shape

Menambah Tinggi Badan Dengan Obat? Apakah Efektif?

24 June 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Menambah Tinggi Badan Dengan Obat? Apakah Efektif?

Sobat Salam, mempunyai tubuh tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang rasa percaya diri, maupun menjadi syarat administrasi seperti masuk sekolah kedinasan. Banyak orang akhirnya melakukan berbagai macam cara demi mendapatkan tubuh tinggi, mulai dari cara alami dengan berolahraga, hingga mengkonsumsi obat penambah tinggi badan.

Sekarang ini sudah banyak beredar di pasaran baik offline maupun online, toko yang menjual produk obat penambah tinggi badan. Tapi apakah benar di umur yang bukan masa pertumbuhan lagi ini, obat bisa efektif untuk menambah tinggi badan?

Faktanya meski semua produsen obat penambah tinggi badan ini mengklaim bahwa produknya bisa berhasil dan efektif menambah tinggi badan, faktanya hampir semua obat-obatan tersebut biasanya tidak memiliki bukti ilmiah yang menunjukan bahwa obat tersebut dapat meninggikan badan seseorang.

Dinyatakan juga oleh Food and Drug Administration, Amerika, bahwa tidak ada konfirmasi yang mengatur terkait obat penambah tinggi badan. Dan obat-obatan ini tidak tercatat dalam FDA. Malah sangat mungkin jika obat-obatan tersebut dapat menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kesehatan.

Bahkan berbagai produk peninggi badan tersebut ada yang mengklaim bahwa produk mereka itu mengandung hormon pertumbuhan yang dapat membuat seseorang menjadi lebih tinggi. Padahal sampai saat ini pemakaian hormon tersebut harus melalui persetujuan dokter.

Hormon Pertumbuhan yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Menambah Tinggi Badan Dengan Obat? Apakah Efektif?
Source : prosehat.com

Pada usia anak-anak dan remaja, hormon pertumbuhan ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang bertanggung jawab atas proses pertumbuhan.

Dalam beberapa kasus, menggunakan hormon pertumbuhan malah harus dari anjuran dokter dan ditujukan untuk anak-anak yang mengalami masalah pertumbuhan seperti syndrome turner, kondisi di mana tidak bekerjanya hormon pertumbuhan dalam tubuh anak, serta untuk anak yang lahir premature.

Sedangkan pemakaian pada orang dewasa hanya boleh diberikan pada orang yang mengalami short bowel syndrome atau ketidakmampuan usus untuk menyerap zat gizi yang masuk, serta penurunan massa otot yang sering terjadi pada penderita HIV/AIDS.

Kapan Puncak Pertumbuhan Tinggi Badan?

Menambah Tinggi Badan Dengan Obat? Apakah Efektif?
Source : prosehat.com

Puncak pertumbuhan seseorang yaitu saat umur 9 tahun pada anak perempuan dan 11 tahun pada anak laki-laki. Pertambahan tinggi yang terjadi saat itu bisa mencapai 20% dari total tingginya ketika dewasa kelak.

Masa pertumbuhan akan berhenti sama sekali, rata-rata pada usia 18 tahun untuk perempuan dan 20 tahun untuk laki-laki.

Ketika berada di titik akhir masa pertumbuhan maka bagian tulang paling ujung yang biasanya akan bertambah saat masa pertumbuhan, akan berhenti bertambah seketika.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Menambah Tinggi Badan Dengan Obat? Apakah Efektif?
Source : m.lampost.co

Untuk mendapatkan tinggi badan, Sobat bisa mencobanya dengan beberapa cara alami ini dibawah ini:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Biasakan duduk dengan sikap yang benar dan berjalan dengan tegap agar tinggi badan terlihat lebih jenjang.

2. Istirahat yang Cukup

Hal ini dikarenakan saat istirahat atau tidur energi akan terisi kembali. Energi out berguna selama proses pertumbuhan.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Asupan makanan sehat dan bergizi seimbang adalah hal yang penting bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin D dan kalsium.

4. Menguatkan Otot-otot Tubuh

Bagian otot tengah dapat membantu mempertahankan postur tubuh. Caranya bisa dengan melakukan latihan push up dan plank secara rutin.

5. Melakukan Olahraga

Rutin lah berolahraga seperti basket, berenang, bersepeda, sepak bola, yoga, lompat tali dan bergelantung.

Itu dia pembahasan seputar penambahan tinggi badan. Jika ada acara yang lebih aman untuk menambah tinggi badan, kenapa tidak untuk dicoba? Daripada mengkonsumsi obat-obatan yang tentu saja memiliki efek samping pemakaian. Stay Healthy Sob!

Baca Juga :

shape
shape