi, target vaksinasi pemerintah dari total 208.265.720 orang baru menyentuh 36,77% dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 21%.

Bahasan berlanjut tentang kerjasama internasional, baik bilateral maupun multilateral sangat berperan besar dalam upaya penanganan Covid-19. Indonesia pun termasuk yang turut aktif dalam upaya penyetaraan akses vaksin di dunia.

“Kerjasama antar negara sangat dibutuhkan dalam upaya mencegah muncul, berkembang, dan menyebarnya varian baru.” Ujarnya.

Penegasan dari Jhonny dengan mengungkapkan bahwa sejak awal pemerintah telah membangun dan menjalin diplomasi dengan banyak negara, yang salah satunya berwujud bantuan vaksin untuk kepentingan program vaksinasi nasional.

Dengan upaya tersebut, ketersediaan stok vaksin akan aman, sehingga memperlancar upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi.

Ajakan pada masyarakat untuk segera di vaksin dengan tidak memilih vaksin mana yang di inginkan, karena semua vaksin mempunyai khasiat.

“Pemerintah juga tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Apalagi mengingat kemungkinan masuknya varian baru virus Covid-19,” tutupnya.

Baca Juga  Makanan yang Dapat mengurangi Efek Samping Vaksin Covid-19. Simak, Ya!

Nah, dengan banyaknya vaksin yang tiba di negara kita, berarti negara sangat ingin melindungi kita dari kemungkinan munculnya varian lainnya. Dari Sabang sampai Merauke sepertinya belum semua terjaman, terkhusus bagian pelosok.

Sumber : suara.com || news.detik.com || kontan.co.id || m.merdeka.com || cnnindonesia.com || alodokter.com || hellosehat.com

shape
shape