shape

Perawatan Luka Jahitan Agar Tetap Aman

16 January 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, setelah luka terbuka mendapatkan jahitan untuk penangannya maka sangat penting untuk mendapatkan perawatan khusus. Karena bila tidak dirawat dengan benar, luka jahitan bisa terinfeksi dan jadi tidak bisa menutup. Bahkan, infeksi tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan komplikasi.

Luka jahitan ini juga bisa terjadi disebabkan oleh pasca prosedur operasi, Seperti operasi Caesar, dan usus buntu. Karena kondisi tersebut memerlukan tindakan jahitan sebagai pendukung pemulihan penyakit yang dialami.

Untuk mengoptimalkan penyembuhannya tentu ada perawatan lanjutan yang harus tetap dilakukan. Perawatannya memerlukan perhatian khusus tertentu agar jahitan bisa sembuh dengan optimal.

Merawat luka pada dasarnya bertujuan untuk menghindari infeksi, sebab infeksi dapat membuat luka sulit menutup. Selain itu, luka jahitan yang tidak terawat juga dapat meninggalkan bekas yang tidak bagus.

Bagaimana cara merawat luka jahitan yang benar?

Berikut ini adalah langkah-langkah merawat luka jahitan yang benar yang bisa dilakukan pasca operasi jahitan dilakukan, agar proses pemulihan bisa optimal. Di antaranya adalah :

1. Cuci tangan

Tujuannya adalah untuk mencegah perpindahan bakteri dari tangan ke luka jahitan yang bisa memicu terjadinya infeksi.

2. Lepaskan perban

Lepaskan perban yang membalut luka jahitan ecara perlahan-lahan. Agar tidak sakit, usahakan untuk tidak langsung menarik perban dari kulit. Tarik kulit menjauhi perban dan biarkan perban terlepas dengan sendirinya.

3. Bersihkan luka jahitan

Cukup menggunakan sabun biasa dan air mengalir untuk membersihkan luka. Gosok luka dengan lembut hingga bersih. Setelah itu, tepuk-tepuk luka menggunakan handuk bersih hingga kering atau biarkan luka kering sendiri.

4. Oleskan salep antibiotik

Usai dibersihkan, oleskan tipis-tipis salep antibiotik ke luka jahitan. Salep ini berguna untuk mencegah infeksi di luka jahitan. Namun, pastikan menggunakan salep antibiotik sesuai anjuran dokter.

5. Tutupi dengan perban

Selanjutnya, segera tutup luka jahitan dengan perban untuk mencegah bakteri dan kuman menempel pada luka. Pastikan perban menutupi seluruh luka jahitan hingga kurang lebih 1,5 cm di luar area luka. Setelah itu, tutupi keempat sisi perban dengan plester.

Apabila luka mengeluarkan cairan, seperti nanah atau darah, Sobat mungkin membutuhkan beberapa lapis perban agar cairan tersebut tidak merembes keluar.

Setelah luka telah tertutup, buang semua bekas perban di tempat sampah. Setelah itu, jangan lupa cuci tangan Anda kembali.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Luka Jahitan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat luka jahitan agar proses pemulihannya berlangsung dengan baik dan cepat, yaitu:

  • Tidak mengganti perban sebelum 24 jam. Jika lukanya baru, biarkan perban yang dipasang dokter hingga 24 jam. Setelah itu, Sobat bisa secara teratur membersihkan luka jahitan sesuai langkah di atas.
  • Hindari melakukan aktivitas yang dapat menye
  • babkan perban menjadi basah dan kotor, misalnya berenang. Jika perban basah, segera ganti dengan perban baru.
  • Hindarkan luka jahitan dari paparan sinar matahari langsung, sebab paparan sinar matahari dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang permanen pada luka jahitan.
  • Hindari membersihkan luka jahitan dengan hidrogen peroksida, alkohol, atau sabun antibakteri. Bahan-bahan tersebut dapat memperlambat proses penyembuhan luka jahitan.

Setelah luka jahitan kering, Sobat dapat mengunjungi dokter untuk melepas jahitannya. Meski melepas jahitan biasanya tidak sakit, jangan sekali-kali mencoba melepaskannya sendiri.

Usai jahitan dilepas, bekas luka jahitan akan terasa gatal dan berwarna kemerahan. Hal ini merupakan bagian dari proses penyembuhan. Sobat dianjurkan untuk tidak menggaruknya agar tidak timbul infeksi.

Segera periksakan ke dokter jika luka jahitan terasa sakit, hangat, sangat gatal, bengkak, mengeluarkan nanah, dan menjadi kemerahan di tengahnya. Bisa jadi luka jahitan Sobat mengalami infeksi.

shape
shape