shape

Makanan yang Baik Dikonsumsi Pengidap Asma

16 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Makanan yang Baik Dikonsumsi Pengidap Asma

Sobat Salam, penyakit asma bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari genetik hingga pola hidup yang kurang sehat. Umumnya asma muncul dengan sesak nafas, batuk, hingga membuat pengidapnya lemas.

Selain menggunakan pengobatan dari luar, namun pengidap asma juga perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Karena beberapa kandungan makanan ada yang dapat memicu kondisi asma semakin parah.

Maka dari itu pengidap asma juga penting mengetahui jenis makanan apa saja yang aman serta dapat memberikan efek yang baik bagi kondisi asma yang dideritanya.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Pengidap Asma

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap asma, di antaranya :

1. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan antioksidan tertinggi, sehingga sangat bagus bagi kesehatan. Selain itu, Alpukat juga memiliki kandungan glutathione yang mampu menangkal radikal bebas seperti histamine yang bisa mengiritasi paru-paru.

2. Chia Seed

Chia seed tergolong sebagai salah satu superfood, karenea kaya akan kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Terutama omega-3 yang mampu meredakan gejala asma karena alergi.

3. Kale

Makanan yang bisa mengurangi gejala asma satu ini datang dari sayur-sayuran. Kale memiliki lebih banyak vitamin C per mangkok daripada satu buah jeruk utuh. Selain sumber vitamin C, kale juga mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin B6, serta yang terpenting adalah beta-karoten. Kandungan beta-karoten dipelajari dapat mengurangi gejala asma.

4. Kunyit

Kunyit terkenal sebagai rempah yang punya banyak khasiat untuk menangkal berbagai macam penyakit. Dengan memperlancar aliran darah dan melemaskan otot-otot tubuh, kunyit berperan dalam menghindari serangan asma kambuh.

5. Bayam

Makanan yang baik untuk penderita asma selanjutnya adalah bayam. Karena banyaknya nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Bayam memang padat akan kandungan gizi, antara lain vitamin C, beta-karoten, vitamin E, kalium, seng, zat besi, kalsium dan magnesium. Kandungan beta-karoten memiliki peran besar dalam mencegah gejala asma muncul.

6. Apel

Dalam buah apel terdapat kandungan bioflavonoid seperti quercetin yang diketahui memiliki antihistamin, antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang baik bagi pengidap asma.

7. Pisang

Pisang bisa mengurangi peradangan pada saluran pernapasan karena ia memiliki kandungan asam fenolik yang relatif tinggi dibanding buah lainnya. Di sisi lain, pisang juga merupakan sumber kalium terbaik yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, pisang juga bisa menurunkan tekanan darah sehingga selain fungsi paru-paru kamu terjaga, fungsi jantung pun ikut terjaga.

8. Bawang Putih

Untuk penderita asma, bawang putih sebetulnya sangat ampuh dalam mencegah gejala asma muncul. Bawang putih membantu penderita asma dalam mencegah paru-paru tersendat dan mengurangi peradangan saluran pernapasan.

9. Jahe

Jahe sudah dipercaya sedari dulu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker. Ternyata jahe juga ampuh dalam mengatasi asma. Jahe mampu mengontrol saluran pernapasan, meningkatkan relaksasi pada otot saluran napas sehingga tingkat penyerapan kalsium teratur. Kemampuan jahe yang terakhir tersebut berperan dalam mengurangi serangan asma.

10. Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin A, vitamin C dan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan kesehatan paru-paru. Wortel juga berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh guna menghindari serangan asma yang kambuh.

Makanan memang menjadi faktor yang harus benar-benar diperhatikan bagi penderita asma. Selain itu, pastikan kebutuhan minum air putih yang cukup setiap hari ya agar tubuh terhidrasi dengan baik. Karena ini juga jadi salah satu faktor penting untuk menghindari serangan asma.

shape
shape