shape

Makanan yang Dapat mengurangi Efek Samping Vaksin Covid-19. Simak, Ya!

20 September 2021

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Makanan yang Dapat menguragi Efek Samping Vaksin Covid-19. Simak, Ya!

Sumber : Liputan6.com

Sobat Salam, informasi negatif atau hoax seputar vaksinasi masih beredar di  media sosial yang dampaknya membuat masyarakat takut. Informasi yang tersebar tentang bahaya setelah vaksi yang mengakibatkan hal fatal atau bahkan kematian.

Dengan beredarnya informasi tersebut, tidak membuat pemerintah menghentikan program vaksinasi. Pemerintah terus berupaya memberikan vaksin COVID-19 untuk masyarakat guna mencapai target herd immunity.

Misalnya sobat mengalami efek samping, jawabannya karena tubuh beradaptasi dengan kandungan dalam vaksin. Beberapa gejalanya seperti nyeri di area suntik, sakit kepala, tubuh terasa pegal, dll. Hal itu akan hilang dalam waktu yang singkat. Memang benar tentang adanya efek samping setelah vaksin, namun itu merupakan hal normal sama seperti melakukan vaksin lainnya dan tidak membahayakan, juga dapat dicegah atau ditanggulangi.

Baca Juga Apa Efek Samping setelah Saya Divaksin?

Melansir dari Eating Well, untuk mengurangi efek samping setalah vaksin harus mengosumsi makanan bergizi tinggi dan mengosumsi vitamin C. Meskipun belum ada penelitian komrehensif tentang kaitan makanan dengan efektivitas vaksin, para ahli menyarankan hal tersebut.

Hal itu pun dibenarkan oleh Dr. Sara Elise Wijono, Mres. “Meski efeknya tidak langsung mengarah ke vaksin (membantu meningkatkan ataupun mengurangi efektivitas), kita memang mengusahakan agar tubuh tetap sehat. Ketika tubuh sehat dan imunitas baik karena asupan nutrisi, kinerja vaksin pun semakin efektif,” jelasnya.

“Gizi seimbang itu bisa dari pola makan sehari-hari, misalnya karbohidrat, protein, lemak baik, serta vitamin dan mineral. Kebutuhan cairan atau hidrasi juga perlu dipenuhi,” sarannya.

Nah, sobat, pasti nungguin info makana apa saja yang bisa dikonsumsi setelah vaksinasi, kan? Simak berikut ini :

   1.   Air Kelapa

Mengosumsi air kelapa setelah vaksinasi adalah cara yang tepat dan baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan hal itu termasuk saran dari dokter, karena akan membantu mengendalikan tekanan darah. Apalagi air kelapa mengandung nutrisi seperti Vitamin C, fosfor, kalsium, magnesium dan kalium. Juga membantu membuang racun berbahaya dari dalam tubuh.

   2.   Buah Jeruk

Kandungan dalam buah jeruk memiliki manfaat memperbaiki kekebalan tubuh. Bersama mineral, senyawa sistetis tanaman, dan serat pada buah jeruk bisa memberikan tenaga yang baik untuk mengontrol kekebalan tubuh.

   3.   Kunyit

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kunyit memiliki khasiat berlimpah. Kunyit diketahui memiliki kandungan kurkumin yang merupakan senyawa kimia alami bersifat penyembuhan, tinggi antioksidan, membantu mengendurkan otot yang sakit dan menyembuhkan luka.

   4.   Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini juga kaya manfaat yang baik bagi tubuh sobat. Bahkan bawang putih juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Khasiatnya telah dipercaya memurnikan darah dan bsa menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

   5.   Sayuran Hijau

Jenis sayuran hijau sabgat baik untuk kekebalan tubuh. Pasalnya, sayuran tinggi serat mengandung anti-oksidan.

Belum selesai disitu, sayuran nuga memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, folat, vitamin K, magnesium, dll. Sayuran seperti bayam, kangkung dan brokoli juga memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi.

   6.   Kacang-Kacangan

Kacang merupakan sumber vitamin dan mineral untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, serta memelihara kesehatan jantung dengan lebih baik.

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition (2016) melaporkan, orang yang mengosumsi kacang secukupnya secara rutin cenderung jarang mengalami inflamasi (peradangan).

Kacang sehat yang direkomendasikan yaitu almond, kenari, pecan, mete, dan pistachio.

   7.   Ikan Berlemak Sehat

Ikan berlemak seperti Salmon dan tuna kaya omega-3, yakni lemak menyehatkan jantung dan mengurangi peradangan tubuh. Nutrisi tersebut akan menurunkan tekanan darah dan penyumbatan arteri. Serta membantu mengelola penyakit autoimun, misalnya lupus dan rheumatoid arthritis.

   8.   Sup Ayam

Hidangan ini menyediakan protein tinggi yang embantu memperkuat antibodi dan emnjaga sistem kekebalan tubuh.

Bahan pelengkapnya seperti wortel, bawang, dan seledri membantu memasok mineral yang membantu memasok mineral (kalium & zat besi), serta sumber betakaroten yang bertindak sebagai anti-oksidan.

   9.   Air Putih

Air memastikan tubuh dapat melawan sel-sel asing dan penyakit. Pasalnya, ketika seseorang sakit, tanpa sadar tubuhnya kehilangan banyak cairan. Maka, air merupakan rekomendasi karena air menambah oksigen ke darah, sehingga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.

   10. Tiram

Tiram yang kaya akan zinc , merupakan mineral penghilang patogen dari tubuh dan meningkatkan produksi protein untuk melawan infeksi virus.

Baca Juga Arti Makanan Bergizi Relatif ke Setiap Orang

Sumber : kontan.co.id || arahkata.com || m.klikdokter.com

shape
shape