shape

Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk!

12 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk!

Sobat Salam, pastinya udah ga asing dengan istilah angin duduk. Trus, apa itu angin duduk?

Pengertian Angin Duduk

Angin duduk atau angina adalah suatu penyakit yang ditandai dengan nyeri dada akibat otot jantung kurang dapetin pasokan oksigen dari aliran darah. Pasokan darah ke otot jantung terganggu karena adanya penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah. Angin duduk bisa terjadi secara tiba-tiba.

Saat pembuluh darah ini ngalamin penyempitan, suplay oksigen buat otot jantung bakal keganggu sehingga jantung ga bisa memompa darah dengan maksimal. Kondisi ini juga dikenal dengan penyakit jantung koroner.

Faktor Risiko dan Gejala Angin Duduk

Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk!

Ada beragam faktor risiko yang bisa nyebabin seseorang rentan terhadap angin duduk, antara lain :

  • Kolesterol tinggi
  • Diabetes atau kencing manis
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Stres
  • Obesitas
  • Ngerokok
  • Riwayat kena penyakit jantung sebelumnya
  • Riwayat keluarga ngalamin penyakit jantung
  • Kurang olahraga
  • Usia di atas 45 tahun buat pria dan di atas 55 tahun buat wanita

Nyeri dada akibat angin duduk berupa nyeri kayak ditindih atau ditekan benda berat. Nyeri yang timbul akibat angin duduk bisa nyebar ke bagian tubuh lain, kayak leher, lengan, bahu, punggung, rahang, dan gigi. Pada wanita, terkadang nyeri dada bisa kerasa kayak ditusuk benda tajam.

Ada juga beberapa gejala lain yang bisa menyertai nyeri dada pada angin duduk atau angina, yaitu :

  • Keringat dingin
  • Mual
  • Pusing
  • Lemas
  • Sesak napas

Gejala angin duduk lebih sering timbul saat beraktivitas, dan mereda atau hilang kalo penderitanya beristirahat atau minum obat. Angin duduk jenis ini disebut angin duduk stabil.

Pada kasus tertentu, angin duduk ga bisa ilang walaupun saat seseorang lagi istirahat. Angin duduk jenis ini disebut dengan angin duduk ga stabil.

Cara Pemeriksaan Penyebab Angin Duduk

Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk!

Source from mhomecare.co.id

Untuk tau penyebab munculnya angin duduk, dokter juga bakal ngelakuin pemeriksaan :

1. Elektrokardiografi (EKG)

EKG bertujuan buat ngamatin irama aliran listrik jantung, yang bisa bermasalah saat penderita ngalamin penyakit jantung koroner. Tes ini bisa dilakuin pasien saat ga beraktivitas atau sambil ngelakuin aktivitas fisik, biasanya berjalan di atas treadmill atau mengayuh sepeda statis.

2. Ekokardiografi

Tes ini tujuannya buat ngamatin struktur jantung, ngegunain gelombang suara. Ekokardiografi bisa memperlihatkan adanya kelainan pada struktur jantung, misalnya kerusakan otot jantung.

3. Kateterisasi jantung

Kateterisasi jantung dilakuin buat ngeliat pembuluh darah koroner jantung, ngegunain sinar Rontgen yang dibantu oleh zat pewarna yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah.

4. CT Scan

CT scan bisa memperlihatkan gambaran struktur dan kelainan pada jantung.

Kalo penderita ngalamin angin duduk ga stabil, dokter bakal meneliti keberadaan enzim jantung di dalam darah sebagai tanda terjadinya kerusakan pada organ jantung akibat serangan jantung.

Angin duduk paling sering disebabin oleh penyakit jantung koroner, sehingga dokter bakal ngasih resep obat-obatan buat penyakit jantung koroner, antara lain :

5. Obat nitrat

Obat ini fungsinya melemaskan pembuluh darah yang kaku biar darah bisa ngalir dengan lancar menuju otot jantung. Salah satu contoh obat jenis ini adalah nitrogliserin.

6. Obat pengencer darah

Obat ini fungsinya buat cegah sel darah menggumpal. Beberapa contoh obat dari golongan ini adalah aspirinclopidogrel, dan ticagrelor.

7. Obat antagonis kalsium

Obat antagonis kalsium bisa ngelancarin aliran darah jantung dan cegah angin duduk. Obat ini juga mampu melemaskan sel-sel otot di dalam dinding pembuluh darah. Beberapa contoh obat dari golongan ini adalah amlodipine dan diltiazem.

8. Obat ACE inhibitor

Obat ACE inhibitor fungsinya buat ngelebarin pembuluh darah dan nurunin tekanan darah.

9. Statin

Obat ini bakal nurunin kolesterol di dalam darah, sehingga kerusakan pembuluh darah bisa dicegah.

Baca Juga :

shape
shape