shape

Kenapa Gigitan Nyamuk di Kulit Jadi Gatal?

09 February 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, siapa yang kesal kalau diganggu sama nyamuk? Apalagi kalau jadinya muncul bentol yang sangat gatal. Hal ini lumrah, khususnya bagi orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Faktanya, nyamuk tidak menggigit, tapi menggunakan mulutnya yang berbentuk seperti jarum untuk menusuk kulit mangsa dan menghisap darahnya. Dalam 5 persen kulit manusia terdapat pembuluh darah. Hal inilah yang membuat nyamuk hinggap di tubuh sobat. 

Moncong nyamuk yang terlihat seperti jarum tipis disebut dengan proboscis. Bagian tubuh ini juga termasuk alat penghisap dan penggergaji, yang dibungkus dalam tabung labium.

Saat menghisap darah, air liur yang dimiliki memegang peran penting. Air liur ini dapat membantu nyamuk mencium darah lebih cepat karena mengandung koktail antikoagulan.

Nyamuk yang penuh oleh darah akan terbang menjauh dan meninggalkan sebagian air liur di tempatnya menghisap.

Proses itu memicu tubuh menghasilkan berbagai antibodi guna mengikat antigen dalam air liur nyamuk. Di saat yang sama, air lir nyamuk yang sedang dinetralkan akan melepaskan zat histamin.

Histamin meningkatkan aliran darah dan jumlah sel darah putih di sekitar area hisapan yang menyebabkan peradangan atau pembengkakan. Alih-alih menghilangkan rasa gatal, menggaruk area yang sudah meradang justru meningkatkan peradangan.

Ada efek yang ditimbulkan yaitu suatu reaksi alergi yang ringan dengan tanda-tanda sebagai berikut :

  • Benjolan putih atau kemerahan yang muncul beberapa menit setelah gigitan
  • Benjolan keras, gatal, dan berwarna cokelat kemerahan yang muncul sekitar satu hari setelah tergigi nyamuk
  • Lepuhan kecil dan bintik gela pada kulit

Cara Mengobati Gatal Gigitan Nyamuk

Kenapa Gigitan Nyamuk di Kulit Jadi Gatal?

Lalu apa solusinya? Ada beberapa cara yang mudah dan efektif untuk mengobati bentol dan gatalnya, yaitu :

  • Menempelkan selotip putih ke bekas hisapan dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, lepaskan selotip dengan lembut. Hal ini dapat membantu menghilangkan air liur nyamuk, mempercepat waktu pemulihan, dan mengurangi rasa gatal.
  • Olehkan salep antigatal ke tempat yang gatal. Dengan kandungan mencegah peradangan dari salep itu, rasa gatal dan risiko pembengkakan dapat ditekan.
  • Buatlah pasta dari baking soda, air, dan papain, lalu oleskan ke bentolan itu. Papain memecah protein dalam air liur nyamuk dan membantu mengurangi reaksi tubuh terhadap zat di dalam liur itu.

Baca Juga :

shape
shape